Telp / SMS / WhatsApp : 0857-75-500-800

Siap Nikah? Lakukan 5 Persiapan Kesehatan Ini

848x337

Siap mengikrarkan janji suci Sahabat pada saat pernikahan? Mental Sahabat sudah di persiapkan jauh-jauh hari, tapi sudah siapkan kesehatan jauh-jauh hari belum? Kesehatan juga penting loh sahabat, karena untuk membangun keluarga yang bahagia. Jadi apa saja sih persiapan kesehatan yang harus sahabat lakukan? Yuk cek 5 persiapan kesehatan sebelum menikah :

1. Persiapan Fisik
Sahabat harus menyiapkan persiapan secara fisik mulai dari Pemeriksaan status kesehatan, pemeriksaan darah rutin dan pemeriksaan urin seperti :
Pemeriksaan status kesehatan, tahap awal yang tidak memerlukan waktu yang lama seperti mengukur tanda-tanda vital seperti mengukur Suhu, Nadi, Frekuensi Nafas dan Tekanan Darah.
Pemeriksaan Darah Rutin, Selanjutnya sahabat akan melakukan pemeriksaan darah rutin seperti HB, Trombosit dan juga Lekosit. Ada beberapa pemeriksaan darah yang dianjurkan seperti Golongan darah dan Rhesus, Gula Darah Sewaktu (GDS), Thalasemia, Hepatitis B dan C serta TORCH (Toksoplasmosis, Rubella, Citomegalovirus dan Herpes simpleks).
Pemeriksaan Urin, ditahap ini sahabat dianjurkan melakukan pemeriksanaan urin rutin.

2. Persiapan Gizi
Peningkatan gizi sahabat dan calon perlu dipersiapkan dengan baik. Terlebih lagi untuk para perempuan perlu melakukan peningkatan status gizi melalui penanggulangan KEK (Kekurangan Energi Kronis) dan anemia gizi besi serta defiensi asam folat.

3. Melakukan Status Imunisasi TT
Cegah dan lindungi diri Anda terhadap penyakit tetanus yang dilakukan dengan pemberian 5 dosis imunisasi TT untuk mencapai kekebalan penuh.

4. Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi
Hal ini salah satu indikasi calon pengantin yang sehat yang dapat menjaga kebersihan organ reproduksinya dengan baik. Perempuan biasanya lebih rentan dalam menghadapi resiko kesehatan reproduksi seperti keputihan hingga kanker serviks. Beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan dalam menjaga kebersihan organ reproduksi seperti:
Gantilah pakaian dalam Sahabat diganti minimal 2 kali sehari
Tidak menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat serta menggunakan bahan non sintetik
Bersihkan organ reproduksi luar dari depan ke belakang dengan menggunakan air bersih dan dikeringkan menggunakan handuk atau tisu.
Rutin mengganti pembalut pada saat datang bulan, paling lama setiap 4 jam sekali atau setelah buang air.
Lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter bila sering terjadi keputihan, berbau serta berwana.

5. Melakukan Vaksinasi HPV
Kanker leher rahim (serviks) menjadi pembunuh perempuan nomor dua di dunia dan menempati peringkat pertama di Indonesia. Beberapa faktor yang menyebabkan kanker serviks antara lain Hubungan seks pada usia muda atau pernikahan di usia muda, berganti-ganti pasangan seksual, Merokok serta faktor lainnya.

Proses Kanker serviks yang berkembang secara bertahap ini diperlukan waktu selama 1-20 tahun. Pada fase prakanker tidak akan menimbulkan gejala atau tanda-tanda yang khas, namun perlu waspadai beberapa gejala seperti keputihan atau keluar cairan encer dari vagina.

Untuk menghindari hal tersebut, maka pasangan yang akan menikah memerlukan vaksinasi HPV. Hal ini merupakan salah satu cara pencegahan primer terhadap kanker yang disebabkan dari infeksi virus HPV. Wanita dan pria dapat melakukan vaksinasi yang dapat menstimulasi tubuh serta membentuk antibodi untuk melawan HPV.

Pastikan pada saat sahabat melakukan vaksin HPV dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari pernikahan Sahabat kurang lebih 6 bulan sebelum menikah. Layanan Vaksinasi HPV bisa sahabat lakukan di Prosehat loh, pemesanan yang mudah dan cepat serta kenyamanan dalam melakukan vaksinasi. Di Prosehat, sahabat bisa lakukan vaksin di rumah atau rumah calon mertua. Yuk ajak Pasangan Sahabat untuk vaksinasi HPV demi masa depan Sahabat. Yuk kunjungi dan pilih paket vaksinasi kami diĀ https://www.prosehat.com/vaksinasihpv Keluarga sehat, Keluarga bahagia…

Sumber : kesga.kemkes.go.id/images/pedoman/BUKU%20SAKU%20KESPRO.pdf
prosehat.com/artikel/wanitasehat/cegah-kanker-serviks-dengan-vaksin-hpv

Produk Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked