Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Jangan Terlambat Minum Suplemen Kalsium!

Dengan gaya hidup yang dijalani banyak orang saat ini, kesibukan harian mengakibatkan mereka tidak memperdulikan asupan nutrisi, termasuk kalsium pada makanannya. Mineral yang satu ini sangat penting karena nasib tulang dan gigi anda berada di tangannya. Tidak hanya tulang dan gigi, jantung, paru-paru dan otot-otot anda juga sangat bergantung terhadap asupan kalsium setiap harinya.

Dengan gaya hidup yang tidak sehat ini, tubuh rentan kekurangan kalsium, dan parahnya, tubuh Anda akan mencurinya dari tulang! Sudah jatuh, tertimpa tangga pula! Jika anda biarkan tubuh ‘lapar’ akan kalsium, tulang dan gigi akan menjadi kering dan rapuh, yang akhirnya meningkatkan risiko patah tulang yang cukup serius lho. Terima kasih kepada suplemen kalsium yang banyak beredar saat ini, sehingga asupan harian kalsium dapat terpenuhi.

Baca Juga: 7 Alasan si Kecil Perlu Suplement Anak

Tentukan Suplemen yang Tepat

Tenaga medis tahu benar bahwa sangat sulit untuk mencukupi asupan kalsium hanya dari makanan saja. Maka dari itu tersedia berbagai macam suplemen yang dapat mencukupi kebutuhan tersebut, mulai dari effervescent sampai pil. Tapi, tahukah anda yang mana yang harus dipilih?

Kalsium hanya bisa ‘eksis’ dalam bentuk kombinasi dengan zat lain. Campuran ini, biasa disebut senyawa, yang tersedia dalam bentuk pil yang berbeda, seperti kalsium karbonat, kalsium fosfat dan kalsium sitrat. Semua bentuk yang berbeda dari kalsium ini sebenarnya akan berfungsi sama dalam tubuh.

Tapi, penyerapan kalsium akan tergantung pada jumlah vitamin D dalam tubuh anda lho. Artinya, suplemen Anda harus diperkaya dengan vitamin D, tidak peduli jenis yang Anda pilih. Selain itu, kalsium dalam bentuk cair menyerap lebih mudah daripada kalsium dalam bentuk pil padat. Banyak merek vitamin sekarang menawarkan suplemen dalam bentuk pil cair untuk efektivitas maksimum.

Baca Juga: Cara Mengobati Osteoporosis

Waktu yang Tepat

Suplemen kalsium dapat diminum setiap saat sepanjang hari. Tapi ternyata kalsium paling baik diserap oleh tubuh per-500 mg, bahkan kurang. Jadi perdosisnya dapat diminum dalam 2 waktu (pagi dan malam hari). Tapi untuk ibu hamil dan menyusui yang memerlukan lebih banyak kalsium dapat mengkonsumsinya sekali sehari, baik pada pagi hari atau malam hari.

Baca Juga: 7 Langkah Ringkas Untuk Tulang Kuat

Pengecualian untuk kalsium karbonat dan kalsium fosfat yang membutuhkan asam lambung dalam proses penyerapannya, jadi suplemen dengan kandungan kalsium ini hanya boleh diminum setelah makan. Jika tidak, bikin sakit perut, lho. Hati-hati, karena beberapa suplemen dapat menyebabkan sakit perut hingga sembelit akibat gas yang berlebihan. Jika ini terjadi pada Anda, tingkatkan konsumsi cairan dan lihat apakah trik ini berhasil. Jika tidak, coba beralih ke suplemen kalsium lain, sampai menemukan satu yang bekerja baik untuk Anda.

Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut silakan mengenai suplemen kalsium, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

 

Chat Asisten ProSehat aja