Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Wajib Dicoba! 10 Macam Buah Pencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

Kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) merupakan masalah yang sering dialami selama berpuasa sehingga tubuh terasa lemas hingga sakit kepala.

buah pencegah dehidrasi

Baca Juga: Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Cara mengatasinya cukup mudah yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka puasa, serta menghindari minuman berpemanis buatan dan minuman berkafein yang dapat menimbulkan rasa haus.

Selain dengan minum air putih, dehidrasi juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Berikut 10 buah pencegah dehidrasi selama berpuasa:

1. Semangka

Buah yang berwarna merah ini sangat cocok untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa karena mengandung 92% air. Semangka mengandung gula alami, magnesium, sodium, dan potasium yang efektif dalam mencegah dehidrasi.

2. Melon

Buah selanjutnya yang dapat Sahabat konsumsi adalah melon. Melon mengandung 90% air, yang dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan sehingga dapat mencegah dehidrasi.

3. Jeruk

Selain kaya akan Vitamin C yang berperan dalam proses pembentukan daya tahan tubuh, jeruk juga dapat Sahabat konsumsi untuk mencegah dehidrasi karena mengandung 87% air.

Produk Terkait: Jual Vitamin C

4. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi direkomendasikan untuk dikonsumsi selama bulan Ramadan karena ternyata mampu menjadi buah pencegah dehidrasi. Buah yang didominasi dengan rasa asam ini memiliki kandungan air sebanyak 91%, dan mengandung antioksidan yang diperlukan bagi tubuh dalam melawan radikal bebas. Buah beri lainnya seperti raspberry dan blueberry juga dapat Sahabat konsumsi.

5. Tomat

Selain dijadikan sebagai salah satu bahan dalam memasak, tomat juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi karena mengandung air hingga 94%. Sahabat bisa memakan tomat secara langsung atau mengolah menjadi jus.

Baca Juga: 10 Jenis Buah dan Sayur yang Baik untuk Nutrisi Otak Anak

6. Kelapa Muda

Air kelapa muda merupakan cairan yang kaya akan elektrolit, sehingga dapat mengganti cairan tubuh yang hilang selama puasa dan memberi efek menyegarkan.

7. Blewah

Buah lainnya yang bisa Sahabat konsumsi untuk mencegah dehidrasi adalah blewah. Buah ini memiliki tingkat hidrasi hingga 89%. Blewah dapat membantu meningkatkan produksi energi dan menjaga gula darah agar tetap stabil.

Produk Terkait: Cek Lab

8. Mangga

Buah mangga dapat membantu Sahabat mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain itu mangga mengandung serat, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C yang dapat membuat Sahabat tetap bugar selama berpuasa.

Produk Terkait: Jual Vegefrut

9. Nanas

Ingin buah yang tidak hanya mengandung cukup air, tetapi juga dapat menangkal penyakit? Jawabannya adalah nanas. Buah tropis ini tidak hanya mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh,  namun juga memiliki khasiat dalam mengatasi proses peradangan sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan.

10. Pepaya

Satu buah pepaya mengandung sekitar 90% air. Tak hanya itu, pepaya juga mengandung serat yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

Sahabat Sehat, itulah 10 macam buah pencegah dehidrasi selama berpuasa. Sahabat dapat mengkonsumsi buah-buahan saat sahur dan berbuka puasa, terutama sebelum menyantap hidangan utama.

Baca Juga: Makanan Sehat Pencernaan Lancar

Sahabat Sehat juga dapat mengkonsumsi buah-buahan dalam bentuk suplemen yang lebih praktis, dan tersedia di Prosehat. Info lebih lengkap silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Kirana F. 8 Buah Segar Ini Jaga Tubuh Dari Dehidrasi Selama Puasa [Internet]. fimela.com. 2021 [cited 15 April 2021]. Available from: https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3960398/8-buah-segar-ini-jaga-tubuh-dari-dehidrasi-selama-puasa#
  2. 9 Buah segar pencegah dehidrasi saat Ramadan | merdeka.com [Internet]. merdeka.com. 2021 [cited 15 April 2021]. Available from: https://www.merdeka.com/sehat/9-buah-segar-pencegah-dehidrasi-saat-ramadan.html

 

Chat Asisten ProSehat aja