Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Asam Urat

Untuk mengerti penyakit ini, mudahnya seperti ini: Tubuh menghasilkan timbunan asam urat yang harus dibuang/diekskresikan oleh ginjal. Nah, bayangkan jika timbunan tersebut tidak dapat dibuang akibat gangguan metabolisme? Timbunan itulah yang kemudian menyebabkan kadar asam urat dalam darah meningkat, dan menjadikannya penyakit asam urat.

Asam urat sering dikaitkan dengan nyeri sendi  pada sendi jempol kaki yang diakibatkan oleh deposit kristal monosodium urat (MSU). MSU yang tadi dibicarakan sebelumnya, yaitu hasil timbunan asam urat yang dibuat dalam tubuh setiap hari dan diekskresikan terutama melalui ginjal. Tahu ngga sih, penyakit ini harus dibuang sejumlah yang diproduksi, lho. Jika yang dibuang lebih sedikit, maka terbentuklah kristal-kristal tajam MSU tersebut dengan ukuran mikro yang akan menyerang mulai dari sendi-sendi kecil atau sekeliling jaringan sendi.

Penyebab

Penyebab penyakit ini adalah banyaknya kadar asam urat dalam darah. Sebenarnya memiliki terlalu banyak asam urat tidak berbahaya. Sebagian orang dengan kadar asam urat tinggi dalam darah mereka tidak langsung terkena asam urat. Tapi ketika kadar asam urat dalam darahnya ‘terlalu’ tinggi, asam urat membentuk kristal keras dalam sendi. Kristal-kristal tajam ini yang nantinya akan menyerang persendian kita.

Gejala

Gejalanya menyerang dengan tiba-tiba dan cepat, tidak akan menghabiskan waktu hingga berminggu-minggu. Setelah waktu tersebut terlewati, nyeri sendi akan mulai terasa dan terlihat normal kembali, dan rasa sakit dari serangan akan hilang sepenuhnya. Tetap berhati-hati karena hampir semua orang dengan asam urat akan mengalami serangan lebih lanjut di masa depan. Gejala seperti pembengkakkan, peradangan, sendi terasa panas dan kemerahan atau ungu di sekitar sendi akan terlihat.

Pencegahan

Sebaiknya segera lakukan pencegahan, agar tidak memperburuk risikonya, ya. Banyak cara mencegah asam urat, seperti diet rendah purin (jeroan, makanan laut/seafood, dan daging merah). Jangan lupa untuk stop minum minuman keras atau minuman dengan kadar gula tinggi sebagai bentuk pencegahan dari meningkatnya faktor risiko asam urat. Satu lagi, jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi, ya!

Pengobatan

Segera hubungi dokter, ya, jika gejala yang dirasakan telah berlangsung selama berminggu-minggu. Pengobatan lain yang bisa kita lakukan adalah dengan mengkonsumsi glucosamine yang berfungsi sebagai pelumas (memproduksi minyak sendi) untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat arthritis dan inflamasi dan juga kandungan chondroitin sulfate pada glucosamine, yang membantu regenerasi tulang rawan pada sendi.

Banner_osteo

Chat Asisten ProSehat aja