Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Hati-hati! 10 Daftar Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh Tinggi

Lemak menjadi salah satu asupan nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun, perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis lemak yang baik dan tidak baik bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya saja seperti lemak jenuh, jenis lemak ini sangat disarankan dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Jika berlebihan dalam mengonsumsi jenis lemak tak jenuh, bisa meningkatkan beberapa resiko penyakit seperti penyakit jantung, kolestrol tinggi, tekanan darah tinggi, dan lainnya. Sehingga, Anda perlu mengetahui beberapa jenis makanan yang memiliki kadar lemak jenuh tinggi, sehingga Anda dapat menghindarinya. Lalu apa saja makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi? berikut ini 10 daftar makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Daging Babi

Daging babi masuk ke dalam salah satu jenis daging dengan kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Setiap 100gr daging babi setidaknya terdapat 15,8 gr lemak jenuh. Angka tersebut merupakan jumlah lemak jenuh yang ada didalam daging babi saat belum diolah. Lalu bagaimana jika daging babi tersebut sudah dimasak? Tentu saja kandungan lemaknya dapat meningkat. Kadar lemak yang tinggi ini juga dapat ditemukan dari minyak babi yang berasal dari daging babi. Sehingga berhati hatilah ketika akan mengonsumsi daging babi.

Baca Juga: 8 Trik Mencegah Obesitas Zaman Now

Daging Sapi

Selain daging babi, daging sapi juga termasuk ke salah satu jenis daging merah dengan kandungan lemak jenuh yang cukup banyak. Umumnya daging sapi ini dapat diolah ke dalam berbagai bentuk makanan seperti steak, bakso, dan berbagai jenis olahan lainnya. bagian daging yang berwarna putih yang ada pada serat daging ini lah yang merupakan lemak jenuh. Perlu Anda ketahui jika lemak jenuh sama sekali tak dapat dimasak hingga matang. Hal ini karena sangat sulit dipecah oleh panas. Meskipun daging sapi dibutuhkan tubuh untuk dapat mencukup kebutuhan nutrisi harian, namun Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah yang terbatas.

Paha Ayam

Jika memilih mana bagian daging ayam yang mengandung lemak jenuh yang tinggi, maka jawabannya adalah bagian paha ayam.sekitar 300gr daging paha ayam beserta kulitnya setidaknya mengandung 6,9gr lemak jenuh. Sedangkan yang disarankan untuk dikonsumsi hanya 1,6gr saja. Jika Anda ingin mengonsumsi daging ayam, maka hindari bagian paha ayam yang kandungan lemak jenuhnya tinggi, apalagi jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Makanan Berminyak Dan Gorengan

Ada banyak makanan dengan kandungan minyak dan lemak yang tinggi, tapi tidak disadari oleh Anda. Misalnya saja seperti makanan berminyak dan gorengan, ada banyak lemak jenuh yang terkandung di dalamnya karena dalam proses pembuatannya menggunakan bahan-bahan seperti minyak sayur, mentega, krim, ataupun mayones. Bila menambahkan minyak ataupun lemak tersebut, maka makanan yang sebelumnya bergizi dan sehat dapat berubah menajdi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Baca Juga: Hipertensi? Stop Konsumsi 7 Asupan Berikut

Krim Susu

Jika Anda sering menggunakan krim susu dalam pembuatan salad, kue, ataupun jenis makanan lainnya, maka saat ini mulailah untuk menguranginya. Proses pembuatan krim ini biasanya sering menggunakan sebagian lemak yang ada dalam susu. Biasanya krim susu yang digunakan dalam pembuatan kue dapat menambah berat badan Anda. Jika krim susu tersebut terbuat dari jenis susu yang rendah lemak, mungkin masih dapat dikonsumsi.

Mentega

Perlu Anda ketahui jika mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung mentega ataupun mentega murni dapat menyebabkan kadar kolestrol dalam tubuh meningkat. Di dalam mentega terdapat kandungan jenis lemak jenuh yang cukup berbahaya jka dikonsumsi secara berlebihan. biasanya mentega sering digunakan untuk membuat kue, memasak, ataupun memanggang makanan. Efek lemak jenuh yang ada di dalam mentega memang tidak akan menyebabkan efek buruk secara langsung. Namun, ini akan dirasakan dalam jangka waktu yang lama seperti resiko stroke, obesitas, penyakit kanker, dan serangan jantung.

Ikan Sarden

Ikan sarden biasanya diolah ke dalam bentuk kalengan dan banyak dijual dipasaran.  Banyak orang yang menyukai makanan kalengan instan ini karena dirasa sangat praktis. Namun, siapa sangka jika makanan ini mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. setiap 100gr ikan sarden mengandung setidaknya 29.9gr lemak jenuh. Ikan sarden memang dikenal sebagai jenis ikan yang memiliki banyak kandungan minyak.

Saat dimasak, kandungan minyak dan lemak dalam ikan sarden keluar yang mana membuat cita rasanya semakin lezat. Meskipun begitu, Anda tidak dilarang untuk mengonsumsi ikan sarden karena memang sumber nutrisinya yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan asam lemak omega-3 nya inilah yang bermanfaat bagi otak dan sistem kekebalan tubuh. Hanya saja perlu batasi konsumsi ikan sarden Anda agar jangan sampai malah membahayakan kesehatan Anda.

Es Krim

Siapa yang tidak menyukai es krim? Rasanya hampir setiap orang menyukai dessert yang satu ini. Namun ternyata di dalam es krim mengandung lemak jenuh yang sanga tinggi. Kandungan lemak jenuhnya ini berasal dari susu, vanilla, coklat, dan berbagai komposisi lainnya yang dibutuhkan saat pembuatan es krim.

Minyak Sawit

Minyak goreng yang berasal dari pohon sawit ini mmang sering digunakan untuk memasak berbagai makanan. Apalagi karena jenis minyak ini mudah didapatkan, sehingga tak heran jika minyak sawit menjadi sangat umum. Namun, jika Anda mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan minyak sawit, ini akan meningkatkan lemak jenuh di dalam tubuh. Hampir 55% lemak jenuh ditemukan di dalam minyak sawit. Angka ini termasuk cukup tinggi dibandingkan dengan minyak lainnya.

Coklat Hitam

dark chocolate

Mengonsumsi cokelat murni atau makanan yang mengandung cokelat memang lezat. Namun, cokelat termasuk salah satu makanan yang mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Sekitar 32.4 gr lemak jenuh terkandung dalam 100gr cokelat yang sudah dimasak.  Mengonsumsi cokelat yang berlebihan juga dapat mengancam kesehatan.

Nah, itu tadi 10 daftar makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Meskipun kadar lemak jenuh makanan-makanan diatas cukup tinggi, bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsinya. Hanya saja Anda perlu membatasinya agar jangan sampai berpengaruh pada kesehatan Anda. Selain itu, imbangi pula dengan makanan-makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi setiap harinya. Semakin bertambahnya usia, maka akan semakin banyak resiko penyakit yang bisa menyerang Anda. Mari jaga kesehatan Anda setiap harinya.

instal aplikasi prosehat

Sumber:

webmd.com/food-recipes/trans-fats
health.clevelandclinic.org/avoid-these-10-foods-full-of-trans-fats/

Chat Asisten ProSehat aja