Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Berbagai Faktor Penyebab Diabetes yang Paling Banyak Ditemukan

Diabetes melitus adalah salah satu jenis penyakit kronis yang dapat mengganggu kinerja tubuh dalam mengolah glukosa (gula darah) menjadi energi. Penyakit ini biasanya ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Diabetes juga dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti faktor genetik hingga gangguan pada hormone insulin.

Berbagai Faktor Penyebab Diabetes yang Paling Banyak Ditemukan

Berbagai Faktor Penyebab Diabetes yang Paling Banyak Ditemukan

Diketahui terdapat berbagai faktor risiko lainnya yang membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit diabetes. Sahabat Sehat, apa saja faktor penyebab diabetes? Mari simak penjelasan berikut.

Faktor Genetik

Genetik menjadi salah satu faktor penyebab diabetes melitus yang tak dapat terhindarkan. Itulah mengapa diabetes sering disebut sebagai penyakit keturunan. Di antara tipe lainnya, diabetes tipe 2 sangat berkaitan dengan riwayat dan keturunan keluarga. Meski pasien diabetes tipe 1 juga memiliki risiko yang saman, namun cenderung lebih kecil terjadi. 

Jika kedua orang tua menderita diabetes, kemungkinan anaknya akan berisiko mengalami diabetes saat dewasa sebesar 50%. Bahkan, para ahli mengklaim bahwa ada gen khusus yang membuat penyakit ini dapat diturunkan orangtua ke generasi-generasi selanjutnya. Namun sayangnya, mereka belum menemukan gen mana yang sangat mempengaruhi terjadinya diabetes melitus.

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah

Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, risiko penyakit diabetes tipe 2 yang akan Anda alami pun akan semakin meningkat. Meski sebenarnya usia tidak hanya akan meningkatkan risiko diabetes, tapi juga meningkatkan risiko berbagai  penyakit kronis lainnya, seperti stroke dan jantung.

Semakin Anda menua, tubuh juga akan mengalami penurunan fungsi, terutama dalam mengolah gula darah. Kinerja sel penghasil insulin pada pankreas akan semakin menurun dan sensitifitas sel tubuh dalam merespon insulin juga tidak sebaik dulu.Oleh sebab itu, biasanya dokter akan merekomendasikan pasiennya yang telah berusia 45 tahun keatas untuk melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin.

Baca Juga: Kenali Berbagai Macam Komplikasi Akibat Diabetes

Autoimun

Meski usia menjadi faktor utama penyebab diabetes melitus, namun ternyata anak-anak dan remaja juga tak luput dari penyakit gula darah ini. Diabetes tipe 1 menjadi jenis diabetes yang paling banyak ditemukan pada pasien usia muda. Pada mereka yang berusia muda, penyakit ini biasanya disebabkan oleh hilangnya fungsi tubuh dalam memproduksi hormone tubuh. Bahkan, banyak diantara pasien anak-anak pengidap diabetes tipe 1 yang menderita gangguan autoimun.

Kondisi inilah yang membuat sistem imun mereka justru menyerang dan merusak sel pankreas, dimana pankreas adalah tempat pembentukan insulin. Kerusakan sel ini yang membuat pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin yang cukup atau bahkan organ tersebut dapat benar-benar berhenti total dalam memproduksi hormon tersebut.

Baca Juga: Kenali Gejala Awal Diabetes Pada Anak 

Kondisi Medis Lain

Selain beberapa faktor penyebab diabetes melitus diatas, ada pula sejumlah faktor yang mungkin tidak pernah terbesit di benak Sahabat Sehat sebelumnya. Pasalnya, dalam beberapa kasus munculnya penyakit diabetes dapat dipicu oleh beberapa kondisi berikut.

  • Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS). Kondisi ini dapat menyebabkan berat badan berlebih sehingga meningkatkan resiko terjadinya resistensi insulin dan kondisi prediabetes.
  • Pankreatitis. Kondisi peradangan pada pankreas ini dapat mengganggu fungsi sel-sel pankreas dalam memproduksi hormon insulin yang penting dalam menstabilkan gula darah agar tetap normal.
  • Sindrom Cushing. Kondisi ini akan meningkatkan pembentukan hormone kortisol yang berujung pada ikut meningkatnya kadar glukosa dalam darah.
  • Glucagonoma. Gangguan kesehatan ini menjadi penyebab diabetes melitus karena ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi hormone insulin yang cukup.

Baca Juga: Kenali Berbagai Bahaya Diabetes Pada Pria

Kebiasaan Konsumsi Gula Berlebih

Mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan dan dalam jangka panjang tidak hanya dapat menyebabkan diabetes, tetapi pola makan tinggi gula juga akan berdampak buruk pada masalah kesehatan lainnya, seperti berat badan berlebih hingga obesitas. Oleh sebab itu, batasi asupan gula harian. Lakukan perencanaan dan jalani pola hidup sehat adalah langkah tepat agar Sahabat Sehat terhindar dari penyakit diabetes.

Baca Juga: Kenali Dampak Diabetes Saat Hamil Bagi Kondisi Janin

Kebiasaan Malas Gerak

Kebiasaan mengkonsumsi makanan manis ditambah kebiasaan malas gerak menjadi gerbang utama dalam menyebabkan diabetes. Saat tubuh kurang aktivitas, resiko menderita diabetes semakin meningkat. Terlebih jika gaya hidup yang dijalani kurang sehat, misalnya pola makan yang buruk, kebiasaan minum alkohol dan merokok.

Berat badan berlebih atau obesitas juga menjadi faktor yang meningkatkan risiko terjadinya diabetes melitus. Bahkan, kondisi ini dinilai dapat meningkatkan risiko diabetes melitus hingga sebesar 80%. Berat badan berlebih akan menyebabkan metabolisme tubuh mengalami perubahan sehingga menyebabkan sel-sel tubuh tidak dapat merespon hormon insulin dengan benar. 

Baca Juga: Rekomendasi Obat Alami Terbaik untuk Penderita Diabetes

Efek Samping Obat 

Diketahui terdapat beberapa jenis obat yang meningkatkan risiko diabetes, di antaranya jenis obat statin, steroid, diuretik, pentamidine, beta-blocker, protease inhibitor, serta beberapa jenis obat lainnya yang dikonsumsi tanpa resep dokter dalam bentuk sirup dan tinggi gula.

Baca Juga: 7 Cara Atasi Gatal Karena Diabetes dengan Cepat dan Mudah

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai faktor penyebab diabetes. Untuk mendeteksi dini penyakit diabetes, Sahabat Sehat dianjurkan melakukan pemeriksaan gula darah secara berkala.

Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

 

Referensi

  1. Center on Mental Health Services Research and Policy. Medications Increase Diabetes.
  2. Diabetes. The UK is the fattest country in Europe.
  3. Cleveland Clinic. Diabetes: Types, Risk Factors, Symptoms, Tests, Treatments & Prevention.
  4. American Society for Metabolic and Bariatric Surgery. Type 2 Diabetes and Metabolic Surgery.
  5. Direktorat P2PTM. Faktor Risiko Penyakit Diabetes Melitus (DM)-Faktor Risiko yang Bisa Diubah.
  6. Healthline. Prediabetes: Symptoms, Causes, and More.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com