Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Alasan Si Kecil Perlu Suplemen Anak

Jika melihat maraknya iklan di TV terkait suplemen anak dengan bentuk dan rasa bermacam-macam yang disukai anak-anak, apakah sempat terbesit di pikiran Anda tentang kebenaran yang digaungkan bahwa setiap anak perlu suplemen dan vitamin tambahan?

Ternyata menurut dokter gizi dan anak hal tersebut tidak diwajibkan. Idealnya menurut mereka setiap anak wajib mendapatkan suplemen dan vitamin tambahan dari menu makannya setiap hari yang meliputi:
– Susu dan semua produk olahan susu seperti keju dan yogurt.
– Buah dan sayuran segar yang diolah dengan baik saat proses masak.
– Protein seperti ayam, ikan, daging merah dan telur.
– Gandum utuh seperti oatmeal atau nasi merah.

beli suplemen anak di prosehat

Kemudian kapan si kecil harus konsumsi suplemen anak?

Bukan salah Anda sebagai orang tua yang sibuk dengan pekerjaan setiap harinya, sehingga kesulitan memberikan gizi seimbang untuk makanan anak. Banyaknya sandwich parents yang juga harus bekerja, mengurus rumah tangga serta mengurus orang tua mereka yang sudah tua akhirnya menggunakan suplemen anak sebagai solusi dari asupan nutrisi tambahan untuk keluarga, termasuk si kecil. Oleh karena itu banyak dokter juga menyarankan asupan suplemen vitamin dan mineral tambahan anak setiap harinya untuk 7 alasan ini:

1. Si Kecil Jarang Menemukan Makanan dengan Gizi Seimbang
Seperti yang sudah dijelaskan, banyak anak dengan aktifitas yang juga tidak kalah sibuk dari orang tua membuat mereka hampir makan makanan yang tidak berimbang bahkan 0 asupan nutrisinya. Pada saat seperti ini suplemen anak melengkapi kebutuhan kurangnya asupan vitamin dan mineral yang sebenarnya sangat penting bagi tumbuh kembang si kecil.

2. Si Kecil dalam Kondisi Kesehatan Buruk
Anak-anak dengan kondisi kesehatan buruk seperti asma, lupus, leukemia atau masalah pada pencernaannya memerlukan suplemen tambahan karena keterbatasan mereka dalam mengncerna beberapa jenis makanan.

3. Si Kecil Sangat Aktif
Anak Anda senang olahraga renang atau bahkan menari balet? Sudah pasti mereka memerlukan suplemen anak dengan kandungan vitamin dan mineral tinggi yang dapat mendukung aktivitasnya. Dalam hal ini mereka benar-benar aktif dan setiap harinya waktu mereka dihabiskan oleh berbagai kegiatan tersebut.

4. Si Kecil Senang Junk Food
SI kecil senang makanan junk food atau makanan instant lain seperti mie instant dan makanan lain yang diolah dengan cepat sehingga kandungan nutrisinya tidak diketahui serta banyaknya kandungan pengawet bisa jadi memerlukan suplemen anak tambahan, selain usaha orang tua untuk menghentikan konsumsi junk food.

5. Si Kecil Vegetarian
Anak-anak yang vegetarian memerlukan asupan zat besi dan kalsium tambahan dari diet vegan yang setiap hari mereka jalani. Untuk itu suplemen anak sangat diperlukan untuk melengkapi dietnya.

6. Si Kecil = Picky Eater
Sudah sangat jelas, anak yang kesulitan dan cenderung memilih makanan yang ingin dimakannya sesuka hati memerlukan suplemen dan multivitamin tambahan. Hal ini karena ujung-ujungnya mereka hanya makan sedikit dari asupan kalori yang setiap hari harus dipenuhi.

7. Si Kecil Senang Minuman Sangat Manis atau Berkarbonasi
Anak Anda senang minum minuman ringan yang terlalu manis atau mungkin bersoda? Anda tentunya perlu mengurangi kebiasaan jelek tersebut karena jenis minuman tersebut membuat konsumsi gula terlalu tinggi dan dapat menghilangkan keinginan anak untuk makan. Sehingga sulit mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh mereka.

7 alasan tersebut diharapkan dapat membuka lebih lebar lagi pemahaman terkait suplemen tambahan yang diperlukan bagi anak kita.

Yang terpenting adalah pola makanan berimbang bagi anak Anda.

Referensi:

WhatsApp Asisten Maya saja