Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Cegah Osteoporosis

Tulang yang kuat dan sehat akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas. Tulang yang kuat juga merupakan hal yang berpengaruh besar dalam tingkat produktivitas kita. Salah satu penyakit tulang yang sering kita dengar yaitu osteoporosis. Untuk mencegah penyakit yang satu ini kami sudah menyiapkan beberapa caranya. Berikut 10 hal dalam mencegah terjadinya osteoporosis.

 

  1. Mengkonsumsi Kalsium dengan Tepat

Kalsium adalah hal yang paling berpengaruh terhadap kesehatan tulang. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu akan memperkuat tulang Anda. Namun, apabila Anda merupakan pekerja berat atau berusia paruh baya lebih baik lagi apabila meminum susu yang tinggi kalsium.

 

  1. Mengkonsumsi Makanan Sumber Vitamin D

Selain kalsium, vitamin D juga diperlukan untuk medapatkan tulang yang padat dan kokoh. Vitamin D berfungsi membantu kinerja tulang dalam menyerap kalsium ke dalam tubuh. Vitamin D bisa didapatkan dari makanan seperti Ikan, Tahu, Tempe, Susu Kedelai, Hati Sapi, Udang, dan Telur. Bila Anda merasa kurang mengonsumsi makanan ini, Anda bisa meminum suplemen vitamin D untuk memenuhinya.

 

  1. Pola Makan Sehat

Mengkonsumsi makan-makanan yang sehat juga akan membantu Anda dalam mencegah terjadinya osteoporosis. Beberapa makanan sehat yang berperan besar dalam mencegah osteoporosis antara lain Ikan, daging ayam, brokoli, kurma, labu, dan telur. Hindari pula junk food dan kafein yang berlebihan.

 

  1. Olahraga

Dengan olahraga tentu kita akan mendapatkan kesehatan lebih mudah. Olahraga akan membantu mencegah pengeroposan tulang dan pengapuran sendi. Namun, bagi penderita osteoporis sangat tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga-olahraga berat misalnya angkat beban. Karena hal tersebut akan menyebabkan kondisi tulang memburuk, bahkan bisa-bisa mengalami patah tulang mendadak.

 

  1. Mengatur Asupan Vitamin K

Vitamin K ternyata juga memiliki peran yang kuat dalam mencegah osteoporosis. Selain Kalsium dan Vitamin D, vitamin K juga akan membantu Anda memiliki tulang yang sehat. beberapa makanan yang mengandung vitamin K yaitu bayam, sawi dan berbagai sayuran hijau lainnya.

 

  1. Mengatur Asupan Vitamin C

Selain menguatkan sistem imun, vitamin C juga berperan dalam menguatkan tulang. Vitamin C banyak ditemukan pada buah-buahan seperti jambu biji, nanas, stroberi, apel, dan pisang.

 

  1. Berat Badan Ideal

Berat badan ideal terbukti dapat mencegah berbagai macam penyakit berbahaya. Berat badan yang tidak proposional atau obesitas dapat mengalami kemungkinan osteoporosis lebih besar, sebab tulang tidak mampu menahan lemak berlebihan di dalam tubuh.

 

  1. Hindari Alkohol dan Minuman Bersoda.

Mengkonsumsi minuman tersebut akan merusak jaringan tubuh. Mengkonsusmsi minuman bersoda pun hanya diperbolehkan dengan jumlah yang sedikit. Minuman bersoda akan membuat lapisan tulang menjadi rusak, terkikis sedikit demi sedikit dan akhirnya menimbulkan osteoporosis.

 

  1. Hindari Diet Ekstrim

Mendapatkan berat tubuh yang ideal bukan hanya dengan cara tidak makan sama sekali. Cara diet ekstrim yang salah akan meningkatkan peluang osteoporosis. Sebab tubuh membutuhkan nutrisi. Apabila nutrisi tidak terpenuhi, tiap harinya tulang akan rentan terkena pengeroposan dan pengapuran.

 

  1. Mengecek Kepadatan Tulang

Mengecek kepadatan tulang dengan rutin adalah cara yang paling efektif agar tercegah dari osteoporosis. Hal ini perlu dilakukan terutama bagi yang memiliki gen dalam keluarga dengan riwayat osteoporosis.

 

Hal diatas adalah artikel mengenai “10 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Cegah Osteoporosis“. Mencegah lebih baik daripada mengobati, mari cegah osteoporosis sejak dini. Nantikan artikel lain kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya.

 

Diulas oleh: dr. Anindi Putri Harjanti

WhatsApp Asisten Maya saja