Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

8 Cara Cegah Jatuh pada Lansia

Ketika kita berusia 65 tahun keatas, (atau bahkan bisa saja kurang dari itu) jatuh adalah hal yang sangat mengerikan. Jatuh pada lansia akan memberikan cidera yang membahayakan. Untuk itu kita patut mengetahui bagaimana cara mencegah jatuh pada lansia. Berikut kami berikan informasinya.

  1. Latihan Berjalan Aman

Latihan berjalan aman mengurangi resiko jatuh. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kekuatan tungkai, memperbaiki keseimbangan, dan meningkatkan reaksi terhadap bahaya lingkungan. Langkah yang aman bisa di latih dengan berjalan kaki santai di pagi hari. Lakukan kegiatan ini semampunya, jangan terlalu memaksakan diri untuk berlari.

Baca Juga: 10 Tips Membawa Lansia Liburan Dengan Pesawat Terbang

  1. Mendiskusikan Kondisi Kesehatan

Mendiskusikan kondisi kesehatan adalah hal yang sangat penting. Orang-orang terdekat, terutama keluarga harus mengetahui benar bagaimana kondisi sang lansia. Apabila ia mengeluhkan masalah berjalan yang serius sebaiknya segera melakukan konsultasi ke dokter spesialis.

Baca Juga: Apa Itu Diaper Rush

  1. Periksa Fungsi Pengelihatan

Pengelihatan akan mempengaruhi keseimbangan dalam berjalan dan mengurangi kejadian menabrak benda-benda sekitar. Pengelihatan yang baik akan mengurangi resiko jatuh saat lansia.

Baca Juga: Mengenal Gejala dan Mencegah Osteoporosis

  1. Periksa Fungsi Pendengaran

Pendengaran akan berpengaruh terhadap reaksi ketika berjalan. Pendengaran yang baik juga akan mengurangi resiko jatuh saat lansia.

Baca Juga: 7 Cara Atasi Jet Lag

  1. Atur Cahaya Ruang

Penerangan adalah hal yang penting, berjalan di tempat yang redup akan menimbulkan resiko jatuh, terpeleset atau tersandung.

Baca Juga: Orang Tua Boleh Sibuk Asal Tepat Waktu

  1. Memodifikasi Lingkungan

Modifikasi lingkungan ini bisa dilakukan pada lingkungan rumah Anda. Misalnya menaruh barang yang sering digunakan dalam jangkauan, menggunakan karpet antiselip pada kamar mandi, membuat pegangan pada tangga dan kamar mandi, menggunakan lantai yang tidak licin, atur furnitur untuk menghindari tersandung/ terpeleset.

Baca Juga: Makanan Picu Kolesterol

  1. Perhatikan Alas Kaki

Perhatikan alas kaki Anda, hindari penggunaan sepatu hak tinggi. Jangan berjalan hanya menggunakan kaus kaki, karena mempersulit Anda dalam menjaga keseimbangan.

Baca Juga: 10 Hal Untuk Cegah Osteoporosis

  1. Gunakan Alat Bantu Jalan Seperlunya

Alat bantu jalan dapat digunakan apabila diperlukan. Terlebih lagi bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam berjalan dan mengatur keseimbangan. Penggunaan alat bantu memang berfungsi sebagai peningkatan keseimbangan, namun gunakan alat bantu jika memang sudah benar-benar diperlukan. Sebab alat bantu akan mengakibatkan kecenderungan tubuh untuk membungkuk.

Baca Juga: 7 Posisi Yoga Cegah Osteoporosis

Hal diatas adalah artikel mengenai “8 Cara Cegah Jatuh pada Lansia“. Sayangi kesehatan Anda, jatuh saat lansia bisa saja akan berakibat fatal. Nantikan artikel kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya.

Diulas oleh: dr. Anindi Putri Harjanti

WhatsApp Asisten Maya saja