Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Jenis Olahraga untuk Membakar Kalori Setelah Makan Siang

Penentuan jumlah kalori yang harus Anda konsumsi setiap hari itu berdasarkan jenis kelamin, berat badan, tinggi badan dan jenis kegiatan yang sehari-harinya Anda lakukan. Pretty complicated, indeed. Jadi jumlah asupan harian itu tidak sama bagi setiap orang. Namun dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, banyak aplikasi smartphone yang dapat membantu Anda mengetahui jumlah asupan harian yang diperlukan. Beberapa aplikasinya juga sudah pernah dibahas dengan lengkap, sehingga hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah membakar kalori yang sudah dikonsumsi dengan tujuan terhindar dari obesitas yang menjadi salah satu pemicu penyakit diabetes tipe 2!

Siapa yang ingin terhindar dari penyakit diabetes? Keep on reading!

Siapa yang tahu bahwa sepiring gado-gado dengan lontong (bukan nasi) akan mencukupi asupan harian Anda sebanyak 488 kalori? Angka tersebut terbilang cukup besar untuk sekali makan lho, tapi tidak menjadi masalah jika Anda mengetahui jenis dan durasi olahraga yang harus dilakukan untuk membakar kalori tersebut. Untuk menjawab hal tersebut, berikut ini jumlah kalori dari 7 makanan terpilih favorit Anda serta tips tentang cara membakarnya:

1. Gado-gado Lontong

Menu yang satu ini memang khas Indonesia , karena ya, bahan-bahan yang digunakan seadanya (sayuran) yang ada. Dengan bumbu atau bahasa kerennya adalah dressing, gado gado tidak menggunakan mayonaise
seperti salad ala ala. Makanan murah meriah ini sudah nikmat dengan dressing yang dibuat dari perpaduan kacang tanah, gula merah, asam Jawa dan sedikit perasan jeruk nipis. Nikmatnya!

144341_Indonesian_gado_gado

Jumlah Kalori (1 porsi): 488 kkal

Jenis Olahraga: Skipping (Lompat Tali)

Waktu yang Dibutuhkan untuk Membakarnya: 20 menit

2. Mie Ayam

Yang satu ini pasti bisa ditemukan hampir di kantin manapun di Indonesia. Mulai dari di pinggir jalan, di ruko hingga di kantin perkantoran, mie ayam memang sudah menjadi idola bagi para karyawan super sibuk yang ingin memuaskan rasa lapar mereka. Kombinasi ayam, dan mie keriting dengan pangsit menjadi nilai plus dari hidangan ini.Tidaklah heran mie ayam menjadi menu favorit makan siang.

img_3739Jumlah Kalori (1 porsi): 421 kkal

Jenis Olahraga: Zumba

Waktu yang Dibutuhkan untuk Membakarnya: 1 jam

Baca Juga: 10 Kegiatan Cegah Diabetes yang Bisa Dilakukan di Rumah

3. Nasi Goreng

Salah satu makanan khas Indonesia ini juga menjadi menu favorit bagi beberapa orang yang melewatkan waktu sarapan dan sudah dalam kondisi sangat kelaparan. Selain nikmat, menu ini juga mengandung sedikit porsi protein yang bisa Anda dapatkan dari telur ceplok, sosis, potongan dada ayam, dan masih banyak lagi.

nasi goreng

Jumlah Kalori (1 porsi): 329 kkal (dengan ayam)

Jenis Olahraga: Aerobik

Waktu yang Dibutuhkan untuk Membakarnya: 30 menit

4. Nasi Campur Warteg

Untuk dikatakan sebagai salah satu hidangan, nasi campur warteg tidak termasuk ke dalamnya. Istilah yang digunakan oleh orang Indonesia hanya ‘nasi warteg’. Jadi sebut saja nasi warteg sebagai salah satu kuliner Indonesia yang menyediakan kebebasan bagi para pembeli untuk memenuhi piring dengan berbagai macam jenis lauk pauk. Dan tidak lupa porsi nasi yang biasanya besar. Menurut penelitian di lapangan, menu nasi warteg itu hanya sebatas nasi, 1 buah gorengan, 1 jenis lauk sayuran dan 1 daging (protein seperti ayam atau daging merah). Banyak pembeli dengan kombinasi ini menyangka bahwa tersebut bergizi seimbang. Think again.

Nasi-Campur-Komplit

Jumlah Kalori (1 porsi): 549 kkal

  • Nasi putih/mangkuk: 204 kkal
  • Berbagai jenis lauk pauk dalam porsi sedikit akan membuat porsinya menjadi 100 kkal (keseluruhan)
  • 1 buah gorengan Bakwan: 345 kkal

Jenis Olahraga: Berjalan cepat

Waktu yang Dibutuhkan untuk Membakarnya: 1 jam 30 menit

5. Nasi Padang

Menu yang satu ini sudah sangat terkenal hingga penjuru dunia. Yup, nasi Padang sebenarnya hanya kombinasi nasi panas dengan berbagai macam pilihan lauk pauk yang berasal dari ranah Minang, atau Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia seperti rendang, ayam bakar, ikan dan masih banyak lagi. Kuah santan kental penuh lemak membuat hidangan ini semakin sedap.

foodliberatorblogspot

Jumlah Kalori (1 porsi): 664 kkal!

Jenis Olahraga: Berlari (treadmill, moderate)

Waktu yang Dibutuhkan untuk Membakarnya: 1 jam 10 menit

Baca Juga : 5 Jenis Olahraga Cegah Diabetes

6. Burger Ukuran Besar+French Fries+Soft Drink

Siapa yang tidak mengenal menu ini? Kombinasinya memang selalu daging, kentang dan soda. Namun seberapa banyak kalori yang Anda konsumsi dari menu ini?

Jumlah Kalori: 1330 kkal

  • 1 Burger ukuran besar + keju : 540 kkal
  • 1 Large French Fries: 510 kkal
  • 1 Large Soft Drink: 280 kkal

Jenis Olahraga: Sepeda Statis

Waktu yang Dibutuhkan untuk Membakarnya: 2 jam 21 menit (tanpa berhenti)

7. Paket  Ayam Goreng Tepung+Soft Drink

Menu yang satu ini selain murah namun sangat mengenyangkan. Kenikmatan renyahnya kulit ayam goreng tepung memang sudah mendunia, apalagi di Indonesia. Jika di Barat mereka tidak terbiasa menyandingkan ayam goreng tepung dengan nasi, lain hal dengan orang Indonesia yang senang menumpuk banyak karbohidrat dalam menu makannya. Yup, makan ayam goreng super nikmat tanpa nasi sudah seperti sayur kurang garam bagi mereka. Apakah Anda termasuk di dalamnya?

FN_gluten-free-fried-chicken_s4x3

Jumlah Kalori: 1180 kkal

  • 1 Dada ayam (181 gr): 520 kkal
  • 1 French Fries (Regular): 380 kkal
  • 1 Large Coca Cola: 280 kkal

Jenis Olahraga: Yoga

Waktu yang Dibutuhkan untuk Membakarnya: 6 jam 36 menit (tanpa berhenti)

Baca Juga: 10 Kesehatan Pranikah Untuk Anda dan Pasangan

Nah, 7 contoh makanan di atas memang pasti pernah lewat perut kita. Bayangkan jika setelah melahap dengan nikmatnya salah satu menu di atas kemudian yang Anda lakukan hanya duduk dan kembali bekerja? Hati-hati diabetes! Solusi terbaiknya adalah mencari pengganti dari makanan di atas dan hitung asupan kalori yang Anda konsumsi setiap hari. Tidak perlu menyebut olahraga, karena hal tersebut seharusnya dijadikan sebagai gaya hidup dan kebiasaan rutin yang tidak bisa Anda lewatkan.

Referensi:

  • DailyMail.co.uk: How Exercise REALLY Takes Burn Big Size of Burger
  • Fatsecret.co.id: Kalori Gizi Makanan