Telp / WhatsApp : 0811-15-12-800

Tips Membuat Cemilan Sehat untuk Anak

Cemilan adalah salah satu jenis makanan yang sering dikonsumsi ketika waktu senggang ataupun ketika kita bersantai bersama orang tersayang. Cemilan sendiri lebih dikenal dengan makanan ringan dan tentu saja karena berbagai kandungan yang ada di dalam cemilan tidak sebanyak yang terkandung pada makanan utama. Selain dikonsumsi ketika bersantai, cemilan sering kali dikonsumsi ketika kita lapar tapi tidak ingin mengonsumsi makanan berat – dengan kata lain cemilan juga bisa memenuhi kebutuhan makan kita.

Satu hal yang perlu kita ingat ketika mengonsumsi cemilan adalah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Kenapa begitu? Tentu saja karena cemilan dapat menyebabkan obesitas seperti layaknya kita terlalu sering mengonsumsi makanan utama dalam sehari. Meskipun kandungan yang ada di dalam cemilan tidak sebanyak apa yang tergantung pada makanan utama, apabila kita mengemil dengan intensitas yang sering maka kalori yang kita dapatkan pada makanan pun sama. Jadi, mengonsumsi cemilan bukan solusi yang tepat untuk menguruskan badan terlebih bagi kita yang sedang menjalani program diet.

Meskipun kita melakukan program diet, kita tidak boleh lupa untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh. Kenapa begitu? Tentu saja karena ketika berbagai kebutuhan zat tidak terpenuhi maka akan menimbulkan dampak tertentu pada tubuh kita, seperti tubuh yang lemas ataupun kelelahan meskipun banyaknya aktivitas sama seperti dengan orang lain. Lalu siapa saja yang bisa mengonsumsi cemilan? Tentu saja semua orang bisa mengonsumsi cemilan mulai dari anak kita yang masih berada pada tahap kanak-kanak hingga orang tua yang sudah memasuki usia lanjut.

Lalu, bagaimana cara menyiapkan cemilan yang tepat untuk anak? Yup, pertanyaan yang satu ini merupakan pertanyaan yang sering diajukan mengingat kita juga perlu memberikan cemilan untuk anak. Sebaiknya kita juga memberikan cemilan buatan rumah alias buatan sendiri pada anak agar kebersihan makanan yang dikonsumsi anak lebih terjamin. Selain itu, kita juga harus menghitung alias memberikan cemilan dalam jumlah sewajarnya untuk menghindarkan anak dari obesitas. Namun, adakah hal lain yang perlu kita perhatikan ketika memberi cemilan pada anak?

Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa lakukan untuk membuat cemilan atau cemilan sehat untuk anak:

1. Padukan sayuran dengan kacang-kacangan

Siapa bilang yang membutuhkan makanan sehat hanyalah orang dewasa? Memulai hidup sehat sudah harus dimulai sejak dini, dan kita bisa menerapkannya melalui cemilan anak. Pastilah untuk awalnya anak tidak akan menyukai ide kita untuk memakan sayuran sebagai cara untuk memenuhi rasa laparnya, tapi lama kelamaan anak juga akan paham jika sayuran dan kacang-kacangan jauh lebih sehat daripada mereka mengonsumsi permen ataupun cokelat sebagai cemilannya. Jika mengalami kesusahan untuk membuat anak paham mengenai pentingnya sayuran, kita bisa memotong sayuran dalam bentuk kecil-kecil ataupun bentuk tertentu sehingga anak tertarik untuk mencobanya.

2. Melibatkan anak dalam pembuatan cemilan

Pastilah bukan suatu hal baru jika anak banyak protes terhadap berbagai cemilan yang kita buat. Lalu cara apa yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang satu ini? Yup, jawabannya adalah dengan melibatkan mereka dalam proses pembuatan cemilan itu sendiri; seperti menanyakan ide mereka hingga memutuskan bahan apa saja yang akan kita gunakan untuk membuat cemilan. Ketika kita melibatkan anak dalam hal ini, kita bisa menjelaskan pada anak lebih lanjut mengenai pentingnya untuk mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari sehingga anak bisa memilih buah dan sayuran mana yang menjadi kesukaannya.

3. Membuat berbagai warna

Anak bukan saja hanya tertarik pada berbagai bentuk cemilannya, tapi warna yang cerah dan berbagai macam warna makanan juga akan menarik perhatiannya untuk mengonsumsi cemilannya. Bila kita ingin membuat makananan anak lebih bewarna, kita bisa memadukan beberapa buah dan sayuran seperti alpukat, nanas, berries, paprika merah ataupun kuning, mangga, dan lain-lain. Anak juga sebaiknya diperbolehkan untuk memilih jenis makanan apa yang ingin mereka makan hari itu supaya mereka lebih bersemangat ketika menghabiskan cemilannya.

4. Menambahkan pemanis

Pemanis? Bukankah pemanis merupakan salah satu makanan yang harusnya dihindari untuk dikonsumsi anak karena dapat menyebabkan obesitas sewaktu-waktu? Tentu saja pemanis yang dimaksud di sini adalah pemanis yang kita buat sendiri, contohnya saja kita bisa membuat pudding ataupun berbagai jenis jus. Selain itu, kita juga bisa memberikan yogurt ataupun rendah lemak pada anak sesuai dengan rasa kesukaan mereka ataupun menyajikan buah-buahan utuh – ketika anak sudah terbiasa mengonsumsi buah ataupun sayuran. Bahkan kita juga bisa memberikan anak popcorn, cokelat, ataupun es krim sebagai reward mereka setelah menghabiskan cemilannya dan pastinya akan lebih baik lagi jika kita berbagai reward ini kita buat sendiri alias home made.

5. Melibatkan sumber karbohidrat yang menyehatkan

Hal yang satu ini tentu saja tidak boleh terlupakan, mengingat tujuan dari mengonsumsi cemilan adalah untuk memenuhi rasa lapar dan karbohidrat merupakan zat yang harus dipenuhi supaya kita tidak merasa lapar lagi. Daripada mengonsumsi keripik kentang ataupun jenis makanan lainnya yang tidak terjamin kebersihanya, kita bisa mengajak anak untuk memilih sumber karbohidrat sehat manakah yang ingin mereka makan pada hari itu. Memangnya apa saja yang termasuk sumber karbohidrat menyehatkan? Tentu saja banyak! Contohnya saja antara lain adalah serelal, crackers, spageti, bahkan menariknya lagi kita bisa membuat pizza sehat kreatif kita sendiri.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan ketika membuat cemilan sehat untuk anak. Hal yang tidak sulit untuk dilakukan bukan? Menerapkan pola hidup sehat pad aanak sangatlah penting agar kesehatan anak terjaga setiap waktu dan pastinya mencegah datangnya berbagai penyakit pada anak. So, kapan kalian akan membuat cemilan sehat bersama anak?

instal aplikasi prosehat

Referensi:
huffingtonpost.com/maria-benardis/5-tips-to-preparing-healthy-snack-choices-for-kids_b_8961302.html
mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/childrens-health/art-20044350
superhealthykids.com/5-healthy-snacking-tips-for-kids/

Chat Asisten ProSehat aja