Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Benarkah Terlalu Banyak Konsumsi Garam Termasuk Penyebab Sakit Kepala?

Rasa asin adalah sebuah keadaan yang dapat dirasakan oleh lidah dan umumnya dihasilkan oleh garam dapur. Penyebab garam dapur memiliki rasa asin adalah karena garam dapur mengandung Natrium klorida (NaCL) yang dihasilkan dari air laut yang juga punya rasa asin. Garam dapur kini menjadi bahan pokok dalam pembuatan makanan di Indonesia. Banyak sekali makanan rumahan yang dicampur dengan garam sebagai penyedapnya contohnya adalah gorengan, nasi goreng dan baso. Makanan yang disebutkan adalah makanan yang menggunakan garam sebagai penyedap rasanya.

Sakit kepala adalah sebuah penyakit yang timbul dibagian kepala dan kecenderungan sakit kepala sangat dianggap remeh karena sakitnya tidak bertahan lama. Namun, sakit kepala yang berkelanjutan sangat berbahaya bagi kesehatan dan mengancam keselamatan. Cara yang biasa dilakukan masyarakat untuk menyembuhkan sakit kepala adalah dengan meminum obat warung yang harganya murah. Penyebab sakit kepala yang sangat populer dimasyarakat yaitu kondisi stres, kafein yang berlebihan, kekurangan cairan dan terlalu banyak memakan garam. Namun, yang akan dibahas lebih dalam kali ini adalah penyebab sakit kepala yang disebabkan karena terlalu banyak asupan natrium.

Banyak yang berpendapat bahwa garam dapat menjadi penetralisir saat kita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, tetapi hal itu tidaklah benar karena fungsi gula dan garam sangatlah berbeda dan tidak ada persamaan fungsi diantara keduanya. Selain itu garam dapur dipercaya oleh masyarakat jaman dahulu khususnya di jawa sebagai salah satu media untuk mengusir dan mencegah ular masuk ke dalam rumah, ular akan merasakan panas bila menyentuh garam. Kejadian serupapun akan terjadi pada manusia yang senang mengkonsumsi garam secara tidak teratur.

Konsumsi makanan yang tinggi kadar garamnya memang sangat tidak baik bagi kesehatan, salah satu penyakit yang timbul dari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin adalah sakit kepala. Berdasarkan beberapa penelitian manusia yang mengkonsumsi garam secara berlebihan akan sering mengalami sakit kepala. Kementerian Kesehatan memberikan anjuran kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan garam maksimalnya hanya 6 gram setiap harinya, karena mengonsumsi makanan yang memiliki tingkat garam secara berlebihan akan menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya seperti darah tinggi dan jantung. Selain itu, ternyata natrium juga tidak hanya ada dalam garam saja, hampir disemua makanan kemasan menggunakan natrium dalam produknya.

Natrium adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dan sangat baik bagi kesehatan jika digunakan sesuai aturan. Apabila Natrium dikonsumsi secara berlebihan akan terjadinya penumpukan dalam aliran darah dan efek sampingnya adalah dapat membuat sempit pembuluh darah dan aliran darah tidak berjalan lancar sehingga mengurangi masuknya oksigen ke bagian otak dan otak tidak dapat berfungsi dengan baik.

Dibalik penyebab sakit kepala yang diakibatkan garam, ternyata garam juga memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya adalah melancarkan metabolisme dalam tubuh, mencegah penyakit bronkitis, pencegah penyakit pernapasan, mencegah kedinginan suhu badan, membersihkan mulut dari kotoran dan menjaga kesehatan pada segi pencernaan. Namun, semua manfaat itu dapat dirasakan dengan mengkonsumsi garam dengan tidak berlebihan, karena hal apapun yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Itulan ulasan lengkap mengenai sakit kepala yang disebabkan oleh asupan garam. Kesimpulan dari semua penjelasan diatas adalah konsumsilah garam secukupnya dan sesuai aturan jangan menggunakan garam secara berlebihan saat membuat makanan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan refensi dalam menjaga kesehatan.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
health.detik.com/berita-detikhealth/d-3330383/sering-sakit-kepala-cobalah-kurangi-konsumsi-garam

Chat Asisten ProSehat aja