Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Asam Urat? Coba Diet Rendah Purin!

Apakah Sobat pernah mendengar tentang diet rendah purin? Jika Sobat gemar mengonsumsi daging dan bir, diet tanpa konsumsi keduanya akan terlihat tidak menarik. Namun, diet rendah purin dapat membantu Sobat yang baru saja terdiagnosis asam urat (gout), batu ginjal, maupun gangguan pencernaan.

Apakah Purin Itu?

Sebelum kita bahas lebih jauh, Sobat perlu tahu apa sebenarnya purin itu. Purin sendiri bukanlah suatu senyawa yang bermasalah. Purin diproduksi secara alami dalam tubuh dan dapat juga ditemukan pada beberapa makanan tertentu. Masalahnya adalah senyawa purin nantinya akan terurai menjadi asam urat yang dapat membentuk kristal, lalu dapat menempel pada sendi dan akan menyebabkan rasa sakit dan peradangan sendi yang biasa disebut sebagai gout, atau serangan asam urat.

Sepertiga dari asam urat yang dibuat tubuh didapat dari kadar purin yang dipecah yang didapatkan dari makanan dan minuman yang Sobat konsumsi. Jika Anda mengonsumsi banyak makanan yang mengandung purin tinggi, maka tingkat asam urat yang dikonsumsi pun akan bertambah tentunya. Terlalu banyak asam urat juga dapat menyebabkan gangguan seperti asam urat atau batu ginjal.

Baca Juga: 10 Persiapan Travelling Bagi Penderita Asam Urat

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan dalam Diet Purin?

Terdapat dua kunci penting yang perlu Sobat ketahui ketika ingin memulai diet rendah purin, yaitu mengetahui dan menghindari makanan apa saja yang mengandung purin dengan kadar tinggi. Kedua, mengubah pola diet sehingga tubuh dapat lebih mudah mengeluarkan asam urat dengan lebih baik.

Diet rendah purin sangat bagus dilakukan pada siapa saja yang membutuhkan bantuan untuk mengelola asam urat atau batu ginjal. Diet ini juga lebih mengutamakan pada konsumsi buah–buahan dan sayur, sehingga bagi Anda yang tidak memiliki gangguan dan hanya ingin menerapkan pola makan yang sehat, diet tersebut dapat menjadi pilihan yang baik.

Makanan Apa Saja yang Perlu Dikonsumsi?

Sebenarnya terdapat banyak pilihan makanan yang dapat Sobat konsumsi jika mengikuti diet rendah purin. Makanan yang baik untuk dikonsumsi seperti:

  • Produk susu rendah lemak: pilihan rendah lemak dan bebas lemak paling baik, seperti susu, keju, yoghurt.
  • Biji – bijian: seperti roti, pasta nasi dan kentang. Lebih baik jika mengandung banyak gandum murni.
  • Buah–buahan dan sayuran: semua sayuran sehat, dan Sobat juga harus mengonsumsi buah–buahan, baik itu buah utuh maupun jus tanpa tambahan gula.
  • Vitamin C: sumber vitamin C yang baik seperti jeruk, nanas, stroberi, paprika, tomat dan alpukat.
  • Telur: namun Sobat tentunya hanya mengonsumsi dalam jumlah yang cukup.
  • Kopi dan teh.

Inilah jenis makanan yang mengandung purin dengan kadar tinggi:

  • daging babi asap, daging sapi muda, bebek, hati.
  • beberapa makanan laut seperti ikan sarden, ikan teri, tuna, kerang.
  • kacang polong kering dan kacang havernut.
  • Sayuran yang mengandung kadar purin tinggi seperti kembang kol, bayam dan jamur namun sayuran tidak meningkatkan produksi asam urat seperti makanan lainnya.

Selain makanan yang mengandung purin tinggi, Sobat juga perlu tahu makanan dan minuman lain yang dapat mengubah bagaimana tubuh mempertahankan atau mengeluarkan asam urat dari tubuh, yaitu:

  • Makanan berlemak tinggi: lemak menahan asam urat di ginjal, jadi Sobat harus menghindari makanan yang digoreng, produk susu penuh lemak, makanan berlemak tinggi lainnya.
  • Alkohol: bir dan wiski tinggi purin, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa semua konsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat. Alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi, yang menghambat kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat.

Saran diet rendah purin

Asam urat dapat melewati tubuh Sobat melalui urine, sehingga jika Anda tidak minum air dengan jumlah yang cukup, maka akan terjadi penumpukan asam urat dalam tubuh. Menurut National Kidney Foundation, Sobat dapat mengurangi risiko terkena asam urat dan batu ginjal jika Anda minum delapan gelas air atau lebih dalam sehari.

Baca Juga: 5 Mitos Nyeri Sendi

Bagi Sobat yang memiliki batu ginjal atau asam urat, mengikuti diet rendah purin mungkin diperlukan. Jika Anda berpikir diet rendah purin memang cocok, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter  maupun ahli gizi. Selain itu, jika Sobat  membutuhkan produk kesehatan terkait asam urat, misalnya alat tes darah untuk mengecek kadar asam urat maupun informasi kesehatan penting lainnya, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa

 

Daftar Pustaka

  1. Foods to eat and avoid on low purine diet – medicalnewstoday.com/articles/322590.php , diakses pada tanggal 8-11-2018.
  2. Gout diet: what’s allowed, what’s not – mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/gout-diet/art-20048524 , diakses pada tanggal 8-11-2018.
  3. Tips for Following a Low Purie Diet – healthline.com/health/tips-for-following-low-purine-diet , diakses pada tanggal 8-11-2018
  4. Low Purine Diet – arthritis.org/about-arthritis/types/gout/articles/low-purine-diet.php , diakses pada tanggal 8-11-2018
  5. Diet Rendah Purin – gizi.depkes.go.id/wp-content/uploads/2013/09/Brosur-Diet-Rendah-Purin.pdf, diunduh pada tanggal 8-11-2018

Chat Asisten ProSehat aja