Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Menu Makanan Sehat Untuk Makanan Sehari-Hari

Mengonsumsi makan-makanan yang sehat tentu saja menjadi sebuah keharusan yang dilakukan agar dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Tak hanya itu saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan, tapi makanan sehat juga dapat membawa dampak yang baik untuk mood Anda setiap harinya. Namun memilih makanan sehat bagi tubuh bukanlah hal yang mudah, apalagi jika Anda belum mengetahui apa yang sebenarnya konsep makanan sehat. Apalagi  jika makanan yang harusnya menjadi pantangan merupakan makanan favorit. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai apa itu makanan sehat serta beberapa menu makanan sehat yang dapat Anda konsumsi sehari hari.

cewek usia 20an, makan sehat

Pengertian Makanan Sehat

Makanan sehat merupakan makanan yang didalamnya mengandung unsur-unsur kebutuhan gizi serta energi bagi tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, zat besi, dan lainnya yang bermanfaat bagi tubuh termasuk makanan sehat.  Lalu, apa pentingnya makanan sehat bagi tubuh? Makanan sehat yang Anda konsumsi dapat membantu menjaga kebugaran tubuh meskipun setelah beraktivitas seharian.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Asam Lambung

Sehingga jika Anda menginginkan tubuh tetap sehat dan fit sepanjang hari, maka penting untuk memasukkan makanan-makanan sehat ke dalam menu sehari hari. Keinginan memulai mengonsumsi makanan sehat memang tidak mudah, Anda bisa memulai dengan membuatkan catatan tentang menu sehat untuk hari-hari kedepannya. Pilihlah makanan apa yang dibutuhkan oleh tubuh serta hindari makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, terutama yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan tubuh.

Menu Makanan Sehat Untuk Makan Pagi, Makan Siang, dan Makan Malam

Bagi Anda yang ingin memulai pola makan sehat, menu-menu makanan sehat di bawah ini bisa Anda terapkan untuk makan pagi, makan siang, dan makan malam Anda sehari-hari.

Menu Sarapan

Menu makan pagi atau sarapan tak perlu dengan makanan-makanan yang berat semisal nasi. Anda bisa melakukan kmbinasi dengan makanan ringan tapi tetap membuat tubuh berenergi sepanjang hari. Beberapa contoh menu sarapan sehat yang dapat Anda coba adalah sebagai berikut:

  • Oatmeal, makanan ini sangat baik dikonsumsi sebagai menu sarapan. Biasanya oatmeal dapat dicampurkan dengan bahan makananlainnya seperti jagung dan kacang polong yang dapat Anda olah menjadi menu sup oatmeal
  • Roti, roti juga bisa Anda masukkan ke dalam daftar menu makanan sehat untuk pagi Anda. Anda bisa mengonsumsi roti dengan selai kacang ataupun roti panggang dengan buah.
  • Keju, tak perlu membeli di supermarket, Anda bisa membuat sendiri keju di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat dan mudah didapatkan. Anda dapat menggunakan ricotta dan tepung panir untuk membuatnya sebagai keju sehat untuk menu sarapan. Keju bisa Anda konsumsi bersama dengan roti maupun bahan makanan lainnya.
  • Pancake, menu sarapan pancake serta dilumuri dengan saus karamel yang rendah gula bisa menjadi menu makanan sehat Anda di pagi hari
  • Susu, ini menjadi hal yang sangat penting dan tak boleh dilewatkan saat pagi hari karena dapat menjadi energi bagi tubuh
  • Telur, susu sapi rendah lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, susu almond, juga dapat menjadi rekomendasi menu sarapan sehat lainnya yang kaya akan protein.

Tips bagi Anda yang ingin menyiapkan menu sarapan sehat dan bergizi, pastikan jika Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat dan protein. Ini akan sangat membantu tubuh tetap segar untuk menjalani aktivitas seharian.

Baca Juga: Benarkah Kebanyakan Makan Garam Menyebabkan Sakit Kepala?

Menu Makan Siang

Saat makan siang, Anda bisa mencoba menu makanan sehat dan bergizi seperti di bawah ini:

  • Nasi merah, sangat baik saat Anda jadikan menu santap di siang hari. Tak hanya karena kandungan gula di dalamnya yang lebih sedikit daripada nasi putih, namun nasi merah juga tidak akan membuat terlalu kenyang sehingga tidak mudah mengantuk
  • Sup, menu sup juga sangat cocok untuk dijadikan menu makan siang Anda yang sehat dan bergizi. Sup bisa membantu mengembalikan energi tubuh setelah lelah beraktivitas seharian. Sup yang dapat Anda nikmati misalnya saja mengkombinasikan beberapa sayuran dan pasta.

Sekedar tips untuk menu makan siang, akan lebih baik untuk mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan serat sehingga dapat mengembalikan energi serta mengandung kalori yang lebih rendah sehingga tidak mudah mengantuk.

Menu Makan Malam

makanan pelancar asi

Saat makan malam, Anda bisa memilih menu-menu di bawah ini:

  • Sereal gandum, perlu Anda ketahui jika gandum sangat baik untuk dijadikan sebagai menu makan malam karena tidak mengandung gula yang bisa menyebabkan peningkatan kadar gula di dalam darah ketiak sedang beristirahat.
  • Susu gandum, selain sereal gandum, Anda juga bisa menyiapkan susu gandum sebagai makan malam yang mudah, cepat dan sehat. Kandungan gizi di dalamnya sama seperti sereal gandum
  • Kentang tumbuk dan brokoli yang sudah dibumbui bawang putih
  • Jus buah bit
  • Makanan berprotein hewani, terutama ikan (50-70gram) yang disajikan dengan tambahan 1 sdm minyak zaitun.
  • Hindari makanan dengan kalori yang tinggi

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Asam Lambung

Jangan Lupakan Buah Dan Sayuran

Jika menu makanan diatas merupakan menu makan utama dalam sehari hari, maka untuk menu camilan bisa Anda gunakan buah-buahan yang pastinya sehat dan bergizi. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan seperti buah strawberry, blackberry, blueberry, ataupun buah plum. Buah-buahan ini dapat Anda konsumsi kapan saja, baik pagi, siang atau malam hari. Konsumsi buah dan sayuran setiap harinya bisa membantu mengurangi resiko kardiovaskular, kanker, dan alergi. Namun, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara sehat mengonsumsi buah seperti di bawah ini:

  • Cuci bersih buah dan sayuran sehingga bebas dari zat kimia sebelum disajikan
  • Hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan asam tinggi seperti ubi, nanas, dan sayuran kol
  • Hindari menyajikan buah impor karena sudah banyak pengawet di dalamnya
  • Hindari buah yang memiliki kemungkinan besar ditambahkan zat-zat kimia di dalamnya seerti pemanis dan pewarna buatan

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja