Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Rekomendasi Obat Alami Terbaik untuk Penderita Diabetes

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Obat Diabetes Alami untuk Mengurangi Kadar Gula dan Glukosa dalam Darah

Beberapa herbal menjadi obat diabetes alami yang terbukti ampuh. Selain dengan obat, kita bisa lawan diabetes dengan pola hidup sehat. Selain mengkonsumsi obat dan pola hidup sehat, ada beberapa tindakan lagi yang perlu dilakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Sahabat Sehat, penyakit diabetes melitus atau seringkali dikenal sebagai kencing manis telah menjadi salah satu penyakit tidak menular dengan angka penderita yang selalu bertambah setiap tahunnya. Diabetes seringkali dikaitkan dengan gaya hidup, namun jumlah kematian akibat penyakit kardiovaskular dan diabetes cenderung lebih banyak terjadi di negara berkembang dibandingkan dengan negara maju.

Nah Sahabat Sehat tentunya ingin mengetahui bagaimana cara menangani diabetes hingga sembuh, khususnya hanya menggunakan obat alami. Tanpa berlama lagi, mari simak penjelsan berikut ini.

Sekilas Tentang Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis akibat organ pankreas dalam tubuh tidak menghasilkan cukup insulin (hormon yang mengatur gula darah dalam tubuh), atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkan.

Sangat banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami diabetes. Beberapa diantaranya adalah:

  • Konsumsi makanan mengandung gula yang berlebihan
  • Kebiasaan malas gerak
  • Kelebihan berat badan
  • Penggunaan obat-obatan secara terus menerus
  • Tubuh yang sering kekurangan cairan
  • Konsumsi garam berlebihan
  • dan faktor lain seperti faktor keturunan, kurang konsumsi serat, dan berbagai sebab lainnya.

Untuk jenis obat yang jika dikonsumsi terus menerus dapat menyebabkan diabetes antara lain adalah obat jenis steroid, statin, obat diuretik thiazide, beta-blocker, pentamidine, dan protese inihibitor.

Cara Alami Atasi Diabetes

Diabetes dapat ditangani dengan menerapkan pola hidup sehat, yaitu memperhatikan jenis asupan nutrisi serta melakukan aktivitas fisik. Selain itu, proses penyembuhan bisa dilakukan bersamaan dengan pemberian obat anti diabetes secara oral dan/atau suntikan.

Bagi Sahabat Sehat yang ingin mengatasi diabetes dapat melakukan berbagai hal berikut di rumah:

Mengatur Pola Makan Sehat

Perbanyak konsumsi buah, sayur, gandum serta biji-bijian utuh. Hindari makanan dan minuman berpemanis buatan, alkohol serta rokok.

Meningkatkan Aktivitas Fisik

Lakukan olahraga minimal 30 menit sehari atau total minimal 150 menit dalam seminggu. Jika harus duduk dalam waktu lama, lakukan peregangan dan gerakan-gerakan senam sederhana.

Melakukan Perawatan Kaki

Penderita diabetes rentan mengalami infeksi dan gangguan saraf tepi. Sahabat Sehat sebaiknya membersihkan kaki secara rutin, serta mengenakan alas kaki saat beraktivitas untuk mencegah timbulnya luka di kaki.

Lakukan Kontrol ke Dokter Secara Berkala

Diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung. Maka Sahabat Sehat dianjurkan melakukan kontrol ke dokter secara rutin untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah, tekanan darah, kolesterol, kadar HbA1c, dan lainnya. Dokter akan memberikan rekomendasi tindakan apa yang diperlukan untuk membantu proses pemulihan diabetes secara alami.

Mengelola Stress dengan Baik

Secara medis sudah terbukti bahwa perasaan yang gembira dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit. Sebaliknya, stress dapat memperlambat proses penyembuhan, bahkan dapat menghambat proses penyembuhan. Kelola stress denngan baik. Caranya bisa dengan berolahraga bersama teman atau keluarga, bisa juga dengan menonton hiburan serta bermain game-game ringan.

Mengkonsumsi Obat Diabetes Alami

Beberapa tanaman herbal terbukti ampuh membantu mempercepat penyembuhan bagi penderita diabetes. Tanaman dengan kandungan zat antioksidan seperti kayu manis, lidah buaya, pare, milk thistle (Silybum marianum), kelabat, dan gurmar (Gymnema sylvestre) dapat menurunkan kadar gula darah yang otomatis menjadi solusi alternatif untuk membantu pemulihan dari diabetes.

Walaupun obat herbal di atas sudah terbukti ampuh namun untuk membantu khasiat obat pastikan untuk beristirahat yang cukup dan menjauhi hal-hal yang dapat merangsang meningkatnya gejala diabetes.

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai cara alami untuk mengatasi diabetes dan rekomendasi obat diabetes alami yang cocok untuk Sahabat Sehat. Selain itu, Sahabat Sehat sebaiknya jangan lupa mengkonsumsi obat anti diabetes secara teratur sesuai anjuran dokter. 

Apabila Sahabat Sehat membutuhkan obat anti diabetes selama dirumah, segera manfaatkan layanan pesan antar Prosehat. Info lebih lengkap silahkan hubungi hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Hari Diabetes Sedunia 2018 [Internet]. Indonesia : Kementerian Kesehatan RI; [cited 2021 July 02].
  2. Dansinger M. 6 Lifestyle Changes to Control Your Diabetes [Internet]. USA : WebMD. 2021 [updated 2021 May 15; cited 2021 July 02].
  3. PB Perkeni. Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Dewasa di Indonesia. Ed 1. Indonesia : PB Perkeni; 2019/
  4. Johnson J. Seven herbs and supplements for type 2 diabetes [Internet]. USA : Medical News Today. 2019 [updated 2019 March 27; cited 2021 July 29].

Chat Asisten ProSehat aja