Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Makanan Sehat Pencernaan Lancar

Sistem pencernaan yang baik tentunya juga akan membuat anda menjadi lebih nyaman. Hal ini rasanya menjadi keinginan bagi setiap orang. Jika sampai pencernaan lancar, tentu saja ini akan membantu mempertahankan kondisi kesehatan anda. Tubuh dapat menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi dengan baik sehingga segala kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi.

Jika sistem pencernaan tidak lancar, maka akan sangat menganggu dan dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kesulitan buang air besar. Agar sistem pencernaan lancar, tak perlu mengonsumsi obat-obatan. Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan sehat di bawah ini untuk membuat pencernaan menjadi lancar.

Buah Apel

Salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi agar pencernaan lancar dan sehat adalah buah apel. Buah ini banyak sekali dijumpai, baik di pasar, toko buah, maupun supermarket. Manfaat apel tak hanya dapat ditemukan pada daging buah saja, tapi bagian kulitnya banyak  mengandung serat alami yang sangat baik bagi pencernaan. Pada buah apel yang berukuran sedang, terdapat serat alami yang mencapai 3,3 gram. Anda dapat mengonsumsi buah apel sebagai menu sehari hari untuk memperlancar sistem pencernaan.

Baca Juga: Cegah Penyakit Hepatitis dengan Vaksin Hepatitis Sekarang

Buah Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan lemak tunggal yang tidak hanya bermanfaat bagi program diet, tapi juga kandungan seratnya sangat bagus untuk memperlancar sistem pencernaan. Jika anda mengalami kesulitan buang air besar, cobalah untuk mengonsumsi 1 buah alpukat dan tunggu hingga 1-2 jam. Setelah itu anda dapat merasakan buang air besar dapat menjadi lebih lancar.

Buah Pir Dan Kiwi

2 buah ini dapat membantu membuat pencernaan menjadi lancar dan terhindar dari masalah konstipasi. Tahukah Sobat, 1 buah pir yang berukuran kecil saja dapat mengandung 4,4 gram serat alami. Begitu pula buah kiwi, kandungan seratnya yang tinggi serta rendah gula membuatnya sangat aman dikonsumsi bagi kesehatan perut. Konsumsi satu buah kiwi saja, anda sudah mendapatkan 5 gr serat alami serta vitamin C yang 2 kali lebih banyak dari kebutuhan harian.

Buah Jeruk

Buah jeruk tak hanya mengandung vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, tapi  juga mengandung sekitar 4 gram serat alami dan 86 kalori. Kandungan gizi ini menjadikannya sebagai buah yang sangat baik untuk melancarkan buang air besar karena kandungan seratnya yang tinggi.

Sayuran Hijau

Selain buah, sayuran hijau juga dapat membantu melancarkan kerja sistem pencernaan. Misalnya saja sayur bayam, kandungan serat yang tinggi pada bayam membantu mengurangi resiko kesulitan buang air besar. 1 cangkir sayur bayam mengandung setidaknya 4 gram serat. Kemudian, bayam juga menjadi sumber magnesium yang cukup baik. Selain sayur bayam, sayuran lainnya yang direkomendasikan adalah brokoli. ½ cangkir sayur brokoli memiliki kandungan 2,8 gram serat. Anda dapat menyajikan sayuran ini sebagai menu makanan sehari-hari maupun camilan.

Biji-bijian Utuh

Misalnya saja seperti roti atau sereal yang terbuat dari biji-bijian utuh atau beras merah. Jenis makanan ini mengandung serat yang tinggi, rendah lemak, dan karbohidrat kompleks. Makanan ini sangat cocok dimakan agar pencernaan Anda lancar.

Baca Juga: 8 Penyakit yang Sering Menyerang Anak

Kacang-Kacangan

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang-kacangan juga membantu untuk menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan. Dalam 1 cangkir kacang-kacangan terdaat 10 gram serat yang terdiri atas serat larut dan tak larut yang sangat mendukung agar gerakan usus menjadi lancar. Anda dapat memilih jenis kacang merah, dapat dimasak ataupun ditambahkan dalam salad atau sup. Selain itu kacang almond juga dapat anda jadikan pilihan. Dalam 28 gram almond mengandung 3,5 gram serat alami yang sangat baik untuk pencernaan.

Nah itu tadi 7 makanan sehat yang dapat membantu anda melancarkan sistem pencernaan. Selalu konsumsi makan-makanan sehat diatas agar membantu kerja sistem pencernaan dan terhindar dari resiko sulit buang air besar. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

instal aplikasi prosehat

Sumber:

  1. IDN Times. Selain papaya, 8 buah ini dapat melancarkan BABmu lho. 2018. [Internet]. Available at: idntimes(dot)com/food/dining-guide/safiramaharani/8-buah-ini-bantu-lancarkan-bab-1/full (1.12.18)
  2. Hadijah S. Susah BAB?Konsumsi 8 makanan ini agar pencernaan lancar. 2018. [Internet]. Available at: cermati(dot)com/artikel/susah-bab-konsumsi-8-makanan-ini-agar-pencernaan-lebih-lancar (1.12.18)

WhatsApp Asisten Maya saja