Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ternyata Tidur Selama 6 Jam Saja Tidak Cukup

Berapa jamkah Anda tidur setiap hari? Jika Anda tidur selama 6 jam dan menurut Anda itu sudah cukup, saatnya untuk memikirkannya kembali. Artikel di bawah ini akan menunjukkan bahwa tidur selama enam jam saja tidak cukup, selamat membaca.

Sleep advocate dan pemimpin redaksi Huffington Post, Arianna Huffington, menuliskan bahwa beberapa studi menyatakan bahwa tidur enam jam sehari selama dua minggu berturut-turut, tidaklah cukup.

Rata-rata siklus tidur normal adalah delapan jam setiap hari dan manusia memiliki kebutuhan tidur berbeda satu sama lain. Untuk menentukan waktu tidur yang tepat Anda perlu menghitung mundur dari waktu bangun. Misalnya, Anda harus bangun pukul 05.00 pagi, artinya pada pukul 9 malam harusnya Anda sudah terlelap.

National Sleep Foundation mengemukakan, kurang tidur dapat menyebabkan sakit otot, kebingungan, tidak fokus, depresi, halusinasi, jadi pelupa, tremor terutama pada tangan,  sakit kepala, emosi tidak stabil, serta memicu nafsu makan berlebihan dan menggangu kerja jantung.

Penelitian juga mengungkapkan penyebab utama kenapa orang tidak punya waktu tidur sesuai yang direkomendasikan. Sebanyak 1/3 orang dewasa kerap terjaga di malam hari karena memikirkan masalah keuangan. Sementara 1/4 lainnya karena masalah keluarga, dan 1/5 akibat stres di tempat kerja.

“Orang harus berhenti menganggap tidur berkualitas sebagai sebuah “kemewahan” (yang jarang didapat) tapi lebih kepada kebutuhan yang harus jadi bagian dari gaya hidup dan membiasakan tidur delapan jam sehari,” imbuh Shakila Ahmed, juru bicara Travelodge.

Senada dengan Shakila, Dr Guy Meadows, salah satu pakar tidur juga sepakat bahwa tidur adalah waktu terpenting bagi tubuh untuk melakukan penyembuhan, memperbarui sel, danmenghilangkan racun dari tubuh. Ketika tidur berkurang, tubuh pun kehilangan waktu untuk melakukan fungsi tersebut.

Maka dari itu, mengingat efek tidur kurang dari 8 jam ternyata berpengaruh signifikan pada penuaan dini dan keadaan kulit yang buruk, mulai nanti malam yuk perbaiki pola tidur!

Chat Asisten ProSehat aja