Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Salah satu permasalahan yang sering dialami selama menjalani puasa di bulan Ramadan adalah kekurangan cairan (dehidrasi).

cegah dehidrasi saat berpuasa

Baca Juga: 8 Tips Meningkatkan Semangat WFH Selama Bulan Ramadan

Hal dikarenakan saat berpuasa Sahabat menahan rasa lapar dan haus, dan bagi Sahabat yang beraktivitas diluar ruangan atau terpapar sinar matahari dalam waktu lama menjadi lebih berisiko mengalami dehidrasi.

Dehidrasi dapat menyebabkan Sahabat merasa lemas, bibir kering, dan haus. Hal tersebut tentu dapat  mengganggu kelancaran ibadah puasa, apabila tidak segera diatasi.

Sahabat, mari simak berbagai tips berikut untuk cegah dehidrasi selama bulan Ramadan!

Tips Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Penuhi Kebutuhan Cairan

Apakah jumlah kebutuhan minum air putih selama bulan Ramadan dan di hari biasa tetap sama?

Menurut Ketua Indonesian Hydration Working Group, Diana Suhardi seperti dilansir dari Liputan6.com jumlah air putih yang dibutuhkan setiap orang selama bulan Ramahan dan di hari biasa tetap sama, yaitu sejumlah 2 liter per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan harian setiap orang.

Sahabat dapat mengonsumsi 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas air putih di malam hari hingga sebelum tidur dan 2 gelas air putih saat sahur.

Jangan Konsumsi Minuman Tinggi Gula

Sahabat Sehat sebaiknya menghindari minuman tinggi gula supaya terhindar dari dehidrasi saat menjalankan Ibadah puasa sebab minuman yang mengandung gula dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan rasa haus yang berlebihan.

Disarankan untuk tetap mengonsumsi air putih, maupun infused water dari buah-buahan yang mengandung gula alami dan lebih menyehatkan tubuh.

Hindari Minuman Berkafein

Sahabat disarankan juga untuk menghindari minuman berkafein, seperti kopi dan teh sebab mengandung zat diuretik yang dapat mengakibatkan pengeluaran urin secara terus-menerus sehingga dapat menimbulkan rasa haus dan berisiko mengalami dehidrasi.

Baca Juga: 8 Makanan yang Dianjurkan Saat Puasa

Kurangi Asupan Garam

Tips mencegah dehidrasi di bulan puasa lainnya yang bisa Sahabat lakukan adalah dengan mengurangi asupan garam pada menu makanan saat sahur dan buka puasa.

Konsumsi Sayur dan Buah

Untuk mendapatkan asupan cairan bagi tubuh saat berpuasa, sebenarnya tidak harus dari air putih namun asupan cairan dapat diperoleh pula dari sayur dan buah-buahan.

Mengapa Air Begitu Penting Saat Berpuasa?

Air berperan dalam melancarkan metabolisme tubuh dengan membantu penyaluran nutrisi ke sel tubuh dan membuang zat yang tidak diperlukan melalui urin.

Mengingat pentingnya peran air bagi tubuh, Sahabat disarankan untuk mengonsumsi air minum yang cukup saat sahur dan berbuka puasa agar organ tubuh dapat bekerja dengan baik dan menjaga kesehatan saluran cerna.

Baca Juga: 8 Solusi Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Fit Saat Puasa

Sahabat bisa berkonsultasi dengan dokter secara online di Prosehat, jika mengalami gejala dehidrasi atau masalah kesehatan lain saat berpuasa. Info lebih lengkap silahkan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Perlu Minum Air Sebanyak Apa Saat Puasa Ramadan untuk Penuhi Kebutuhan Cairan? [Internet]. liputan6.com. 2021 [cited 12 April 2021]. Available from: https://www.liputan6.com/ramadan/read/4525465/perlu-minum-air-sebanyak-apa-saat-puasa-ramadan-untuk-penuhi-kebutuhan-cairan
  2. Serba-Serbi Jelang Ramadhan 2021, Ini Tips agar Tak Dehidrasi saat Puasa, Cukupi Minum Air Putih – TribunStyle.com [Internet]. Style.tribunnews.com. 2021 [cited 12 April 2021]. Available from: https://style.tribunnews.com/amp/2021/03/18/serba-serbi-jelang-ramadhan-2021-ini-tips-agar-tak-dehidrasi-saat-puasa-cukupi-minum-air-putih

 

Chat Asisten ProSehat aja