Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Kenali Gejala Awal Diabetes Pada Anak

Diabetes Melitus (DM) atau kencing manis adalah gangguan metabolisme yang dapat timbul akibat peningkatan kadar gula darah diatas nilai normal yang berlangsung secara kronis dengan insiden yang semakin meningkat di seluruh dunia. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga bisa terjadi pada anak-anak dan remaja khususnya DM tipe 1.

Kenali Gejala Awal Diabetes Pada Anak

Kenali Gejala Awal Diabetes Pada Anak

Data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan bahwa angka kejadian diabetes pada anak usia 0-18 tahun mengalami peningkatan sebesar 700% dalam jangka waktu 10 tahun. Pada tahun 2018, tercatat sebanyak 1220 anak penyandang diabetes melitus tipe-1 di Indonesia. Sementara pada tahun 2021, pada bulan maret 2021 terdapat sekitar 1.282 orang anak di Indonesia yang menderita diabetes melitus tipe 1. 

Menurut Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi IDAI, dr. Muhammad Daizi, Sp.A(K), mengungkapkan bahwa diabetes yang terjadi pada anak adalah diabetes melitus tipe 1, sisanya sekitar 10% dari total pasien anak adalah diabetes melitus tipe 2. Sahabat Sehat, apa Gejala awalnya diabetes pada anak ? Mari simak penjelasan berikut.

Tipe Diabetes Melitus

Diabetes melitus dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu DM tipe 1, DM tipe 2, DM tipe lain dan diabetes pada kehamilan atau gestasional. Pada anak, yang sering diderita adalah jenis diabetes melitus tipe 1. Kondisi ini disebabkan karena adanya kekurangan insulin akibat kerusakan sel kelenjar pankreas akibat proses autoimun.

medical check up hemat, medical check up murah, medical check up ke rumah

Faktor Resiko Diabetes Melitus Pada Anak

Diabetes melitus tipe 1 dipengaruhi berbagai faktor antara lain, faktor genetik dan lingkungan, dan proses autoimun. Berbeda dengan penyakit diabetes melitus tipe 1, penyakit diabetes tipe 2 sangat erat kaitannya dengan gaya hidup tidak sehat seperti berat badan berlebih, obesitas, kurang aktivitas fisik, hipertensi, dislipidemia dan diet atau asupan makanan yang tidak sehat atau tidak seimbang serta merokok. 

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan angka kejadian faktor resiko DM tipe 2 yaitu sebesar 18,8% anak usia 5-12 tahun mengalami kelebihan berat badan (overweight) dan 10,8% menderita obesitas.

Baca Juga: 5 Tanda Gejala Diabetes atau Kencing Manis

Gejala Diabetes Pada Anak yang Wajib Diketahui 

Sahabat Sehat, berikut adalah berbagai gejala diabetes yang dapat dialami Si Kecil yaitu :

  1. Berat badan berlebih atau obesitas
  2. Sering merasa haus
  3. Sering buang air kecil, terutama pada malam hari.
  4. Mudah merasa lapar 
  5. Berat badan turun tanpa sebab yang jelas.
  6. Berkurangnya massa otot.
  7. Mudah lelah dan lemas
  8. Pandangan kabur
  9. Luka yang sulit sembuh
  10. Kerap mengalami infeksi, misalnya pada gusi, vagina atau saluran kemih.
  11. Kulit terasa gatal dan kering.
  12. Rasa kebal dan kesemutan pada kaki.

Pada kenyataannya, gejala tersebut seringkali tidak terlihat dengan jelas sehingga seringkali tidak di sadari. Selanjutnya, mungkin saja Si Kecil dapat mengalami “Kegawatdaruratan Diabetes” yang ditandai dengan keluhan nyeri perut, sesak nafas, muntah berulang, dehidrasi dan bahkan penurunan kesadaran.

Penanganan diabetes melitus tipe 1 berupa pemberian obat, pengaturan pola makan, menjaga agar berat badan tetap ideal, olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup. Penyakit diabetes melitus tipe 1 memerlukan pengobatan seumur hidup hingga dewasa. Berbeda dengan penyakit diabetes melitus tipe 1 yang tidak dapat dicegah, penyakit diabetes melitus tipe 2 pada anak dapat dicegah dengan pola makan seimbang dan olahraga teratur.

Baca Juga: 7 Cara Atasi Gatal Karena Diabetes dengan Cepat dan Mudah

Nah Sahabat Sehat, itulah berbagai informasi mengenai Gejala awal diabetes pada anak. Jika Sahabat Sehat membutuhkan layanan konsultasi dokter, layanan vaksinasi, imunisasi anak, layanan medical check uplayanan fisioterapipemeriksaan laboratorium, multivitamin, dan produk kesehatan lainnya, segera manfaatkan layanan Prosehat yang turut menyediakan layanan Chat Dokter 24 Jam

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia D
Ditinjau oleh : dr. Monica C

 

Referensi

  1. Pulungan, A., Annisa, D. and Imada, S., 2019. Diabetes Melitus Tipe-1 pada Anak: Situasi di Indonesia dan Tata Laksana.
  2. Direktorat P2PTM. Anak Juga Bisa Diabetes.
  3. Dwinanda R. IDAI: 1.346 Anak Indonesia Alami Diabetes Melitus Tipe 1.
  4. American Diabetes Association.  Type 1 Diabetes – Symptoms.
  5. Sachi K. Jangan Anggap Sepele! 10 Gejala Penyakit Diabetes pada Anak dan Cara Mencegahnya.
  6. Ikatan Dokter Anak Indonesia.  Diabetes Mellitus pada Anak dan Remaja.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com