Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Yuk, Hitung Kalori Makanan Sehat Sahabat dengan Tepat!

Pada seseorang yang sedang diet tentunya sangat memperhatikan sekali jumlah kalori yang masuk karena jika kalori yang masuk lebih banyak daripada yang dikeluarkan, akan menyebabkan bertambahnya berat badan. Namun, tahukah Anda? Bahwa memperhatikan jumlah kalori pada makanan yang kita konsumsi adalah sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini jika kalori yang masuk berlebihan, maka akan menyebabkan berat badan terus bertambah dan nantinya akan berakibat pada obesitas.

Pada dasarnya kalori tersebut dihitung berdasarkan jenis kelamin, berat badan, serta aktifitas sehari – hari. Normalnya, jumlah kalori yang masuk perharinya pada wanita adalah 1.600 – 2.400 kkal. Selain berfungsi untuk menjaga agar kalori yang masuk tidak berlebihan atau melebihi batas normal, menghitung kalori juga dapat menjadikan kita lebih memperhatikan apa – apa saja yang kita konsumsi, agar selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan menjauhi makanan yang tidak sehat.

Efek menghitung kalori adalah, tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari obesitas, diabetes, jantung, stroke dan berbagai macam penyakit lainnya. Yuk, mari kita bahas tentang beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghitung kalori makanan yang Anda konsumsi setiap hari nya.

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga Membakar Kalori Makan Siang

  1. Mencatat apa saja yang Anda makan

Seringkali segala sesuatu jika tidak tercatat maka akan lupa. Hal penting dan sederhana saja kadang lupa kalau tidak dicatat, apalagi semacam jumlah kalori yang kita konsumsi setiap kali kita makan? Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk membawa buku note kecil sebagai catatan apa saja makanan yang telah kita konsumsi beserta jumlah kalorinya, agar tahu sudah berapa kalori yang masuk dalam tubuh kita.

  1. Jangan lupa untuk membawa catatan kalori

Catatan kalori yaitu catatan yang berisi daftar jumlah kalori yang terkandung pada setiap makanan. Tentunya catatan kalori ini sangat diperlukan sekali bukan dalam penghitungan kalori pada makanan? Dengan menggunakanan catatan kalori, kita tinggal melihat berapa jumlah kalori pada makanan yang kita konsumsi, kemudian banyaknya tinggal dikalikan serta dijumlah.

  1. Jangan mengira-ngira

Seringkali saat kita malas mencari tahu kandungan kalori pada makanan yang kita konsumsi, kita seringkali hanya mengira – ngira kandungan kalori pada makanan tersebut. Hal tersebut rentan sekali adanya kesalahan dalam penghitungan kalori pada makanan.

  1. Biasakan membaca label kemasan pada makanan

Bila kita membaca label kemasan yang tertera pada makanan, kita jadi mengetahui kandungan kalori pada makanan tersebut dan dapat memilih mana makanan yang sehat dan mana pula yang tidak. Selain itu, label kemasan pada makanan dapat menjadi acuan apa saja kandungan yang terdapat pada makanan tersebut, apakah ada pengawet atau pewarna atau penguat rasa, yang tentunya sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

  1. Mengukur dengan timbangan makanan

Selanjutnya yaitu Anda dapat menggunakan timbangan makanan sebagai alat untuk mengukur kalori pada makanan. Makanan yang Anda konsumsi dapat diletakkan atau ditimbang pada timbangan tersebut.

Baca Juga: 5 Aplikasi Zaman Now Membantu Dietmu

  1. Mengukur dengan aplikasi online yang tersedia

Pada jaman yang sudah canggih seperti jaman sekarang ini, cara mengukur kalori sudah dapat dilakukan melalui aplikasi online penghitungan kalori pada makanan. Kita hanya tinggal mengunduh aplikasi tersebut yang terpercaya tentunya, kemudian menghitung jumlah kalori makanan dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan. Kemudian, bisa pula dengan mengunjungi situs – situs kesehatan ternama yang memiliki layanan penghitungan kalori, tanpa Anda harus mendownloadnya.

Mudah sekali bukan cara menghitung kalori pada makanan? Yang terpenting adalah, Anda selalu menjaga asupan makanan yang Anda konsumsi setiap kali makan.

instal aplikasi prosehat

WhatsAppp Asisten Maya saja