Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

7 Cara Atasi Gatal Karena Diabetes dengan Cepat dan Mudah

Salah satu keluhan yang dialami penderita diabetes adalah rasa gatal pada kulit. Rasa gatal karena diabetes memang sangat mengganggu. Untuk mendiagnosa diabetes tentu memerlukan pemeriksaan lanjutan, seperti pemeriksaan gula darah. Rasa gatal yang dialami penderita diabetes dapat terasa mengganggu dan berdampak pada aktivitas sehari-hari.

7 Cara Atasi Gatal Karena Diabetes dengan Cepat dan Mudah

7 Cara Atasi Gatal Karena Diabetes dengan Cepat dan Mudah

Sahabat Sehat, bagaimana cara mengatasi gatal yang dialami penderita diabetes ? Mari simak penjelasan berikut.

Penyebab Kulit Gatal Pada Penderita Diabetes

Terdapat berbagai penyebab kulit terasa gatal yang dialami penderita diabetes, berikut diantaranya : 

  • Infeksi jamur

Jamur candida albicans adalah penyebab tersering infeksi jamur pada kulit penderita diabetes. Infeksi jamur ditandai dengan kulit tampak kemerahan dan terasa gatal, yang dapat ditemukan pada area lipatan tubuh, misalnya di bawah lipatan payudara, ketiak, dan lipat paha. 

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah

  • Kulit kering

Kulit penderita diabetes kerap kali terasa kering akibat kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, gula darah yang tinggi meningkatkan resiko infeksi pada kulit dan gangguan sirkulasi sehingga menyebabkan kulit kering dan terasa gatal.

  • Gangguan aliran peredaran darah

Aliran darah yang buruk dapat menyebabkan gatal dan kerap dialami pada area paha bawah (depan betis). Selain itu, kondisi seperti necrobiosis lipoidica diabeticorum (NLD), yang diakibatkan perubahan pada pembuluh darah dapat menyebabkan gatal pada kulit. 

Baca Juga: Pentingnya Olahraga Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Cara Mengatasi Gatal Pada Penderita Diabetes

Sahabat Sehat, berikut adalah berbagai cara mengatasi dan mencegah kulit gatal yang kerap dialami penderita diabetes :

  • Mengontrol kadar gula darah

Jika kadar gula darah berada dalam batas normal maka dapat mencegah komplikasi, serta menjaga agar kulit tetap kering. Cara mengontrol gula darah yaitu dengan mengkonsumsi obat antidiabetes secara teratur, konsumsi makanan bergizi seimbang, menjaga berat badan tetap normal, kurangi garam, dan olahraga rutin. 

  • Selalu waspada

Diabetes sering mengakibatkan gangguan saraf tepi, yang disebut neuropati sehingga penderita diabetes kerap merasakan kesemutan maupun timbulnya luka pada kulit. Penderita diabetes dianjurkan memeriksa kulit dan pastikan apakah ada luka baru atau luka lama yang tidak kunjung sembuh.

  • Segera obati luka pada kulit

Sahabat Sehat dianjurkan agar segera mengobati luka kecil yang tidak kunjung sembuh untuk mencegah infeksi pada kulit.

  • Menjaga kebersihan kulit

Dengan menjaga kebersihan kulit, Sahabat Sehat dapat mencegah infeksi pada kulit. Saat berjalan di luar rumah, gunakan alas kaki yang ukurannya sesuai dengan kaki. Pilih alas kaki yang rata, dan sol sepatu yang menyerap goncangan atau tekanan (shock-absorbing sole) untuk mengurangi tekanan pada telapak kaki, dan mencegah timbulnya luka diabetes yang umumnya terjadi di telapak kaki. 

  • Jaga kulit agar tidak terlalu kering dan basah

Jaga kondisi kulit, agar tidak terlalu lembab ataupun terlalu kering terutama area lipatan seperti lipat ketiak, antara jari-jari kaki, dan lipat paha. Keringkan tubuh setelah mandi dan ganti pakaian jika terasa berkeringat. Lembab kan kulit bila kulit dirasa terlalu kering. Pelembap yang dianjurkan ialah pelembap yang tidak mengandung pewangi. 

  • Pilih produk kulit yang tepat

Saat mandi sebaiknya gunakan produk kulit yang lembut. Hindari deodorant atau sabun yang mengandung pewangi karena dapat mengiritasi kulit sensitif dan menimbulkan rasa gatal.

  • Jaga kelembaban kulit

Waktu terbaik untuk mengaplikasikan pelembab kulit ialah segera setelah mandi, saat kulit masih lembab. Hindari menggosok kulit dengan handuk dan keringkan area lipatan tubuh dengan seksama, seperti lipatan ketiak, lipatan paha, dibawah payudara, dan antara jari-jari kaki. 

Baca Juga: 5 Tanda Gejala Diabetes atau Kencing Manis

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai tips mengatasi rasa gatal pada penderita diabetes. Untuk memantau kondisi penderita diabetes dan mendeteksi dini penyakit diabetes, segera lakukan pemeriksaan gula darah.

Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh : dr. Gloria Teo
Ditinjau oleh : dr. Monica C

 

Referensi

  1. American Diabetes Association. Diabetes Complications – skin complication.
  2. American Academy of Dermatology Association. Diabetes: 12 warning signs that appear on your skin.
  3. Jaliman D. Diabetes Skin Care Tips.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com