Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Asupan Gizi Ibu Hamil Trimester Pertama

Bagaimana dengan asupan gizi ibu hamil di trimester pertama? Apakah ada yang harus diubah?

Mengingat sebentar lagi Anda akan menjadi seorang ibu, tentunya sangatlah penting untuk menjaga kesehatan Anda. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kualitas asupan gizi karena akan menjadi makanan janin di dalam perut Anda. Untuk itu sangatlah penting dalam menjaga makanan Anda, terutama di masa-masa krusial, seperti awal kehamilan Anda. Asupan harian Anda pun harus meliputi beberapa sumber nutrisi berikut ini:

Sayur dan buah-buahan

Sumber makanan yang satu ini sangat penting dalam memenuhi kebutuhan asupan gizi ibu hamil setiap harinya. Anda bisa membeli sayur dan buah dalam keadaan segar atau beku. Buat variasi dari kedua sumber makanan ini dan setidaknya konsumsi 5 porsi setiap hari.

 

Karbohidrat kompleks

Cari karbohidrat kompleks sebagai asupan energi utama karena jenis ini mengandung lebih banyak serat dan dicerna lebih lama sehingga tidak langsung terbuang. Asupan gizi ibu hamil yang satu ini meliputi roti whole-grain, pasta, nasi merah dan umbi-umbian seperti kentang. Makanlah dengan seimbang dan tidak berlebihan.

Sumber makanan kaya protein

Sumber makanan yang satu ini meliputi ikan, daging, telur dan kacang-kacangan. Konsumsi setidaknya 2 porsi ikan setiap minggunya.

Dairy

Sumber makanan ini meliputi susu, keju dan yogurt yang juga kaya akan kalsium.Asupan gizi ibu hamil yang satu ini menyediakan kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan janin dan juga membuat tulang Anda jauh lebih kuat. Untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup, konsumsi susu, yogurt dan keju hingga 3 porsi setiap harinya. Jika Anda alergi produk sapi pilih produk yang bebas laktosa. 1 sajian susu atau yogurt dengan sedikit keju seperti mozzarella atau cheddar, asupan gizi ibu hamil dapat terpenuhi dengan baik tanpa khawatir diabetes gestasional.

 

Apakah saya harus makan lebih banyak dari biasanya ketika mengandung?

Ketika hamil, tubuh Anda menjadi lebih efisien dalam mengolah setiap asupan gizi yang masuk dan mengubahnya menjadi energi yang dibutuhkan oleh Anda serta tumbuh kembang janin Anda. Untuk itu Anda tidak perlu ekstra kalori mulai dari bulan pertama hingga bulan keenam masa kehamilan Anda. Melewati masa 6 bulan kehamilan, barulah Anda diwajibkan untuk menambah 200 kalori (sekitar 3 buah telur dengan berat 150 gram) per hari selama 3 bulan kedepnnya. Dengan begitu calon bayi dan kandungan Anda akan tetap sehat dengan asupan gizi ibu hamil yang tepat konsumsi.

Adakah makanan yang tidak boleh dimakan di masa kehamilan?

  1. Makanan mentah seperti sashimi, telur setengah matang, salad, karedok, hingga lalapan karena ditakutkan makanan ini mengandung banyak bakteri yang dapat mengganggu kesehatan janin dan diri Anda.
  2. Hati ayam atau sapi dimana di dalamnya mengandung banyak retinol yang dapat mengganggu kesehatan janin
  3. Kopi dan teh perlu untuk dikurangi konsumsinya sehingga hanya 200 mg per hari atau sama dengan 2 gelas kopi instan atau 1 gelas kopi giling atau 2 gelas teh.

 

home-apps-mom

 

Sahabat Sehat ingin mendapatkan artikel kesehatan langsung di smartphone Anda? Install Aplikasi ProSehat di Appstore atau Playstore dan dapatkan artikel eksklusif serta HEMAT 50% dengan memasukkan kode promo ‘KADOBUATIBU’ di Dompet ProSehat Sahabat Sehat.

playstore-300x89

appstore-1-300x89

 

Referensi:

http://www.parents.com/pregnancy/week-by-week/5/your-first-trimester-diet/

http://www.babycentre.co.uk/a3561/diet-for-a-healthy-pregnancy

http://www.babycentre.co.uk/a1051123/your-essential-pregnancy-to-do-list-first-trimester

http://www.babycenter.in/a551107/eating-well-0-8-weeks

Chat Asisten ProSehat aja