Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Sahabat Sehat, Ini Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jiwa

Ada berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dengan berpuasa, salah satunya bagi kesehatan jiwa. Sahabat Sehat, mari simak penjelasan berikut ini!

manfaat puasa bagi kesehatan jiwa

Baca Juga: Ketahui Manfaat Berdonasi Bagi Kesehatan Mental

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jiwa

1. Detoksifikasi Otak

Manfaat puasa yang pertama adalah dapat mengaktifkan proses autofagi, yang seringkali dikaitkan dengan penyakit alzheimer, depresi, gangguan bipolar,hingga skizofrenia.

Proses autofagi membantu mendetoksifikasi otak, membersihkan sel tua, serta mendorong proses regenerasi sel baru dan sehat.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Berpuasa turut membantu meningkatkan suasana hati, menurunkan ketegangan akibat stres dan depresi.

3. Menumbuhkan Empati & Bahagia

Selama berpuasa, Sahabat Sehat tentunya ingin menebar kebaikan misalnya membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan.

Secara tidak langsung kegiatan beramal yang Sahabat Sehat lakukan dapat meningkatkan zat endorfin, yaitu zat kimia dalam otak yang menimbulkan perasaan bahagia.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

4. Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Saat berpuasa, Sahabat Sehat mungkin cenderung menahan emosi. Hal ini diakibatkan karena secara tidak langsung proses metabolisme hormon yang mempengaruhi emosi menjadi lebih cepat selama berpuasa.

5. Menghindari Kebiasaan Buruk

Dengan berpuasa, Sahabat Sehat dapat menghindarkan diri dari kebiasaan buruk seperti merokok, berbohong, bergunjing, maupun mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat yang tentunya berdampak baik bagi kesehatan jiwa.

Produk Terkait: Jual Makanan Sehat

6. Meningkatkan Kewaspadaan

Berpuasa dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh, akibat tidak adanya asupan makanan yang masuk ke tubuh selama kurun waktu tertentu.

Secara tidak langsung, dengan berpuasa Sahabat Sehat dapat meningkatkan kewaspadaan karena kondisi gula darah kembali seimbang.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dengan berpuasa, pola tidur Sahabat Sehat menjadi lebih teratur. Tidur yang cukup diketahui dapat mengembalikan stamina, memperbaiki suasana hati, dan menjaga kesehatan organ dalam tubuh. Sahabat Sehat disarankan untuk tidur selama 7-9 jam sehari dan hindari tidur larut malam.

Baca Juga: Ternyata Tidur Selama 6 Jam Saja Tidak Cukup

Nah, Sahabat Sehat ternyata puasa tidak hanya baik untuk kesehatan fisik namun juga bermanfaat bagi kesehatan jiwa. Jika Sahabat Sehat mengalami keluhan selama berpuasa, silahkan berkonsultasi lebih lanjut secara online dengan dokter 24 jam di Prosehat melalui Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Media K. 6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 20 April 2021]. Available from: https://health.kompas.com/read/2021/04/19/061000168/6-manfaat-puasa-untuk-kesehatan-mental?page=all
  2. Times I, Namira I. 7 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mentalmu, Jadi Lebih Tenang & Bahagia [Internet]. IDN Times. 2021 [cited 20 April 2021]. Available from: https://www.idntimes.com/health/fitness/izza-namira-1/manfaat-puasa-terhadap-kesehatan-mental/7
  3. Bukan Cuma Fisik, Ini Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental [Internet]. suara.com. 2021 [cited 20 April 2021]. Available from: https://www.suara.com/health/2019/05/06/131357/bukan-cuma-fisik-ini-manfaat-puasa-untuk-kesehatan-mental
  4. 4 Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan Mental: Bisa Turunkan Stres – Tirto.ID [Internet]. tirto.id. 2021 [cited 20 April 2021]. Available from: https://tirto.id/4-manfaat-puasa-ramadan-bagi-kesehatan-mental-bisa-turunkan-stres-fulo

 

Chat Asisten ProSehat aja