Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Ingin Berhenti Merokok? Konsumsilah 6 Makanan Berikut Ini

Kita tahu bahwa untuk menghentikan kebiasaan merokak itu sulit, sehingga kita harus ingat kata-kata ini di dalam hati: “Berhenti merokok akan memperbaiki indra pengecap dan penciuman yang akan membuat penilaian terhadap makanan menjadi lebih baik”. Satu kali hirupan asap rokok sama dengan menghirup campuran 7,000 bahan kimia beracun, yang akan merusak neuroreseptor pada mulut dan menumpulkan indra pengecap. Kabar baiknya adalah kerusakan ini tidak selalu bersifat permanen.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang akan meningkatkan kesempatan untuk menghentikan kebiasaan merokok, yaitu:

Susu

Apabila Anda ingin kembali merokok, segera ambil segelas susu. Studi pada tahun 2007 pada sebuah jurnal Nicotine and Tobacco Research, susu yang dikombinasikan dengan rasa rokok akan membuatnya tidak enak. Hal ini disebabkan susu sangat tidak cocok dengan rokok.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Gairah Pasangan

Buah-buahan dan sayur-sayuran

Perokok akan cenderung makan lebih sedikit dibandingkan dengan yang bukan perokok, berdasarkan studi pada tahun 2013 dalam sebuah jurnal Nicotine & Tobacco Research. Oleh karena itu apabila Anda ingin menghentikan merokok, maka merupakan langkah baik untuk mengonsumsi sayur dan buah. Sebab sayur dan buah akan memperburuk rasa rokok.

Popcorn

Saat Anda berhenti merokok, maka Anda akan merasa ingin mengonsumsi cemilan sepanjang wajtu, khususnya karena Anda tidak dapat merokok. Apabila selera makan Anda sedang tinggi, seperti Anda tidak dapat berhenti makan, maka konsumsilah popcorn. Tidak hanya akan membantu Anda sibuk mengunyah, namun akan membantu Anda merasa kenyang, yang akan mengurangi keinginan untuk merokok. Sebanyak 5 mangkok popcorn mengandung 150 kalori.

Anggur yang telah dibekukan

American Heart Association (AHA) juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan manis setelah Anda menghentikan kebiasaan merokok sebab dapat membantu mencegah Anda kembali merokok. Namun, hal ini tidak dimaksudkan untuk mengonsumsi biskuit setiap hari secara rutin. Cobalah mengonsumsi anggur yang telah dibekukan, seperti yang direkomendasikan AHA. Rasa manis anggur ini akan membantu mengatasi keinginan mengonsumsi gula dan karena beku, maka waktu untuk mengonsumsinya akan lebih lama dibandingkan buah segar.

Baca Juga: 5 Makanan Peningkat Kesuburan Agar Cepat Hamil

Kayu Manis

kayu manis

Bukan mengunyah kayu manis yang disarankan, anak tetapi rempah kayu manis dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. Menghisap kayu manis akan memberikan rasa yang nikmat tanpa menghasilkan kalori apa pun. Bahkan, Anda dapat mengunyah sambil memainkannya dengan tangan.

Kacang-kacangan

Berhenti merokok biasanya berkaitan dengan peningkatan berat badan, dan Anda perlu memperhatikan konsumsi harian Anda. Sebab, Anda akan merasakan bahwa makanan telah menggantikan rokok, menjaga mulut dan tangan akan tetap beraktivitas seperti saat merokok. Selain itu, Anda pasti akan telah terbiasa menekan rasa nafsu makan, efek peningkatan metabolisme dari nikotin.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Ala Anak Kost

Kedua faktor tersebut mengarahkan seseorang untuk mengalami peningkatan berat badan dibandingkan saat mereka masih merokok. Oleh karena itu, hal ini dapat dihindari dengan mengonsumsi kacang-kacangan yang kaya serat. Mengonsumsi kacang-kacangan yang kaya serat ini akan menyebabkan pengurangan berat badan sekitar 5 pon dalam sebulan. Selain itu, Anda dapat menjaga berat badan normal. contoh makanan kaya serat lainnya yaitu brokoli, raspberry, dan bubur gandum.

6 makanan di atas wajib dicoba untuk menghentikan kebiasaan merokok. Tidak sulit bukan? Anda dapat meningkatkan kebugaran tubuh dengan menghentikan kebiasaan merokok, sembari menikmati berbagai makanan lezat yang dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan merokok tersebut.

instal aplikasi prosehat

Daftar Pustaka:

Migala J. 10 best and worst foods for people trying to quit  ciggarates. [Internet]. Available at: everydayhealth.com/hs/stop-smoking/best-and-worst-foods-quit-smoking/ (11.12.18)

WhatsApp Asisten Maya saja