Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

8 Makanan Rendah Lemak untuk Diet yang Enak dan Mengenyangkan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, tentu saja sangat penting untuk mengatur apa yang boleh Anda konsumsi dan mana yang tidak. Sehingga, jika Anda ingin menurunkan berat badan secara efektif, konsumsilah makanan yang memang dapat menurunkan berat badan. Salah satunya yaitu makanan yang rendah lemak dan rendah kalori. Mengonsumsi makanan yang rendah lemak pastinya akan sangat mendukung hasil program diet Anda. Meskipun Anda melakukan olahraga secara rutin, tapi terus menerus mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang banyak tetap tidak akan membuat berat badan menjadi turun.

Berikut ini 8 makanan rendah lemak yang direkomendasikan untuk program diet yang enak dan juga mengenyangkan:

Daging Ayam Tanpa Kulit

Jika selama ini Anda mengonsumsi ayam beserta kulitnya, maka mulai kini pisahkan kulit dari daging ayamnya. Faktanya kulit ayam inilah yang menjadi sumber lemak yang dapat menumpuk di dalam tubuh Anda. Daging ayamlah yang merupakanan makanan dengan kandungan protein tinggi tapi rendah lemak, tentu saja dengan membuang kulitnya. Anda dapat mengolah dada ayam (tanpa kulit) dengan cara ditumis, dipanggang, maupun dimasak dengan cara sehat lainnya. Asalkan jangan digoreng, daging ayam menjadi makanan rendah lemak yang cocok bagi program diet Anda. Setiap makan, Anda bisa memakan 1-1 ½ porsi daging ayam yang setara sekitar 40gram.

Daging Sapi Tanpa Gajih

Banyak orang yang berpendapat jika daging sapi merupakan makanan yang tinggi lemak? Pendapat ini sebenarnya salah besar. Daging sapi memiliki kandungan lemak yang rendah, hanya 5 gram dalam setiap 35 gram daging sapi. Namun, perlu Anda ingat jika daging sapi yang Anda konsumsi haruslah bebas lemak maupun gajih. Ada beberapa bagian daging sapi yang masuk ke dalam makanan rendah lemak, seperti bagian daging sirloin,tapi ingat hanya terdiri dari bagian dagingnya saja. Dan tentu saja, mengonsumsi daging sapi sebagai menu makan diet menjadi rekomendasi terbaik karena enak dan mengenyangkan.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan Agar Kenyak Lebih Lama

Berbagai Sumber Kacang-kacangan

Meskipun termasuk ke dalam sumber protein nabati, tapi kacang-kacanganya bisa menjadi makanan sehat lainnya yang cocok bagi program diet Anda. kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus membentuk otot-otot tubuh. Hal ini karena dalam 1 porsi kacang-kacangan hanya mengandung lemak sekitar 3 gram saja. Tak hanya kacang-kacangan, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang diolah dengan bahan dasar  sumber protein nabati seperti tempe, tahu kacang hijau, kacang polong, kacang merah, dan lainnya.

Anda bisa menjadikan kacang-kacangan sebagai menu camilan sehat. Namun, pastikan jika kacang-kacangan yang Anda konsumsi tidak melalui proses penambahan gula atau garam yang berlebihan maupun penggorengan, sehingga kadar lemak dan kalori di dalamnya tetap dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Buah-Buahan

Wajib rasanya memasukkan buah-buahan sebagai menu dalam program diet Anda. buah-buahan menjadi salah satu makanan yang rendah lemak tapi tetap mengenyangkan untuk dikonsumsi. Selain itu, kandungan nutrisi serta vitaminnya yang cukup kaya akan sangat baik bagi kesehatan. Anda bisa mengonsumsi melon atau apel yang mengandung serat tinggi sehingga kenyang akan lebih bertahan lama. Anda juga dapat mengganti berbagai camilan berkalori tinggi Anda dengan buah-buahn segar. Jelas ini lebih sehat dan mendukung program diet yang Anda jalani.

Sayuran

Selain buah, sayuran juga menjadi menu wajib jika Anda sedang menjalani diet. Sayur mengandung serat yang tinggi yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama bahkan lebih baik daripada buah-buahan. Ganti sebagian dari porsi makanan berat yang Anda konsumsi sehari hari dengan makanan yang rendah lemak dan kalori ini.Anda juga dapat menyajikan lebih banyak sayur dalam menu makanan seperti omelette atau sandwich. Selain mengonsumsi sayuran segar, keripik sayur juga bisa Anda jadikan pilihan untuk dapat memenuhi kebutuhan serat.

Baca Juga: 7 Menu Diet Karbo Untuk Kurangi Berat Badan

Telur Ayam ( Putihnya Saja)

Telur juga menjadi salah satu makanan berprotein tinggi lainnya tapi rendah lemak yang dapat Anda masukkan ke dalam menu diet Anda. Manfaat telur ini sangat banyak, salah satunya adalah untuk membangun otot serta baik untuk proses perbaikan sel-sel dalam tubuh. Namun, perlu Anda ketahui jika bagian kuning telur memiliki kandungan kolestrol yang cukup tinggi, sehingga lebih baik mengonsumsi bagian putihnya saja. Anda dapat mengonsumsi 1 porsi telur ayam negri atau 1 buah telur ayam, tapi ingat hanya putihnya saja. Anda tetap bisa mengonsumsi bagian kuning telur maksimal hanya 3 kali dalam seminggu. Ini untuk menghindari agar kadar kolestrol dalam tubuh tidak naik.

Ikan

Makanan rendah lemak lainnya yang disarankan untuk menu diet yang enak serta mengenyangkan adalah ikan. Ikan memiliki kadar protein yang tinggi tapi tetap rendah lemak. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika jumlah lemak dalam tubuh meningkat saat mengonsumsi daging ikan. Dalam satu porsi lauk (25 gram), mengandung 2 gr lemak, 7 gr protein, serta 50 kalori. Tak hanya mendukung program diet, kandungan omega-3 di dalam ikan sangat baik bagi kesehatan jantung.

Produk Susu Rendah Lemak

Mengonsumsi susu dapat Anda jadikan sebagai salah satu cara untuk efek kenyang yang lebih lama. Tak hanya susu, tapi juga berbagai produk olahan susu lainnya seperti keju, yoghurt, dan lainnya bisa Anda jadikan pilihan. Namun ingat, pilih susu yang rendah lemak jika Anda ingin program diet yang Anda jalankan berhasil.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Bagi yang Suka Nge-Gym

Nah, itu tadi 8 makanan sehat yang rendah lemak untuk diet yang enak dan mengenyangkan. Jadikan makanan-makanan sehat diatas sebagia menu sehari-hari. Tentunya tak hanya berat badan ideal saja yang Anda dapatkan, tapi tubuh yang sehat dan segar bisa Anda peroleh sekaligus dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Sehingga tubuh tak mudah sakit seiring dengan pertambahan usia. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja