Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Tips Atasi Jet Lag

Turis internasional seperti Anda yang merencanakan liburan tahun baru di New York pasti kelelahan setelah perjalanan panjang melintasi zona waktu yang berbeda. Jet lag yang terjadi karena perbedaan zona waktu yang ditempuh mengakibatkan gangguan pola tidur dan perasaan mudah mengantuk hingga kelelahan.

prosehat jet lag

Sebelum mengetahui tips sembuhkan jet lag, kenali terlebih dahulu gejalanya agar dapat dilakukan penanganan yang tepat. Jarak dan jumlah zona waktu yang dilintasi dapat memperparah gejala jet lag yang Anda alami. Dan gejalanya terlihat berbeda antara orang satu dengan orang lainnya. Ketahui pula kasus jet lag mulai dirasakan setidaknya 3 zona waktu. Penerbangan yang pendek dan melintasi setidaknya 3 zona waktu, gejala yang akan dirasakan cukup ringan dan akan membaik dalam waktu 2 hari.

Baca juga: Liburan ke Jepang: Where to Go and What to Do

Gejala jet lag atau pengar udara ini, yaitu:

  • Gangguan Tidur
    Gejala ini paling umum terjadi. Gangguan tidur yang terjadi seperti insomnia, tidur berlebihan, atau bangun terlalu cepat.

 

  • Konstipasi
    Gangguan pencernaan seperti diare juga kerap terjadi dalam kasus yang melintasi setidaknya 3 atau lebih dari zona waktu.

 

  • Mudah Lelah
    Perbedaan zona waktu memperparah kualitas tidur dan istirahat Anda sehingga tubuh mengalami kelelahan hebat. Kelelahan ini akan membuat Anda merasa tidak enak badan.

 

  • Sulit Konsentrasi
    Kesulitan untuk fokus dan berkonsentrasi menjadi salah satu gejala jet lag akibat perbedaan zona waktu yang dilintasi.

 

  • Mual dan Muntah
    Kehilangan selera makan juga menjadi salah satu gejala yang kerap terjadi. Mual dan muntah juga mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi dan kehilangan selera makan. Pada saat seperti ini tubuh menjadi lebih lemah dan mudah terpapar penyakit yang disebarkan melalui virus atau bakteri.

Dari beberapa gejala di atas, 7 tips ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi jet lag agar pulih dengan cepat. Namun ingat bahwa hal ini bukan kondisi medis serius. Kondisi tubuh Anda dapat membaik dengan cepat tanpa bantuan obat paling lambat dalam jangka waktu 2 hari. Beberapa tips ini dapat mempercepat proses penyembuhannya:

1. Adaptasikan Tubuh dengan Zona Waktu Setempat
Buat tubuh Anda adaptasi perubahan zona waktu dengan mengikuti jadwal makan, istirahat di zona waktu yang baru. Pelan tapi pasti. Tubuh Anda akan beradaptasi jika Anda juga memulai proses adaptasi tersebut. Jika di Indonesia pada pukul 8 malam waktunya makan malam, sedangkan di New York Anda baru memulai hari, biasakan dan cegah keletihan dengan segera menyesuaikan waktu tidur di zona waktu yang baru.

2. Sesuaikan Waktu Istirahat dengan Zona Waktu Setempat
Sesaat Anda sampai di destinasi liburan Anda, cek waktu setempat dan jika sudah waktunya untuk tidur, walaupun Anda belum mengantuk, segera tidur dan istirahat. Jika kesulitan, lakukan teknik pernafasan yang dapat membuat otot dada Anda rileks dengan menarik nafas beberapa kali dan membuangnya dalam interval yang berbeda-beda.

3. Hindari Kafein
Sebelum dan sesudah Anda melakukan perjalanan ke New York atau negara lainnya yang melintasi zona waktu berbeda, hindari kafein karena waktu tidur Anda dapat terganggu. Kafein juga mengakibatkan dehidrasi, jadi untuk sementara hindari minum minuman dengan kafein.

4. Hindari Alkohol
Begitupun dengan alkohol. Dehidrasi dapat menyerang Anda yang senang mengkonsumsi alkohol. Hindari minum minuman berkarbonasi dan alkohol untuk menjaga kualitas perut dan pencernaan Anda.

5. Drink More Water
Ganti pilihan minuman Anda selama perjalanan dan setelah sampai di destinasi liburan Anda dengan air mineral. Air mineral dapat mencegah dehidrasi selama dan setelah perjalanan panjang dengan pesawat terbang.

6. Embrace the Sunlight
Begitu sampai di negara tujuan liburan Anda, pastikan tubuh Anda masih kuat untuk berjalan-jalan, menikmati pemandangan di luar sana. Paparan sinar matahari dapat membuat tubuh Anda lebih cepat beradaptasi dengan zona waktu negara tujuan liburan Anda.

7. Sleep Medicine?
Jika Anda memang mengalami kesulitan untuk tidur seletih apapun Anda, pastikan obat tidur yang Anda konsumsi diresepkan oleh dokter Anda. A good sleep is a great medicine, indeed!

7 tips atasi jet lag di atas dapat Anda lakukan dan semoga sepulangnya ke tanah air, tubuh Anda dan keluarga tetap bugar sehingga siap memulai hari untuk bekerja dan menuntut ilmu.

klik di sini beli p3k keluarga

Beli di sini: Paket P3K Liburan Keluarga

Have a nice flight!

Referensi:

WhatsApp Asisten Maya saja