Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

10 Makanan Pencegah Serangan Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia, juga di Indonesia, dan bahkan menduduki peringkat pertama penyebab kematian. Setelah jantung, posisi kedua diduduki oleh stroke dan diabetes di posisi ketiga. Hal ini menunjukkan bahwa penyakit jantung adalah penyumbang terbesar kematian di Indonesia. Menurut data Riskesdas 2019, jumlah penderita penyakit ini di Indonesia adalah 2.784.064 orang, dan kebanyakan diderita oleh kelompok usia muda. Hal tersebut mengindikasikan bahwa penderita penyakit jantung bukan terjadi hanya pada orang tua namun justru banyak juga dialami pada usia 20-40 tahun ke atas.

serangan penyakit jantung, makanan pencegah serangan penyakit jantung

Baca Juga: Penyakit Jantung pada Remaja, Penyebab Hingga Pencegahan

Banyaknya kejadian serangan jantung pada dewasa muda dikarenakan pola hidup yang lebih instan akibat kebiasaan makan makanan cepat saji atau junk food dan berlemak jenuh tinggi, serta kebiasan merokok, mengonsumsi alkohol, dan jarang berolahraga. Nah, supaya Sobat sebagai kaum muda milenial tidak mengalami hal yang demikian, ada baiknya Sobat mulai memperhatikan apa-apa saja yang perlu dikonsumsi. Apa saja itu? Yuk, mari simak!

Makanan Pencegah Serangan Penyakit Jantung

Sayuran Hijau

Makanan pertama yang perlu dikonsumsi untuk mencegah serangan jantung adalah sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi. Ketiga sayuran ini kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Jenis sayuran tersebut merupakan sumber vitamin K dan nitrat yang baik untuk membantu melindungi arteri jantung, mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan pembuluh darah, dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi sayuran hijau berisiko lebih  rendah terkena penyakit jantung.

Gandum Utuh

Makanan kedua yang disarankan untuk mencegah serangan jantung adalah biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, gandum hitam, dan quinoa yang mengandung serat cukup tinggi. Makanan tersebut bisa membantu mengurangi kadar kolestrol LDL dalam darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Cek Gejala Ini untuk Terhindar dari Penyakit Jantung Koroner!

Beri-berian

Beri-berian, yaitu stroberi, bluberi, blackberi, dan raspberi adalah buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi seperti anthocyanin yang mampu melindungi diri dari stres oksidatif dan peradangan yang menjadi penyebab penyakit jantung.

Alpukat

Alpukat sangat dianjurkan sebagai makanan yang dikonsumsi agar jantung Sobat tidak bermasalah. Buah ini merupakan sumber lemak tak jenuh yang sehat untuk kesehatan jantung. Alpukat mengandung kalium tinggi yang dibutuhkan tubuh dalam sehari sehingga bisa menurunkan tekanan darah, kadar kolestrol dalam darah, dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Ikan berlemak

Salmon, makarel, sarden, dan tuna mengandung tinggi asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut sebuah studi, mengonsumsi salmon tiga kali semiggu  selama 8 minggu dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah diastolik.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam dikenal kaya akan antioksidan seperti flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Mengonsumsi cokelat hitam setidaknya dua kali per minggu terbukti memiliki 32% risiko yang lebih rendah mengalami plak kalsifikasi di arteri jantung. Namun, supaya benar-benar ampuh, pilihlah cokelat hitam yang berkualitas tinggi dan mengandung kakao minimal 70%.

Tomat

Tomat adalah sayuran yang mengandung likopen tinggi, dan merupakan antikoksidan alami yang bisa menetralkan radikal bebas, mencegah terjadinya kerusakan oksidatif, dan mencegah peradangan penyebab serangan jantung. Selain mencegah penyakit jantung datang, tomat juga dapat mencegah stroke dan penyakit kolestrol.

Baca Juga: 5 Olahraga Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Bawang Putih

Bawang putih yang selama ini digunakan sebagai salah satu bumbu dasar memasak ternyata juga mempunyai khasiat yang baik untuk jantung. Sebab, bawang ini mengandung senyawa allicin yang diyakini memiliki banyak efek terapeutik. Ekstrak bawang putih bisa menghambat penumpukan trombosit yang dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke. Untuk hasil terbaik, pastikan mengonsumsi bawang putih mentah atau yang sudah dihancurkan dan dibiarkan selama beberapa menit sebelum dimasak.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat meredakan peradangan dan mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung. Faktanya, orang yang mengonsumsi minyak zaitun secara teratur memiliki risiko 35% lebih rendah terkena penyakit jantung.

Edamame

Makanan terakhir yang dianjurkan untuk dikonsumsi supaya tidak terkena penyakit jantung adalah edamame. Edamame merupakan kacang yang mengandung isoflavon kedelai, yakni sejenis flavonoid yang dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dan meningkatkan kesehatan jantung. Mengonsumsi edamame bisa menurunkan risiko kematian sebanyak 15% akibat penyakit jantung.

Produk Terkait: Herbal Jantung

Selain mengonsumsi makanan-makanan yang dianjurkan seperti di atas, Sobat juga sebaiknya memperhatikan beberapa hal lain, yaitu:

  • Batasi kolestrol, yaitu dengan mengurangi atau tidak mengonsumsi sama sekali daging merah atau susu tinggi lemak yang dapat meningkatkan kadar kolestrol darah terutama pada orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung
  • Makan secara teratur, karena pola makan yang teratur akan membantu Sobat yang terkena penyakit jantung atau ingin mencegah penyakit tersebut untuk mengontrol gula darah, membakar lemak lebih efisien, dan mengatur kadar kolestrol.
  • Kurangi garam, karena terlalu banyak garam tidak baik untuk tekanan darah. Sebagai gantinya, gunakan saja bumbu berbahan rempah-rempah atau bumbu alami dapur untuk membumbui makanan.
  • Tetap terhidrasi, agar Sobat akan merasa energik dan makan lebih sedikit. Minumlah 32 hingga 64 ons atau sekitar 1 hingga 2 liter air setiap hari.
  • Tetap sajikan sesuai takaran, bisa dengan cara menggunakan piring dan gelas yang lebih kecil, dan untuk memeriksa label makanan melihat berapa banyak porsi makanan karena lebih mudah untuk makan lebih banyak daripada yang dipikirkan.

Itulah makanan yang bisa Sobat konsumsi untuk mencegah serangan jantung. Meskipun begitu, Sobat tetap diharuskan untuk berolahraga, tidak merokok, jangan sampai obesitas, tidak mengonsumsi alkohol, serta secara rutin memeriksakan kesehatan jantung. Apabila Sobat ingin mengetahui makanan yang sehat untuk jantung, silakan tonton video berikut ini, dan jangan lupa subscribe Youtube Prosehat.

Jika Sobat memerlukan informasi lebih lanjut dan produk-produk yang berkaitan dengan kesehatan jantung, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. Cegah Serangan Jantung dengan Konsumsi 10 Makanan Sehat Ini [Internet]. kumparan. 2020 [cited 3 September 2020]. Available from: https://kumparan.com/kumparanmom/cegah-serangan-jantung-dengan-konsumsi-10-makanan-sehat-ini-1srzPl2LnLl/full
  2. 5 Penyakit Paling Mematikan di Indonesia, Mulai Jantung hingga Diabetes Militus | merdeka.com [Internet]. merdeka.com. 2020 [cited 3 September 2020]. Available from: https://www.merdeka.com/sehat/5-penyakit-paling-mematikan-di-indonesia-mulai-jantung-hingga-diabetes-militus.html
  3. Media K. Penyakit Jantung Menghantui Orang Indonesia, Ini Sebabnya… Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2020 [cited 3 September 2020]. Available from: https://sains.kompas.com/read/2019/04/12/154951023/penyakit-jantung-menghantui-orang-indonesia-ini-sebabnya?page=all#:~:text=Berdasarkan%20data%20Riset%20Kesehatan%20Dasar,di%20Indon
  4. [Internet]. 2020 [cited 3 September 2020]. Available from: https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5e9a470f952f2/jantung-koroner-pembunuh-nomor-satu-di-indonesia
  5. 9 Cara Diet Tepat Bagi Penderita Penyakit Jantung – Tirto.ID [Internet]. tirto.id. 2020 [cited 3 September 2020]. Available from: https://tirto.id/9-cara-diet-tepat-bagi-penderita-penyakit-jantung-flvc
  6. [Internet]. 2020 [cited 3 September 2020]. Available from: https://www.tokopedia.com/blog/cara-mencegah-penyakit-jantung-hlt/

Chat Asisten ProSehat aja