Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

8 Asupan Sehat Penurun Berat Badan

Sobat sedang berjuang menurunkan berat badan dengan melakukan diet? Sah-sah saja, kok, selama Anda melakukan diet sehat. Mayoritas makanan yang dimasukkan dalam menu diet memiliki beberapa kesamaan: kaya serat (yang membantu Sobat merasa lebih kenyang-lebih lama) dan rendah kalori.

Meskipun tak ada makanan yang secara ajaib langsung menurunkan berat badan dalam tempo 24 jam, namun ada makanan tertentu yang bisa membantu untuk mencapai sasaran berat badan yang diinginkan.

Nah, berikut ini 8 makanan sehat penurun berat badan yang bisa kamu coba:

1. Telur Utuh

Kuning telur sering dimusuhi pelaku diet karena kolesterol yang tinggi. Ternyata studi baru menunjukkan bahwa telur yang dimakan utuh (termasuk kuning telur) tidak memengaruhi kolesterol darah atau menyebabkan serangan jantung.

Telur merupakan salah satu makanan terbaik jika kamu perlu menurunkan berat badan. Sebab, telur mengandung protein tinggi dan lemak sehat yang dapat membuat Sobat merasa kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang sangat rendah.

Suatu penelitian pernah dilakukan terhadap 30 wanita yang kelebihan berat badan. Mereka makan telur sebagai menu sarapan, bukannya karbohidrat olahan seperti bagel (roti bundar yang menyerupai donat). Ternyata, telur membuat perut terasa kenyang lebih lama dan membuat peserta penelitian makan lebih sedikit untuk 36 jam berikutnya. Setelah 8 minggu sarapan dengan telur, berat badan mereka turun lebih banyak dibandingkan saat sarapan dengan bagel.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, selada, brokoli, sangat bagus untuk dimasukkan dalam diet penurunan berat badan. Bukan hanya karena rendah kalori dan karbohidrat, tetapi juga tinggi serat yang membantu Sobat merasa kenyang lebih lama.

Sayuran hijau juga sangat bergizi dan kaya akan vitamin, antioksidan dan mineral, termasuk kalsium, dimana bisa membantu pembakaran lemak tubuh yang telah terbukti dalam beberapa penelitian.

3. Alpukat

Buah satu ini wajib Sobat masukkan dalam menu diet. Alpukat sangat padat nutrisi. Orang sering menghindari alpukat saat diet karena mengganggapnya tinggi lemak. Benar sih, tapi itu adalah lemak sehat. Alpukat mengandung sekitar 71 persen asam lemak tak jenuh tunggal, yang bisa membantu mengurangi lemak di perut. Coba, deh! Kamu bisa menyajikan alpukat sebagai pendamping salad sayuran, atau membuat jus alpukat (tanpa gula).

4. Daging Sapi Tanpa Lemak dan Dada Ayam

Daging adalah makanan yang kaya protein. Untuk menurunkan berat badan, pilihlah daging yang termasuk lean meat (tanpa lemak) seperti dada ayam, atau daging sapi gandik (eye of round) yang merupakan jenis steak sapi yang paling rendah kandungan lemaknya.

Mengonsumsi makanan berprotein tinggi dapat membakar 80 hingga 100 kalori lebih banyak per hari. Menurut penelitian, meningkatkan asupan protein hingga 25 persen dari kalori harian dapat mengurangi hasrat makan hingga 60 persen, dan menyebabkan penurunan berat badan 0,45 kg per minggu. Lumayan, kan?

5. Ubi Jalar

Selain kaya akan serat, ubi jalar mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh, sehingga membantu untuk mengusir rasa lapar.

Ubi jalar juga mengandung kalori yang lebih rendah daripada kentang. Seratus gram ubi jalar mengandung sekitar 86 kalori, sementara 100 gram kentang kupas mengandung 110 kalori.

Kandungan air yang tinggi dalam ubi jalar membantu rehidrasi sel-sel tubuh dan memperlancar metabolisme. Sehingga tubuh bisa terhindar dari penumpukan lemak, menyeimbangkan pH internal, dan mengeluarkan toksin. Terlebih lagi, air dan serat dari ubi jalar akan membuat Sobat kenyang untuk waktu yang lama.

Tak salah jika ubi jalar direkomendasikan sebagai makanan untuk menurunkan berat badan. Perhatikan pula cara mengolah dan mengonsumsinya. Ubi jalar rebus lebih baik daripada ubi panggang.

6. Salmon

Salmon penuh dengan protein berkualitas tinggi, kaya akan asam lemak omega-3 dan berbagai nutrisi penting. Menjadikannya pilihan yang baik untuk diet penurunan berat badan yang sehat.

Minyak ikan yang didapatkan dari mengonsumsi salmon dapat membantu penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian, seorang peserta dengan kelebihan berat badan mengonsumsi suplemen minyak ikan dalam empat minggu. Hasilnya, ia kehilangan hampir 1 kg lebih banyak dibandingkan peserta yang tidak mengonsumsi minyak ikan.

Kita tahu, salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga. Namun, International Journal of Obesity edisi Oktober 2017 menyebutkan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 yang dibarengi dengan olahraga bisa menurunkan berat badan lebih banyak daripada hanya berolahraga saja. Nah, tunggu apalagi, masukkan salmon dalam menu diet sehatmu!

7. Cuka Sari Apel

Tak hanya buah apel, cuka sari apel juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Menambahkan cuka sari apel ke dalam salad sayuran dapat membantu untuk mengekang nafsu makan, sehingga berpotensi menyebabkan penurunan berat badan yang lebih besar. Sebagian orang bahkan menambahkan cuka sari apel ke dalam air hangat lalu meminumnya.

Jika Sobat mengonsumsi cuka sari apel sebelum atau bersamaan dengan makan makanan berkabohidrat tinggi, akan meningkatkan perasaan kenyang dan membuat orang makan 200-275 kalori lebih sedikit dari yang seharusnya.

Sebuah studi yang pernah dilakukan selama 12 minggu terhadap penderita obesitas yang meneguk 15 atau 30 ml cuka per hari menyebabkan penurunan berat badan sebanyak 1,2 – 1,7 kilogram. Tak hanya itu, cuka sari apel juga telah terbukti mengurangi lonjakan gula darah setelah makan, yang mungkin memiliki berbagai efek kesehatan yang menguntungkan dalam jangka panjang.

8. Cokelat Hitam (Dark Chocolate)

Cokelat murni alias tanpa gula, susu atau pemanis seperti cokelat hitam (dark chocolate), ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Dalam bukunya yang bertajuk “Eat Chocolate, Lose Weight”, seorang neuroscientist bernama Will Clower, Ph.D. mengungkapkan ‘ajaib’nya efek dari cokelat hitam ini.

Ia menyebutkan makan cokelat hitam 20 menit sebelum dan 5 menit setelah makan siang dan makan malam bisa membuat nafsu makan kita berkurang hingga 50 persen, loh!

Ini juga terbukti dengan penelitian lain yang melaporkan bahwa orang-orang yang makan satu kotak kecil cokelat hitam setiap hari merasa hasrat untuk mengemil makanan penutup menjadi berkurang. Cokelat hitam mengandung senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan. Dengan makan sejumlah cokelat hitam secara rutin, dapat menurunkan kolesterol, mengurangi ukuran pinggang dan membuat Sobat tidur lebih nyenyak.

Jadi, perbanyaklah persediaan cokelat berkualitas seperti cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi daripada kue-kue manis di dapur rumah Anda.

Demikianlah 8 makanan sehat penurun berat badan yang bisa Sobat masukkan dalam menu harian. Lalu, agar program penurunan berat badan berlangsung sukses, kurangi gula tambahan, biji-bijian olahan, makanan siap saji dan makanan olahan pabrik.

Untuk mencari informasi mengenai makanan sehat penurun berat badan, kini tak repot lagi! Sobat tinggal mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat untuk mendapatkan segala informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Info lebih lanjut bisa menghubungi Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp: 0811-18-16-800 sekarang juga!

instal aplikasi prosehat

Referensi:
1. Here’s How You Can Eat Chocolate and Lose Weight [Internet]. FIT. 2018 [cited 3 September 2018]. Available from: fit.thequint.com/lose-it/chocolates-and-weight-loss-health-benefits
2. Does Eating Salmon Help You Lose Weight? [Internet]. LIVESTRONG.COM. 2018 [cited 3 September 2018]. Available from: livestrong.com/article/220260-does-eating-salmon-help-you-lose-weight/
3. Biswas C, Biswas C. Sweet Potato Diet-5 Amazing Reasons Sweet Potatoes Help In Weight Loss [Internet]. STYLECRAZE. 2018 [cited 3 September 2018]. Available from: stylecraze.com/articles/amazing-reasons-how-sweet-potatoes-help-in-weight-loss/
4. O’Connor A. The Key to Weight Loss Is Diet Quality, Not Quantity, a New Study Finds [Internet]. Nytimes.com. 2018 [cited 3 September 2018]. Available from: nytimes.com/2018/02/20/well/eat/counting-calories-weight-loss-diet-dieting-low-carb-low-fat.html
5. The 20 Most Weight-Loss-Friendly Foods on The Planet [Internet]. Healthline. 2018 [cited 3 September 2018]. Available from: healthline.com/nutrition/20-most-weight-loss-friendly-foods
6. Shy L. Avocados [Internet]. POPSUGAR Fitness. 2018 [cited 3 September 2018]. Available from: popsugar.com/fitness/photo-gallery/34923540/image/34923579/Avocados hsph.harvard.edu/nutritionsource/healthy-weight/best-diet-quality-counts/

WhatsApp Asisten Maya saja