Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Kegiatan Cegah Diabetes — Semuanya Mudah Dilakukan di Rumah

Sebelum Daftar ke Gym, Lakukan 10 Kegiatan Cegah Diabetes Ini!

Jika Anda belum menderita diabetes dan ingin cegah diabetes, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan olahraga fisik secara teratur. Karena ketika seseorang menderita diabetes, terjadi penurunan produksi hormon insulin oleh pankreas. Padahal, insulin berfungsi untuk memasukkan gula dari peredaran darah ke dalam sel tubuh. Di dalam sel, gula kemudian akan dirubah menjadi energi. Penuruan produksi insulin sering ditemukan pada orang dengan berat badan berlebih, namun juga ada yang merupakan turunan atau genetik. Dengan berolahraga akan meningkatkan penyerapan gula dari darah ke dalam sel otot. Olahraga juga membuat otot menjadi lebih sensitif terhadap insulin sehingga akan meningkatkan penyerapan glukosa darah ke dalam sel otot.

Kegiatan_Cegah_DIabetes

The American College of Sports Medicine dan the American Diabetes Association juga mendukung fakta bahwa dengan berolahraga akan dapat membantu dalam mempertahankan kadar gula darah yang baik. Sebuah penelitian di Massachusetts General Hospital juga menemukan bahwa tidak perlu lari marathon atau diet ekstrim sehingga kelaparan hanya untuk mengontrol gula darah. Olahraga seperti jalan cepat selama 30 menit sehari, 5 hari seminggu, sudahlah cukup untuk penderita diabetes atau mereka yang mau mencegah diabetes. Untuk itu bentuk pencegahan diabetes yang dapat Anda lakukan saat ini adalah dengan rutin berolahraga dan menjaga berat badan Anda, jangan sampai obesitas! Jika kesulitan memikirkan olahraga yang tepat, 10 olahraga mudah dilakukan ini dapat menjadi pilihan Anda:

1. Superman

Jenis olahraga ini sama dengan pose Yoga Locust. Cara mudah untuk melakukan olahraga ini adalah dengan mengikuti tips ini:

  • Mulai dari berbaring pada perut Anda di atas tikar atau lantai dengan kaki terentang ke belakang. Seperti pose superman, rentangkan kedua tangan di samping wajah Anda. Jangan lupa untuk mengendurkan otot leher dan menyelaraskan kepala Anda dengan tulang belakang.
  • Angkat kedua tangan dan kaki pada saat yang bersamaan. Hal ini terdengar mudah, namun percayalah, butuh kekuatan besar untuk melakukan hal tersebut. Jangan lupa atur nafas Anda saat melakukan olahraga ini.

superman-1

2. Bent Knee Push-up

Oldie but goodie. Push-up sudah menjadi salah satu olahraga populer yang mudah untuk dilakukan. It costs you 0 cent. Namun pose terbaik dari push-up ini bagi para wanita adalah dengan bertumpu pada kedua lutut Anda. Lakukan olahraga ini 8 kali hitungan dan diulang 3 kali  sebelum berangkat ke kantor, and earn that flat stomach! Cegah diabetes akan lebih mudah dilakukan dengan salah satu cara menjaga berat badan ideal.

Bent-Knee-Push-up-1

3. Bodyweight Squat

Berdiri setinggi yang Anda bisa dengan kaki Anda melebar sejajar dengan bahu Anda. Kemudian panjangkan kedua tangan Anda lurus ke depan tubuh Anda. Jaga agar bahu Anda dalam posisi setegak mungkin saat melakukan squat ini. Turunkan tubuh Anda sejauh yang Anda bisa dengan mendorong pinggul Anda kembali dan menekuk lutut Anda. Beri jeda, lalu lakukan kembali gerakan tersebut, kembali ke posisi awal. Lakukan 15 hingga 20 kali pengulangan.

image001

4. Push-up with Single-leg Raise

Olahraga ini sangat mudah dilakukan. Pada posisi push up, di mana ujung jari kedua kaki Anda berdiri tegak, kemudian angkat 1 kaki ke udara saat Anda melakukan push-up tersebut. Ketika Anda sedang push-up ke bawah, angkat 1 kaki berbarengan.

42-1

5. Plank

Kegiatan cegah diabetes yang ini terlihat mudah, namun jangan anggap enteng. Plank mulai populer beberapa tahun belakangan ini. Ternyata dengan rutin melakukan plank, bagian perut Anda akan merasakan tarikan hingga akhirnya membuat bagian yang gembyor menjadi rata.

32-1

6. Single Leg Stand

This is insanely easy! Olahraga ini secara tidak disadari juga pasti sering Anda lakukan setiap harinya. Yup, berdiri dengan satu kaki. Posisi ini dipercaya dapat membuat perut Anda rata jika dilakukan secara teratur, pastinya. Bayangkan Anda sedang gerak jalan di tempat, namun hanya boleh mengangkat 1 kaki saja. Jalan di tempat dengan 1 kaki, siapa yang sangka bahwa kegiatan ini masih digolongkan sebagai olahraga?

single-leg-stand-1

7. Pose Yoga Bridge (Setu Bandhasana)

Pose ini membangun inti dan kekuatan tubuh bagian bawah, memperpanjang dan memperkuat tulang belakang, juga mengeluarkan banyak keringat, which is good! Kesulitan yang akan Anda temukan adalah ketika bagian perut Anda sudah mulai tertimbun oleh lemak. Untuk melakukan olahraga ini dengan moderasi mengangkat perut pastinya akan sulit untuk dilakukan.

49-1

8. Side Lying Hip Abduction

Dalam posisi tidur menyamping, angkat satu kaki Anda ke udara dan lakukan gerakan tersebut dalam beberapa set. Jangan terlalu tinggi mengangkat kaki Anda.

38-1

9. Standing Calf Raises – Wall

Ternyata tembok pun dapat menjadi teman olahraga Anda. Jika kesibukan Anda membuat Anda terhimpit oleh waktu dan lemak, coba lakukan olahraga ini. Posisi awal Anda adalah berdiri beberapa centimeter di depan tembok. Kemudian pegang tembok tersebut dengan kedua tangan dalam posisi yang sejajar. Seperti melakukan push up, berikan kedua tangan Anda tumpuan dan lakukan push-up tersebut pada tembok rumah atau ruang kerja Anda!

Standing-Calf-Raises---Wall-1

10. Cobra

Pernah melihat ular cobra? Siapa yang sangka hewan ini dapat membantu Anda mendapatkan tubuh super ideal? Pada posisi awal Anda harus berbaring dengan perut mencium karpet atau alas yang digunakan. Setelah itu letakkan kedua tangan dengan posisi di bawah pundak dengan ujung jari yang menghadap ke depan. Luruskan kedua kaki Anda. Kemudian biarkan bagian pinggul ke bawah dalam posisi diam. Kemudian lakukan push-up pada bagian pinggang ke atas.  

cobra-1

10 kegiatan cegah diabetes di atas tidak sesulit yang dulu mungkin pernah Anda bayangkan. Selain cegah diabetes, 10 kegiatan ini mudah dilakukan. Mengapa mudah, karena terdapat banyak pilihan dan tidak sesulit jaman dulu, ketika pilihan olahraga hanya terbatas pada kegiatan di luar ruangan. Ternyata 10 kegiatan yang sudah dibahas di atas bisa Anda lakukan di manapun Anda berada. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak bergerak!

WhatsAppp Asisten Maya saja