Telp / SMS / WhatsApp : 0857-75-500-800

Kanker dan Tumor Itu Sama?

848x337

Beberapa orang mengira penyakit kanker dan tumor itu sama. Namun ternyata penyakit kanker, penyakit yang timbul akibat dari pertumbuhan yang tidak normal pada sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Sedangkan tumor itu sendiri adalah kondisi dimana pertumbuhan sel tidak normal lalu membentuk suatu lesi atau pada beberapa kasus timbul benjolan di tubuh.

Tumor sendiri terbagi menjadi dua yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak memiliki ciri-ciri tumbuh secara terbatas, memiliki selubung, tidak menyebar dan saat dioperasi dapat dikeluarkan secara utuh sehingga dapat sembuh secara sempurna. Lain hal dengan tumor ganas, yang memiliki ciri-ciri dapat menyusup ke jaringan sekitarnya dan sel kanker dapat ditemukan pada pertumbuhan tumor.

Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Pada tahun 2012, sekitar 8,2 juta kematian disebabkan oleh kanker. Kanker paru, hati, perut, kolorektal, dan kanker payudara adalah penyebab terbesar kematian akibat kanker setiap tahunnya.

Penyakit kanker menjadi salah satu penyebab kematian utama di dunia. Pada tahun 2012, sekitar 8,2 juta orang meninggal akibat kanker, seperti kanker hati, paru, perut, payudara hingga kanker serviks yang banyak dialami para wanita. Faktor berkembangnya kanker itu sendiri berasal dari beberapa faktor antara lain:
1. Faktor Genetik
2. Faktor karsinogen di antaranya yaitu zat kimia, radiasi, virus, hormon serta iritasi kronis.
3. Faktor perilaku atau gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat, mengkonsumsi alkohol serta kurangnya aktivitas fisik.

Kanker serviks menjadi hal yang ditakutkan oleh para wanita, kanker serviks adalah keganasan yang terjadi pada leher rahim atau dikenal dengan nama serviks yang merupakan bagian terendah dari rahim yang menonjol ke puncak liang senggama (vagina) dan pada umumnya kanker serviks disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV) positif.

Kanker serviks dapat sahabat antisipasi dengan cara menjalani gaya hidup yang sehat, menghindari merokok dan minuman keras, rutin melakukan test pap smear (untuk yang sudah menikah) serta melakukan vaksin HPV sebanyak 3 kali. Guna vaksin HPV yaitu berpotensi mencegah transmisi virus dan virus tersebut akan terhalang masuk ke dalam tubuh.

Untuk mendapatkan layanan vaksin HPV bisa Anda dapatkan di Prosehat. Di Prosehat Anda dapat melakukan tanya jawab dengan Maya, proses pemesanan layanan vaksin yang cepat dan kenyamanan melakukan layanan vaksin dirumah Sahabat. Untuk Sahabat yang ingin mengajak besties vaksinansi HPV juga bisa? Bisa banget loh, karena lebih murah serta bisa dapat sehatnya dan fun bareng besties.

Kamu yang ingin vaksin hpv bisa kunjungi : https://www.prosehat.com/vaksinasihpv . Ingat Sehat Ingat Prosehat…

Sumber: prosehat.com/artikel/wanitasehat/ngobrol-sehat-part-5-kanker-serviks-bersama-dr-bram-pradipta-spog
depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-kanker.pdf
tanyadok.com/artikel-kesehatan/apa-itu-pap-smear

Produk Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked