Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cidera Pelari

Olahraga adalah proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan dan usaha yang dapat membantu perkembangan atau pun membina potensi – potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan, atau pun anggota masyarakat. Dapat berupa permainan, pertandingan, serta prestasi puncak di dalam pembentukan manusia yang memiliki ideologi yang seutuhnya dan berkualitas yang didasarkan pada dasar negara dan Pancasila. (Cholik Mutohir)

Berlari merupakan jenis olahraga yang paling digemari banyak orang, karena tentunya jenis olahraga yang satu ini termasuk jenis olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan.

Kuranganya pemanasan (warming up), kelemahan atau ketegangan pada otot, dan kurangnya fleksibiltas merupakan penyebab cidera yang paling umum pada pelari.

Knee pain (nyeri lutut) atau istilah lainnya runners knee merupakan nyeri yang sering dirasakan pelari saat berlari, diantarnya kondisi yang sering terjadi; Iliotibial band syndrome (ITB), Patello Femoral Syndrome (PTFS).

Iliotibial band syndrome (ITB), penyebab utama; ketidakseimbangan otot, ketegangan pada tendon, track lari menurun, menanjak dipermukaan yang tidak rata dan keras. Tanda dan gejala; nyeri dibagian samping luar lutut, nyeri tekan dibagian luar dan bengkak. (gambar 1)

PatelloFemoral Syndrome (PTFS), penyebab utamanya; kelemahan otot, ketidakseimbangan kinerja otot, ketegangan pada tendon, abnormal movement pada kneecap. Tanda dan gejala; nyeri didepan lutut, Nyeri tekan pada lutut, Saat naik

tangga, berlari dan bengkak diarea kneecap (patella). (gambar 2)

picture1picture2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1                                                  Gambar 2

Untuk mencegah timbulnya cidera saat berlari. Pemanasan (warming up) faktor utama yang penting untuk dilakukan sebelum berlari, selain itu penggunaan counterpain cold dan kinesio tapping (kinematics tex) juga dapat membantu untuk mengurangi ketegangan pada otot dan membantu mefasilitasi kerja otot saat berlari.

Early intervention, PRICE (Protect, Rest, Ice, Compress, Elevation) penaganan pertama  yang paling efektif apabila terjadi cidera dalam 24 sampai 72 jam, dan HARM (Heating, Alcohol, Running, Massase) yang tidak boleh dilakukan apabila terjadi cidera.

Chat Asisten ProSehat aja