Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

9 Brand Makanan Sehat Asli Buatan Indonesia

Sobat sehat selalu stok camilan di rumah? Jika ya, apakah selama ini yang Anda konsumsi merupakan produk kesehatan buatan Indonesia? Brand makanan sehat buatan negara sendiri sebenarnya sudah banyak beredar di pasaran namun belum begitu banyak khalayak yang mengetahui karena mereknya masih kalah populer daripada merek-merek makanan yang tidak menyehatkan. Merek-merek makanan kesehatan ini muncul sebagai reaksi atas gaya hidup masyarakat Indonesia yang semakin lama tidak menyehatkan sehingga memunculkan banyak penyakit kronis terutama di usia-usia produktif. Keadaan ini sungguh mengkhawatirkan. Ketika akhirnya banyak masyarakat Indonesia mulai menyadari pentingnya hidup sehat dan memulai tren tersebut, makanan-makanan ini muncul sebagai penunjang. Tentu saja supaya diminati merek-merek tersebut bermain di harga murah supaya tidak anggapan mau menjadi sehat itu mahal. Lalu merek-merek makanan sehat apa sajakah itu? Yuk, mari simak, Sobat Sehat yang ingin gaya hidup sehat dan juga bangga buatan Indonesia.

Baca Juga: Inilah Jumlah Kalori 7 Menu Makan Siang dan Cara Membakarnya

1. Lemonilo

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar pengonsumsi mi instan di dunia selain Jepang dan Cina. Merek yang terkenal di Indonesia adalah Indomie dan Mie Sedaappp. Namun, ternyata mi instan di Indonesia punya banyak masalah jika dikonsumsi secara berlebihan apalagi jika dikonsumsi bersamaan dengan nasi sehingga menjadi double-carbo. Hal-hal ini sering menimbulkan permasalahan kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan tekanan darah tinggi. Penyebabnya adalah kandungan sodium yang tinggi, lemak jenuh yang tidak sehat hingga indeks glikemik yang tinggi.

Namun tidak halnya jika Sobat mengonsumsi Lemonilo. Mi instan yang satu ini adalah mi yang terbuat dari bahan dasar organik, yakni bayam, tepung mocaf (tapioca), tepung terigu, garam, dan air. Bumbu-bumbu yang digunakan umumnya adalah kaldu ayam alami, saus cabai alami, bubuk cabau, bawang merah, kecap manis serta minyak nabati yang terjamin bebas dari MSG dan 3P (pengawet, perasa, dan pewarna buatan). Mi ini berwarna hijau dan tidak dibuat melalui proses penggorengan, tetapi dengan teknik ovenisasi menggunakan oven sehingga mi menjadi lebih kering, kaku, dan awet, serta rendah lemak sehingga aman dikonsumsi anak-anak, ibu hamil, dan menyusui. Apabila Sobat menginginkan Lemonilo, silakan cek di sini ya!

2. FITmee

Selain Lemonilo, mi instan sehat lain yang bisa Sobat jadikan sebagai makanan penunjang gaya hidup sehat adalah FITmee. Mi instan ini diproduksi oleh PT Fit Indonesia Tama. FitMee hadir dalam dua varian ras, yakni rasa mie soto dan mie goreng Korea. Kalori yang terkandung pada rasa soto hanya 60 kaloro dan mie goreng 150 kalori. Jumlah ini tentu saja lebih rendah daripada mi instan pada umumnya yang mempunyai kalori di kisaran 360-500 kalori per bungkus. Dapat dikatakan bahwa FITmee sangat rendah kalori sehingga aman buat para pecinta mi instan yang doyan olahraga atau sedang menjalani program diet. Apabila Sobat tertarik pada produk ini, silakan cek di sini ya!

3. Tropicana Slim

Sebagai sebuah merek makanan sehat, nama Tropicana Slim tentu sudah tidak asing lagi terutama bagi pecinta makanan manis yang harus membatasi jumlah gula dalam makanan akibat terserang diabetes. Produk asli Indonesia ini diproduksi oleh PT Nutrifood Indonesia, dan produk yang dipasarkan cukup beragam mulai dari pemanis rendah kalori, susu, hingga bahan-bahan untuk memasak. Selain tersedia dalam produk bebas gula, Tropicana Slim juga tersedia dalam produk susu bebas lemak dan pelengkap masakan. Kehadiran Tropicana Slim sendiri tentunya untuk mengurangi jumlah penderita diabetes di Indonesia yang semakin meningkat, dan diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit mematikan di Indonesia selain jantung. Apabila Sobat tertarik pada produk ini, silakan cek di sini ya!

Baca Juga: 5 Tanda Gejala Diabetes atau Kencing Manis

4. Madu TJ

Selain makanan sehat asli buatan Indonesia berbentuk mi instan dan pemanis rendah kalori, juga terdapat yang berbentuk madu. Salah satunya adalah Madu Tresno Joyo atau yang populer dengan nama Madu TJ. Produk madu yang satu ini memang paling populer di Indonesia. Salah satu varian yang paling banyak dibeli oleh konsumen adalah Madu TJ Murni yang diproduksi oleh lebah pagi. Madu ini dipanen pada saat dalam keadaan matang dan fresh. Produk ini mengandung vitamin, mineral, dan enzim lengkap untuk kesehatan tubuh, dan daot menjaga daya tahan tubuh dan memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Apabila Sobat berminat, silakan cek di sini ya!

5. Madurasa

Selain Madu TJ, brand makanan sehat asli buatan Indonesia lainnya yang dalam bentuk madu adalah Madurasa. Merek ini dikenal sebagai pelopor madu dalam kemasan terbaik di Indonesia. Madurasa awalnya tersedia dalam bentuk sachet, dan seiring perkembangan zaman hadir dalam kemasan botol yang ekonomis, dan juga lebih praktis. Salah satu varian Masurasa yang terkenal adalah Madurasa Murni yang merupakan merek madu asli yang bagus dengan perpadian rasa natural dan aroma yang sangat khas. Proses pengemasan Madurasa Murni ini dilakukan tanpa pemanasan apa pun sehingga khasiatnya tetap terjaga. Selain di Indonesia, Madurasa juga tersedia di Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi. Apabila Sobat berminat silakan cek di sini ya!

6. Oatbits

Buat Sobat Sehat yang suka ngemil namun yang sehat dan tetap gurih, Sobat bisa menjadikan Oatbits sebagai camilan. Ini adalah biskuit oat bergizi yang dilengkapi dengan buah asli. Kombinasi antara oat alami dan buah asli menjadikan biskuit ini sangat lezat dan komplet gizinya sehingga tepat untuk dijadikan sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Salah satu varian produk produksi PT Agel Langgeng yang patut Sobat Sehat coba adalah Oatbits 8 Almond yang memiliki kandungan nutrisi  dapat menjaga kesehatan tubuh serta menjaga Sobat tetap berenergi lebih lama. Kandungan kalsium di dalamnya baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu saja, camilan ini juga banyak mengandung Serat, Vitamin E, vitamin B1, B2 dan B6 serta mineral yang memberikan ekstra energi untuk tubuh. Omega 6 di dalamnya juga baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Tips Membuat Cemilan Sehat untuk Anak

7. East Bali Cashews Coconut Banana Granola

Sobat Sehat tentu sudah tidak asing dengan granola sebagai salah satu camilan sehat yang banyak digemari saat ini. Ada banyak sekali merek granola namun untuk yang asli Indonesia adalah East Bali Cashews Coconut Banana Granola. Sereal granola ini berasal dari Bali. Kombinasi khas tropis dari oat, pisang, dan kacang mete yang lezat menjadikan sereal ini sangat pas untuk disantap sebagai sarapan. Terbuat dari bahan-bahan alami dan menyegarkan yang diproduksi oleh petani lokal membuat granola ini begitu spesial. Merek granola yang satu ini juga cocok untuk Sobat vegan, serta bebas kolestrol, tanpa pengawet dan pemanis buatan. Apabila Sobat berminat dengan produk yang satu ini, yuk cek di sini!

8. Fitbar

Camilan sehat dalam bentuk kemasan dan asli buatan Indonesia itu sudah banyak beredar di pasaran. Salah satunya adalah Fitbar. Snack produksi PT Kalbe Farma ini adalah snack sehat yang terbuat dari Oat, Quinoa, dan Whole Great yang merupakan sumber serat yang bisa menjaga kesehatan, saluran cerna, dan kesehatan jantung. Fitbar bebas dari kolestrol, bebas dari lemak trans, dan memilki kandungan kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan snack-snack lainnya. Produk ini mempunyai keunggulan lain yaitu mengandung vitamin A, B12, dan C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Fitbar tersedia dalam tiga varian, yaitu Fitbar Fruits, Chocolate, dan Nuts. Apabila Sobat berminat, silakan cek di sini!

9. Heavenly Blush

Brand makanan sehat asli Indonesia yang terakhir adalah Heavenly Blush. Produk ini berbentuk yoghurt yang merupakan salah satu camilan sehat dan tepat untuk Sobat Sehat yang sedang menjalani gaya hidup sehat dan diet. Selain memproduksi yoghurt dalam bentuk susu, Heavenly Blush juga memproduksi yoghurt dalam bentuk bar. Produk yang diproduksi oleh PT Heavenly Nutrition Indonesia itu mengunggulkan salah satu variannya, yaitu Heavenly Blush Greek Yoghurt yang di dalamnya mengandung yoghurt Yunani yang sangat terkenal karena kelezatannya dan kandungan protein yang tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai pengganjal lapar karena memiliki efek yang sangat mengenyangkan. Apabila Sobat berminat dengan produk kesehatan yang satu ini, yuk silakan cek di sini!

Baca Juga: 8 Makanan Rendah Lemak untuk Diet yang Enak dan Mengenyangkan

Itulah 9 merek makanan sehat asli buatan Indonesia, yang tentu saja tidak kalah dari merek makanan sehat dari luar negeri yang sudah berseliweran di pasar-pasar Indonesia. Adanya merek-merek lokal ini tentu saja membuat kita harus bangga buatan Indonesia, sehingga nantinya tidak ada ketergantungan terhadap produk-produk kesehatan dari luar. Apabila Sobat berminat untuk membeli produk-produk di atas, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Ramdhani G. Makan Mie Instan Setiap Hari Tetap Bisa Sehat? Kok bisa? [Internet]. liputan6.com. 2020 [cited 14 August 2020]. Available from: https://hot.liputan6.com/read/4279112/makan-mie-instan-setiap-hari-tetap-bisa-sehat-kok-bisa
  2. Resmi Diluncurkan, FITMee Gandeng Tokopedia – Tribunnews.com [Internet]. Tribunnews.com. 2020 [cited 14 August 2020]. Available from: https://www.tribunnews.com/bisnis/2018/05/09/resmi-diluncurkan-fitmee-gandeng-tokopedia
  3. Tropicana Slim [Internet]. Id.wikipedia.org. 2020 [cited 14 August 2020]. Available from: https://id.wikipedia.org/wiki/Tropicana_Slim
  4. 10 Merk Madu Asli yang Enak dan Bergizi Tinggi [Internet]. Bacaterus. 2020 [cited 14 August 2020]. Available from: https://bacaterus.com/merk-madu-asli-yang-bagus/
  5. Daftar 10 Merk Granola yang Enak di Indonesia 2020 | ProductNation [Internet]. Indonesia. 2020 [cited 14 August 2020]. Available from: https://productnation.co/id/kuliner/makanan/15334/merk-granola-enak-indonesia/#:~:text=Sereal%20granola%20ini%20merupakan%20produk,pas%20unt
  6. Oatbits (ID) | Agel Langgeng [Internet]. Agellanggeng.com. 2020 [cited 14 August 2020]. Available from: http://agellanggeng.com/pop-up/oatbits-id/
  7. Oatbits Oat 8 Almond, Camilan Sehat Kaya Nutrisi [Internet]. fimela.com. 2020 [cited 14 August 2020]. Available from: https://www.fimela.com/beauty-health/read/3739144/oatbits-oat-8-almond-camilan-sehat-kaya-nutrisi
  8. Santoso W. Heavenly Blush Bawa Yogurt Yunani ke Indonesia [Internet]. SINDOnews.com. 2020 [cited 14 August 2020]. Available from: https://ekbis.sindonews.com/berita/1287070/34/heavenly-blush-bawa-yogurt-yunani-ke-indonesia#:~:text=Yogurt%20Yunani%20(Greek%20yogurt)%20sangat,kaya%20manfaa
  9. Bella A. Bisnis F&B Kian Sehat Berkat Tren Gaya Hidup Sehat [Internet]. Marketeers – Majalah Bisnis & Marketing Online – Marketeers.com. 2020 [cited 14 August 2020]. Available from: https://marketeers.com/bisnis-fb-kian-sehat-berkat-tren-gaya-hidup-sehat/

Chat Asisten ProSehat aja