Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Pose Yoga untuk Mencegah Osteoporosis

7 Pose Yoga untuk Mencegah Osteoporosis

Banyak literatur menyebutkan bahwa yoga dapat mencegah osteoporosis. Bagi para wanita dengan risiko osteoporosis hingga 90%, apalagi  setelah menopause. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan tulang salah satunya adalah dengan melakukan Yoga!

Yoga-Studio-Guelph-2

Osteoporosis menyerang kepadatan tulang wanita yang berkembang tanpa gejala, sehingga penyakit ini biasa dikenal dengan silent disease. Hampir 50% wanita usia lebih dari 50 tahun akan mengalami patah tulang akibat osteoporosis. Hal ini karena kepadatan tulang berkurang maka kekuatan tulang juga menurun secara gradual.

Namun hal tersebut dapat dicegah dengan resep sederhana, antara lain:

  • Mengkonsumsi makanan tinggi kalsium dan vitamin D seperti susu dan produk turunannya, ikan sarden, teri, bayam, salmon, oatmeal, dan gandum.
  • Penuhi asupan kalsium harian, yakni 1000 mg/hari bagi orang dengan usia kurang dari 50 tahun dan 1200 mg/hari untuk usia di atas 50 tahuun.
  • Penuhi asupan suplemen vitamin D harian; 400-800 IU/hari.
  • Olahraga teratur seperti berjalan kaki, jogging, dan bersepeda.
  • Tidak merokok.
  • Tidak minum minuman keras (alkohol).

Saat ini yoga menjadi olahraga favorite inspiring women di ibu kota. Ya, siapa yang tidak kenal dengan olahraga dari India ini. Yoga adalah olahraga yang  namanya  diambil dari bahasa Sanskerta, yang berarti “penyatuan”. Yoga memiliki makna penyatuan dengan alam atau Sang Pencipta. Sebagai salah satu dari enam ajaran filsafat Hindu, Yoga memusatkan bentuk olahraganya pada aktivitas meditasi atau tapa. Segala bentuk pose dari olahraga ini memusatkan seluruh pikiran guna mengontrol panca indera dan tubuh secara bersamaan.

Yoga memang salah satu olahraga tahan beban (weight-bearing exercise) yang kadang dihubungkan dengan osteoporosis. Namun sebetulnya banyak efek positif dari olahraga ini, yang pastinya akan membuat tulang Anda jauh lebih kuat! Menurut banyak penelitian,  kelebihan dari melakukan yoga adalah terbentukya postur tubuh yang lebih baik, tubuh yang lebih elastis, fleksibilitas tinggi dan mencegah keropos tulang atau osteoporosis. Ketahui 7 pose yoga untuk mencegah osteoporosis, sebagai bentuk perlindungan sebelum masa menopause tiba. 7 pose yoga untuk mencegah osteoporosis ini dapat dilakukan di mana saja. Yang terpenting adalah Anda ditemani oleh seorang pelatih Yoga yang dapat membantu Anda mencapai pose yang diinginkan.

1. The Tree (Vrksasana)

Pose ini merupakan pose transisi paling awal yang dipelajari di olahraga Yoga. Pose ini meregangkan dan menstimulasi tulang pada pinggul, panggul, tulang belakang dan bahu. Pose ini meningkatkan keseimbangan dan mengurangi kemungkinan jatuh.

tree

2. Triangle Pose (Trikonasana)

Pose Trikonasana ini tidak perlu dipaksakan untuk turun menyamping ke bawah dan memegang jari kaki. Cara yang benar untuk mencapai pose ini adalah dengan menggunakan otot perut sebagai penyangga tubuh agar posisinya lebih stabil. Setelah itu buka daerah dada agar dapat bernafas dengan baik. Pose ini juga biasa dikenal dengan side bend, jadi tekuk badan ke samping sejauh tubuh Anda nyaman. Jangan dipaksakan. Letakan tumpuan tangan pada betis atau pergelangan kaki Anda.

YY_Triangle_Pose

3. Warrior Pose II (Virabhadrasana II)

Untuk melakukan pose ini, mulai dengan posisi down dog, tekuk lutut ke arah hidung Anda, dan posisikan kaki kanan ke depan di antara kedua tangan seperti posisi low lunge. Setelah itu putar tumit kiri ke bawah dengan kaki sedikit melebar ke luar. Kemudian angkat kedua tangan, tegakkan pinggul dan putar di paha kiri (contoh lihat pada gambar).

warrior-2

4. Side-angle Pose (Parsvakonasana)

Pose ini bisa dimulai dengan Warrior II. Tekuk siku kanan dan miringkan tubuh Anda 45 derajat ke kanan. Tempatkan siku kanan dan lengan tepat di atas lutut kanan. Tahan pinggang dengan perlahan menggunakan tangan kiri Anda. Untuk melakukan pose yang sempurna, bagi para pemula mungkin membutuhkan bantuan dari guru yoga Anda.

extended side angle

5. The Revolved Triangle (Parivrtta Trikonasana)

Pose ini menyatukan 2 energi dinamis yang berbeda, yaitu menyentuh bumi dengan kedua kaki dan mengirim energi atau prana melalui satu tangan yang diangkat menuju langit. Pose ini merupakan representasi klasik dari Patanjali dalam Yoga Sutra yang menggambarkan penyatuan Sthira dan Sukha –usaha dan kemudahan, keras dan lembut, memanjang dan memendek, naik dan turun serta matahari dan bulan.

6. Locust (Salabhasana)

Pose yang ini dipercaya akan memperkuat tulang-tulang Anda. Gambaran untuk pose ini adalah posisi Anda sedang tengkurap kemudian menarik kedua tangan ke belakang. Dengan tarikan dari pose ini, tulang Anda akan lebih kuat dan fleksibel sehingga mengurangi peradangan yang dapat terjadi kemudian hari.

7. Bridge (Setu Bandhasana)

Pose ini membangun inti dan kekuatan tubuh bagian bawah, memperpanjang dan memperkuat tulang belakang, memberikan tubuh cukup energi, dan merangsang endokrin serta sistem saraf.

Yoga (Bridge Pose)

Yoga (Bridge Pose)

Itu dia 7 pose yoga untuk mencegah osteoporosis. Bagi para pemula dalam olahraga ini, untuk sampai ke pose terakhir memerlukan latihan yang cukup dan dalam pengawasan pelatih Yoga yang memang benar-benar ahli sehingga cedera tidak dapat terjadi selama prosesnya. Ingat untuk menahan setiap pose selama 30 detik. Dengan 8 pose yang secara berkelanjutan dilakukan selama 30 detik, tulang Anda akan menjadi lebih lentur dan mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari.

WhatsApp Asisten Maya saja