Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

4 Jenis Pemanis Buatan untuk Penderita Diabetes

Terkadang para dabetesi memiliki angan-angan untuk merasakan makan makanan manis. Namun apa daya apabila penderita diabetes tidak dapat mengkonsumsi gula dalam jumlah banyak. Namun, ada pula jenis pemanis buatan untuk penderita diabetes. Meskipun demikian, penggunaan pemanis buatan yang berlebihan juga tidaklah baik bagi kesehatan. Berikut kami berikan informasi 4 jenis pemanis buatan untuk penderita diabetes. Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

  1. Sakarin

Sakarin merupakan pemanis tanpa kalori yang tiga ratus kali lebih manis daripada gula biasa. Bahan ini telah digunakan sebagai pemanis tanpa kalori pada makanan dan minuman selama lebih dari seratus tahun. Sakarin harus dihindari oleh penggunannya apabila sedang hamil dan menyusui.

Baca Juga: 4 Fakta dan Mitos Seputar Diabetes

  1. Aspartam

Aspartam merupakan pemanis buatan yang tersusun dari dua macam asam amino (asam aspartat dan fenilalanin). Aspartam dapat berkurang kemanisannya jika berada pada suhu tinggi. Jika terdapat fenilketonuria, sebaiknya menghindari pemanis buatan yang satu ini.

  1. Acesulfame Potassium

Pemanis buatan ini berhasil ditemukan pada tahun 1967 di Jerman. Bahan ini juga dapat anda gunakan untuk memasak.

Produk Terkait: Herbal Diabetes Lengkap dan Terjangkau

  1. Sukralosa

Sukralosa merupakan pemanis yang sekitar enam ratus kali lebih manis dari sukrosa (gula biasa), dua kali manisnya sakarin, dan tiga kali manisnya aspartam. Pemanis ini stabil pada suhu panas dan juga pada berbagai kondisi pH yang berbeda. Makanan yang sudah diproses biasanya mengandung pemanis ini.

Pemanis buatan yang dituliskan diatas telah diguanakan secara umum. American Diabetes Association juga merekomendasikan para diabetesi menggunakannya, namun dengan jumlah yang sesuai.

Baca Juga: Apakah Ejakulasi Adalah Tanda Diabetes?

Demikian artikel mengenai “4 Jenis Pemanis Buatan untuk Penderita Diabetes“. Diabetes juga bisa ngerasain manis lho!. Nantikan artikel lain kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya, dan untuk mendapatkan daily tips sehat, konsultasi dokter gratis di smartphone anda, silahkan download aplikasi kesehatan ProSehat di Playstore dan AppStore .

Sumber :

  1. Cold F, Health E, Disease H, Management P, Conditions S, Problems S et al. Artificial Sweeteners and Diabetes [Internet]. WebMD. 2016 [cited 22 October 2016]. Available from: http://www.webmd.com/diabetes/artificial-sweeteners-diabetes-patients#1

WhatsApp Asisten Maya saja