Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Cek Gejala Ini untuk Terhindar dari Penyakit Jantung Koroner!

Jantung koroner adalah sebuah penyakit dengan kondisi yang menyebabkan jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Karena peranannya yang penting di dalam tubuh, organ berukuran sebesar kepalan tangan ini menjadi organ vital pada manusia. Ada banyak jenis penyakit jantung, namun yang paling menyita perhatian karena banyaknya kasus yang terjadi, adalah penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner yang juga terkenal dengan istilah penyakit jantung iskemik merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Di Indonesia sendiri, kematian akibat penyakit ini memang lebih besar, sekitar 35 persen. Angka kematian secara global menurut Federasi Jantung Dunia mencapai hingga 1,8 juta kasus pada tahun 2014. Penyebab pasti dari penyakit ini disebabkan oleh penyumbatan aliran darah ke jantung. Sumbatan ini sering disebabkan oleh lemak yang menumpuk. Adanya lemak dalam saluran pembuluh darah jantung disebabkan oleh plak yang dikenal sebagai aterosklerosis. Penimbunan lemak di dalam arteri jantung ini merupakan akibat dari pola hidup yang tidak sehat serta kolesterol jahat yang terlalu mendominasi tubuh.

Aterosklerosis ini sendiri mengurangi suplai darah ke jantung yang menyebabkan mudah terbentuknya penggumpalan darah atau thrombosis. Jika hal ini terjadi maka aliran darah ke jantung pun akan tertutup sepenuhnya, hingga serangan jantung yang tidak ditunggu pun menyerang. Penyebab kondisi asteroklerosis ini sendiri meliputi kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, diabetes, kelebihan berat badan, dan kolesterol yang tinggi.

Kenali tanda dan gejala penyakit jantung koroner, karena semua orang memiliki resiko untuk terkena penyakit jantung koroner.

  • Bagian perut yang membengkak
  • Detak jantung yang tidak teratur
  • Nyeri pada dada
  • Sesak nafas
  • Merasa mual berujung nafsu makan menurun
  • Produksi keringat berlebih terutama pada telapak tangan, meskipun tidak beraktifitas
  • Rasa lelah tanpa aktifitas yang berat
  • Pembengkakkan pada pergelangan kaki dan perut
  • Rasa nyeri pada tangan kanan atau lengan kiri

Segera temui dokter jika gejala di atas sudah dirasakan. Setelah mempelajari gaya hidup dan pola makan seseorang, beserta riwayat jantung keluarga, dokter akan segera menyarankan untuk menjalani pemeriksaan seperti tes darah, angiografi koroner, CT Scan, MRI Scan atau elektrokardiogram (EKG).

WhatsApp Asisten Maya saja