Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Daftar Makanan Rendah Kalori yang Bantu Turunkan BB

Berbagai jenis makanan akan melalui jalur metabolisme yang berbeda-beda di dalam tubuh. Makanan ini memiliki efek yang berbeda-beda pada tingkat kelaparan, hormon, dan jumlah kalori yang dibakar. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, pastinya sering memilih-milih jenis makanan apa yang sebaiknya dimakan. Nah, berikut ini adalah 10 daftar makanan rendah kalori yang dapat membantu menurunkan berat badan,

Telur

Apabila seseorang khawatir dengan tingginya kolesterol di dalam tubuh, telur dapat menjadi pilihannya. Studi baru menunjukkan bahwa telur dapat membantu mempengaruhi kolesterol darah dan serangan jantung. Telur juga  merupakan salah satu makanan terbaik apabila Anda ingin menurunkan berat badan, karena kaya akan protein, lemak baik, yang akan membantu Anda merasa kenyang dengan kalori yang sedikit.

Suatu studi menunjukkan bahwa 30 wanita yang mengalami obesitas, setelah mengonsumsi telur untuk sarapan, akan mengalami peningkatan rasa kenyang dan membuat si konsumen lebih sedikit makan pada 36 jam ke depan. Telur juga kaya akan nutrisi yang membantu mendapatkan nutrien yang dibutuhkan pada diet rendah kalori. Menariknya, hampir seluruh nutrisi dapat ditemui pada kuning telur.

Baca Juga: 6 Makanan Pembentuk Otot

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kale, bayam, dan sayuran hijau lain mampu menjadi diet penurun berat badan, sebab rendah kalori dan karbohidrat, serta kaya akan serat. Konsumsi sayuran hijau merupakan cara terbaik untuk meningkatkan volume makanan tanpa meningkatkan kalori. Beberapa studi menunjukkan bahwa makanan dan diet dengan densitas energi yang rendah akan membuat orang-orang mengonsumsi lebih sedikit kalori. Sayuran hijau juga sangat kaya akan nutrisi dan vitamin, antioksidan, mineral, mencakup kalsium yang membantu pembakaran lemak. Konsumsi sayuran hijau akan membuat Anda merasa kenyang.

Ikan Salmon

Ikan berlemak seperti salmon sangatlah sehat dan memuaskan, membuat Anda merasa kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang sedikit. Salmon kaya akan protein dengan kualitas tinggi, lemak baik, dan berbagai nutrisi yang penting. Ikan dan makanan laut juga menyediakan jumlah iodin yang signifikan. Nutrisi yang dibutuhkan dalam fungsi tiroid berperan penting dalam menjaga metabolisme agar berfungsi secara optimal. Studi menunjukkan bahwa sejumlah orang tidak tercukupi kebutuhan iodinnya. Salmon kaya akan asam lemak omega 3, yang membantu mengurangi inflamasi, yang dikenal berperan penting dalam obesitas dan penyakit metabolik. Contoh lain dari ikan berlemak adalah mackerel, sarden, dan jenis asam lemak lainnya.

Buah Alpukat

Alpukat adalah buah yang unik. Umumnya kebanyakan buah kaya akan karbohidrat, sedangkan alpukat dipenuhi oleh lemak baik. Umumnya, alpukat mengandung asam oleat monounsaturated, seperti lemak yang ditemukan pada minyak zaitun. Gantilah cemilan manis Anda dengan Alpukat yang lebih sehat dan bergizi.

Baca Juga: 5 Makanan Penambah Stamina Pria

Cuka Apel

Cuka apel sangat terkenal pada komunitas kesehatan. Umumnya, cuka apel digunakan untuk sebagai bumbu yaitu dressing atau rokok, bahkan beberapa orang mencampurnya dengan air dan meminumnya. Cuka apel diketahui dapat menurunkan berat badan. Konsumsi cuka apel bersamaan dengan makanan kaya karbohidrat akan menyebabkan timbulnya rasa kenyang dan membuat seseorang mengonsumsi 200 – 275 kalori yang lebih rendah.

Pada studi yang dilakukan selama 12 minggu pada individu yang mengalami obesitas, sekitar 15 – 30 ml cuka per hari menyebabkan penurunan berat badan sebanyak 2.6 – 3.7 pon atau 1.2 – 1.7 kilogram. Cuka apel juga dapat menurunkan gula darah yang akan bermanfaat untuk berbagai efek kesehatan yang menguntungkan pada jangka panjang. Bahkan, menambahkan cuka apel ke dalam salad sayuran akan membantu mengekang nafsu makan, yang seringkali mengarah pada penurunan berat badan.

Kacang-kacangan

Meskipun kacang memiliki kandungan asam lemak yang cukup tinggi, kacang tidak akan menggemukkan seseorang. Kacang merupakan cemilan yang baik karena mengandung sejumlah nutrisi yang seimbang, mencakup protein, kolesterol baik, dan serat. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan dapat meningkatkan kesehatan metabolik dan membantu penurunan berat badan. Seseorang yang mengonsumsi kacang-kacangan cenderung lebih sehat dan kurus.

Buah-buahan

Banyak ahli kesehatan menyetujui bahwa buah-buahan sehat bagi tubuh. Berbagai studi populasi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak buah (dan sayur) cenderung lebih sehat dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi. Korelasi ini tidak sama dengan penyebab, oleh karena itu studi tidak membuktikan apa pun. Akan tetapi, buah memiliki karakteristik yang akan membantu penurunan berat badan. Meskipun, buah mengandung gula alami, buah mengandung densitas energi yang rendah dan membutuhkan waktu untuk dapat mengunyah buah. Kandungan serat buah akan membantu mencegah gula dilepaskan dengan cepat ke dalam pembuluh darah.

Baca Juga: 10 Panduan Makanan Sehat Untuk Bayi

Cabe Merah

Konsumsi cabe akan sangat membantu dalam penurunan berat badan. Cabe mengandung capsaicin, substansi yang berguna untuk menurunkan nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak. Capsaicin juga dijual dalam bentuk suplemen untuk membantu penurunan berat badan. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 gram cabe merah akan menurunkan nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi rutin cabe merah.

Sup sayur

Makanan dan diet dengan densitas energi yang rendah cenderung akan membuat seseorang memiliki kalori yang lebih sedikit. Kebanyakan makanan dengan densitas energi rendah adalah yang banyak mengandung air, seperti sayuran dan buah-buahan. Namun, Anda juga dapat menambahkan air ke dalam sup.

Ikan Tuna

Tuna adalah makanan tinggi protein yang rendah kalori. Tuna tergolong ke dalam ikan yang kurus, yang berarti rendah lemak. Tuna sangat terkenal sebagai pembentuk tubuh dan bagi seorang model fitness yang akan membantu meningkatkan asupan protein sembari menjaga kalori total dan rendah lemak di dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Asupan Sehat Penurun Berat Badan

Makanan utama yang berguna untuk menurunkan berat badan adalah ikan, daging rendah lemak, sayuran, buah, kacang, biji-bijian. Adapun beberapa makanan yang telah diolah, seperti probiotik yoghurt, minyak zaitun, dan oatmeal juga merupakan pilihan terbaik. Selain itu, konsumsi makanan rendah kalori perlu didukung dengan olahraga rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

instal aplikasi prosehat

Daftar Pustaka:

Gunnars K. the 20 Most weight-loss friendly foods on the planet. 2018. [Internet]. Available at: healthline.com/nutrition/20-most-weight-loss-friendly-foods (10.12.18)

WhatsApp Asisten Maya saja