Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Tips Mudah Jaga Kesehatan Buat Anak Kost

Jaga Kesehatan Buat Anak Kost – Masuk dalam kampus impian seperti Univesitas Indonesia (UI) ataupun Universitas Gadjah Mada (UGM) yang pada akhirnya harus jauh dari orangtua dan memutuskan untuk kost di dekat kampus. Pasti sedih ya.. dan permasalahan terbesar pada anak-anak kost bukan hanya uang saku namun sulitnya menjaga kesehatan.

Bila kalian dekat dengan orang tua pastinya kesehatan lebih terjamin dibandingkan jauh dari orang tua. Karena pola hidup selama kost dengan dirumah akan berbeda, sirkulasi udara kost yang kurang serta beberapa makanan yang dijual belum pasti kehigenisannya.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Mahasiswa Sukses

Maka dari itu yuk lakukan tips mudah jaga kesehatan Buat Anak Kost, berikut ini:

  1.       Melakukan Aktivitas Fisik

Hal ini penting loh walaupun banyak tugas kampus atau ujian mulai tiba yang membuat kalian susah untuk meluangkan waktu untuk berolahraga. Tetap bisa kok dan nggak mengeluarkan biaya yang besar, lakukan pekerjaan rumah pada kamar kost kalian, memperbanyak berjalan kaki saat ke kampus, pilih tangga dibandingkan lift atau escalator. Kamar bersih dan tubuh tetap sehat kan..

  1.       Menjaga Asupan Makanan

Daripada masak mending jajan saja karena ECP (Enak, Cepat dan Praktis). Wah rubah persepsi kalian sekarang juga, karena jajanan yang kalian temukan belum tentu kehigenisannya loh. Banyak kuman-kuman yang masuk dalam makanan tersebut dan nggak maukan kalian jadi sakit akibat makanan yang tidak higenis.

Usahakanlah memiliki pola makan yang teratur sebanyak tiga kali sehari. Pola makan yang teratur akan membantu kalian dalam menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan memperbanyak minum air putih. Pastikan kalian untuk masak sendiri, karena selain sehat yang kalian dapatkan, namun juga bantu kalian untuk lebih hemat.

  1.       Selalu Mencuci Tangan

Melihat gorengan membuat kalian menjadi lapar dan langsung ambil gorengannya tanpa menggunakan tisu apalagi tanpa cuci tangan. Uh, bahaya loh karena tangan yang tidak higenis dapat menjadi penyalur kuman. Biasakan diri untuk mencuci tangan kalian dengan sabun hingga bersih, lalu keringkan tangan menggunakan tissue bersih atau biarkan hingga kering. Kenapa tidak menggunakan lap tangan? Lap tangan yang sudah digunakan secara berulang tetap menyimpan beberapa kuman. Jadi berhati-hati ya.

  1.       Istirahat yang Cukup

Biasanya pada masa-masa kuliah terlebih lagi skripsi membuat waktu istirahat kalian menjadi berkurang. Manfaat istirahat yang cukup yaitu tubuh kalian akan lebih sehat serta mempertajam ingatan kalian. Nah berguna banget kan di masa kuliah seperti ini.

  1.       Menghindari Merokok

Mungkin sebagian orang merokok menjadi salah satu cara berbaur dalam lingkungan kuliah. Tapi asal kalian tau, merokok dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti TBC, penyakit jantung korone, kanker paru hingga kanker serviks pada wanita.

Kanker serviks menjadi salah satu penyakit mematikan untuk para perempuan, kanker yang menyerang daerah leher rahim yang disebabkan oleh virus HPV (Human Papiloma Virus).  Virus HPV memiliki 4 tipe, dua diantaranya sebagai penyebab kanker serviks Untuk tipe 6 dan 11 merupakan HPV risiko rendah yang hanya menyebabkan timbulnya kutil kelamin. Sedangkan tipe 16 dan 18 merupakan HPV risiko tinggi.

Baca Juga: 3 Tipe Investasi Untuk Mahasiswa

Gejala yang ditimbulkan di awal tidaklah terlihat, baru terlihat pada tahap berikutnya terjadi pendarahan pada saat melakukan hubungan suami istri, nyeri disekitar panggul, tibuh terasa lebih lemas, mentruasi yang tidak teratur, terasa tidak nyaman pada vagina dan keluarnya cairan berbaru pada vagina. Pencegahan kanker serviks sendiri dapat dilakukan dengan melakukan vaksinasi HPV, vaksinasi ini dapat melindungi diri kalian dari empat tipe penyebab kanker serviks tersebut.

Untuk melakukan vaksinasi HPV bisa kalian dapatkan loh di ProSehat, karena di ProSehat kalian bisa memilih jadwal vaksinasi sesuai jadwal kuliah, bisa vaksinasi ke tempat kost kalian serta ditangani oleh dokter bersertifikat, jadi bakal aman dan nyaman. Informasi seputar vaksinasi bisa langsung kalian tanyakan kepada Maya Asisten Kesehatan dari ProSehat melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800.

Sumber :

Maslim, Yunita. “Tips Hidup Sehat dengan Murah”. Diakses pada 19 Februari 2018
Winardo, Donny Sutrisno. “Kanker Serviks dan Imunisasi HPV”. Diakses pada 19 Februari 2018
TanyaDok.com. “Info Tentang Kanker Serviks”. Diakses pada 19 Februari 2018

Chat Asisten ProSehat aja