Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Jenis Buah dan Sayur yang Baik Untuk Nutrisi Otak Anak

Tumbuh kembang anak sangat perlu diperhatikan dan dipantau oleh sang ibu. Pertumbuhan dan nutrisi yang pas juga sangat perlu diperhatikan. Semua itu tidak jauh dengan pola makan yang diberikan orang tua pada anak. Setiap orang tua pasti akan memberikan nutrisi untuk tumbuh kembangnya serta untuk nutrisi otak. Banyak orangtua yang belum memperhatikan nutrisi manakah yang baik, asal anak senang dituruti semuanya tanpa mempertimbangkan nutrisi dan gizi yang di peroleh untuk buah hati.

Setiap anak memang mempunyai konsentrasi dan kemampuan kognitif sendiri-sendiri. tapi, apakah anda tau? Semua itu tidak lepas dari nutrisi yang diberikan ibu kepada anak. dengan mengonsumsi nutrisi yang baik untuk otak akan berdampak di kemampuan anak dan berguna untuk masa depannya nanti. Juga bisa dikatakan untuk membangun pondasi yang kuat. Salah seorang Ilmuwan mengatakan “ Nutrisi otak yang baik untuk anak mempunyai peran penting dalam membangun saraf otak dan menyempurnakan setiap struktur selnya”.

Semua orang tua ingin anaknya memiliki potensi yang baik dalam hidupnya, dan itu ditanamkan mulai sejak dini. Makanan yang baik untuk nutrisi anak adalah makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk otak mereka.

Jenis Nutrisi Yang Baik Untuk Otak Anak:

1. Karbohidrat

Shot Code C

Semua orang tau bahwa karbohidrat sangat penting bagi tumbuh kembang anak. bukan hanya itu, karbohidrat juga bisa menjaga kesehatan syaraf anak dan memiliki peran yang sangat penting menjalankan otak anak. Namun, karbohidrat dengan jumlah yang banyak harus dihindari untuk menurunkan risiko kegemukan pada anak.

2. Vitamin C

Vitamin C juga mempunyai peran penting bagi otak anak. Kenapa Vitamin C sangat penting bagi otak anak? karena dengan vitamin C juga bisa melindungi anak dari segala penyakit yang bisa melumpuhkan otak anak dan vitamin C mempunyai peran penting dalam kemampuan mengingat dan daya pikirnya.

3. Vitamin E

Vitamin E dipercaya untuk meningkatkan kemampuan anak dalam hal pengembangan bahasa, pendengaran, daya lihat, daya dengar dan kemampuan otak yang bisa cepat tanggap dalam hal pembelajaran secara komplek

4. Kolin

Menurut para pakar neurotransmiliter nutrisi kolin mempunyai peran sangat penting bagi kognitif anak serta menajamkan daya ingat dan menurunkan risiko terkena alzheimer hingga penyakit syaraf lainnya yang dapat menyerang otak anak.

5. Lemak (Lemak yang bisa diuraikan)

Lemak juga memiliki peran penting dalam nutrisi dan perkembangan otak anak. jika akan mengonsumsi suplemen dangan kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 secara baik, otak anak semakin mampu dalam hal membaca. Lemak tak jenuh juga sangat percaya untuk remaja dalam meningkatkan kemampuan otaknya. Nutrisi lemak tersebut biasanya terdapat pada alpokat, kacang, biji-bijian dan minyak zaitun.

6. Antosianin

Mungkin anda baru saja mendengar kata tersebut. Antosianin merupakan pigmen buah yang berwarna ungu yang sangat berguna pada perkembangan otak anak. anda juga harus tau buah yang mengandung antosianin adalah blueberry dan anggur. Paling sering kita temui adalah buah anggur.

7. Zeaxanthin

Apa itu Zeaxanthin? Zeaxanthin adalah karetoneid atau pigmen pada tumbuhan yang mempunyai antiosidan. Zeaxanthin berguna untuk meningkatkan kecepatan dan mendukung memori untuk kinerja otak di bidang akademisnya.

Anda pasti senang jika anak anda mempunyai kemampuan otak yang sehat serta berkembang dengan baik. banyak hal yang perlu anda lakukan dan yang terpenting adalah pola makan pada anak tersebut. Berilah anak anda makanan yang sehat serta nutrisi untuk menunjang otak anak. makanan apa saja yang harus dimakan oleh anak.

Jenis Makanan Untuk Nutrisi Otak Anak

• Telur

Telur memiliki nutrisi protein yang tinggi dan bisa memicu perkembangan otak anak. Telur merupakan salah satu makanan favorit anak yang perlu anda coba pada anak anda. Bervariasilah dalam mengolah telur.

• Tomat

Tomat mempunyai beberapa kandungan vitamin yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat pada anak. kandungan yangterdapat pada tomat adalah: vitamin A, vitamin C, serta lycopene. Anda bisa mengolah tomat dengan bahan lainnya yang menunjang nutrisi yang baik untuk otak anak. anda bisa membuat jus tomat untuk si kecil.

• Sayuran Hijau (Bayam)

Rata- rata seorang ibu selalu memberikan bayam untuk anaknya, kebiasaan itu adalah hal yang baik untuk memberi nutrisi pada anak. Bayam memiliki kandungan Vitamin E, Vitamin K dan asam folat untuk perkembangan otak . Sebuah penelitian mengatakan bahwa bayam dapat mencegah 40% penurunan psikologis pada anak. Mulailah memberi anak anda setengah mangkuk bayam karena di dalamnya terdapat 5 kali kadar vit K dan asam folat yang sangat dibutuhkan tubuh anak.

• Ikan

Ikan memiliki sumber protein tertinggi yang sangat dibutuhan untuk nutrisi otak anak. Ikan mengandung Omega 3 dan Omega 6 yang berguna untuk menajamkan daya ingat anak dan berguna untuk mental anak. Berikan si kecil olahan ikan yang paling dia sukai karena dengan cara itu anak anda mau memakan makanan tersebut.

• Stroberi dan jeruk

Stroberi dan jeruk juga mengandung Vitamin C yang sangat berguna untuk otaknya. Vitamin C bisa melindungi anak dari berbagai penyakit yang dapat menyerang otak. Berilah anak anda stroberi atau jeruk dan makanan pendukung lainnya yang angat berguna bagi otaknya.

Makan makanan yang bisa menutrisi otak pada anak mampu membuat anak percaya diri di masa mendatang, karena otak yang sehat pada anak sangat berpengaruh dan dimulai dari sejak dini.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja