Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

9 Tips ASI Lancar Setelah Melahirkan

Merupakan anugerah tersendiri ketika setelah melahirkan ASI lancar dan si kecil dapat segera mendapatkan makanan paling bergizi tinggi di hari lahirnya ke dunia. Namun, banyak para ibu yang merasa ASI-nya kurang lancar atau bahkan beberapa tidak keluar sama sekali. Jangan takut, berikut ini 9 tips ASI lancar setelah melahirkan!

Mengingat ASI adalah asupan gizi terbaik untuk bayi sampai usia 6 bulan, maka sangat penting baginya untuk segera merasakan gizi tersebut begitu ia dilahirkan ke dunia. Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) dan UNICEF merekomendasikan para ibu untuk menyusui secara eksklusif sejak bayi lahir sampai usia 6 bulan dan tetap disusui bersama pemberian Makanan Pendamping-ASI (MP-ASI) sampai usia 2 tahun.

Sebelumnya ketahui beberapa fakta mengenai produksi ASI setelah melahirkan:

  • Pada akhir kehamilan, terjadi proses pembentukan ASI atau yang disebut dengan laktogenesis pertama kali. Saat itu, payudara memproduksi kolostrum.
  • Kolostrum adalah ASI khusus berwarna kekuningan, agak kental. Kolostrum dihasilkan sampai hari ketiga setelah bayi dilahirkan. Kolostrum mengandung protein dua kali lipat dibandingkan ASI. Kolostrum juga kaya antibodi dan sel darah putih yang melindungi bayi terhadap infeksi dan alergi. Selain itu kolostrum juga mengandung pencahar yang berfungsi untuk membersihkan mekonium, mengandung faktor-faktor pertumbuhan dan kaya vitamin A. Walaupun jumlahnya sedikit, kolostrum cukup untuk memenuhi asupan gizi sang bayi.
  • Saat berumur satu hari, ukuran lambung bayi hanya sebesar biji kelereng. Sehingga hanya cukup untuk menampung sekitar 5-10 ml.
  • Selain itu asupan gizi bayi juga dapat tercukupi sampai usia 5 hari karena masih adanya cadangan lemak coklat di tubuhnya.
  • Pada hari ke-2 sampai ke-3 setelah melahirkan terjadi laktogenesis kedua. Pada saat ini kolostrum akan berubah menjadi ASI transisi dan produksi ASI akan semakin banyak. Ibu akan merasakan payudaranya terasa penuh.
  • Semakin sering ASI dihisap dan dikosongkan akan semakin banyak ASI yang diproduksi. Setelah beberapa hari kemudian akan berubah menjadi ASI matur. ASI ini terdiri dari foremilk dan hindmilk.
  • Foremilk adalah ASI yang lebih bening, diproduksi pada awal proses menyusui. Hindmilk adalah ASI yang lebih putih, diproduksi pada akhir proses menyusui dan mengandung lebih banyak lemak yang memberikan banyak energi.

tips asi lancar

Oleh karena itu ibu yang baru melahirkan tidak perlu khawatir jika ASI-nya sedikit pada hari-hari pertama melahirkan. Karena bayi juga hanya membutuhkan sedikit ASI pada awal kehidupannya. Ketahui satu hal penting,

“ASI lancar keluar ketika puting payudara mendapatkan rangsangan dari mulut bayi.”

Rangsangan ini akan membuat hormon oksitosin meningkat dan payudara mengeluarkan ASI. Namun jika ada kasus terkait bayi lahir prematur, wajar saja jika produksi ASI tidak dapat dilakukan, karena tidak ada rangsangan. Namun coba 9 tips ASI lancar setelah melahirkan ini:

1. Menenangkan diri

Jangan panik ketika Anda belum bisa memproduksi ASI. Tenangkan diri Anda. Banyak penelitian menemukan bahwa seorang ibu menyusui yang tenang akan membantu menstimulasi otak untuk mengeluarkan hormon oksitosin yang akan merangsang keluarnya ASI Anda.

2. Sentuhan Pertama dengan Si Kecil

Kontak saat pertama kali si kecil menghirup udara di luar perut Ibu adalah salah satu hal yang dapat membuat ASI lancar. Dan ketika bayi lahir prematur, usahakan untuk tetap mendapatkan kontak kulit dengan si kecil. Jika Anda belum mendapatkan kontak dengan bayi Anda, coba dengan melihat foto bayi Anda, mendengarkan rekaman suara tangisnya atau mencium bau tubuhnya.

3. Hypno Breastfeeding

Teknik ini dilakukan dengan cara menggunakan kalimat positif dan motivasi ke alam bawah sadar Anda. Bisa saja Anda diminta untuk membayangkan ASI yang sedang mengalir deras seperti air mancur dan bayi Anda terlihat senang sambil menikmati ASI dari Anda.Teknik pernafasan juga bertujuan untuk membuat tubuh dan pikiran Anda lebih tenang.

4. Minuman Hangat

Susu, teh atau kopi akan membantu Anda mendapatkan efek relaksasi. Jika tubuh relaks dan tenang, rangsangan produksi ASI akan berjalan dengan lebih mudah.

5. Hangatkan Payudara Anda

Cara lain untuk mendapatkan ASI lancar adalah dengan menghangatkan payudara. Ketika ASI kurang lancar atau sulit diperah, payudara Anda akan membengkak. Untuk meredakan bengkaknya, Anda bisa mengompresnya dengan handul yang sudah dibasahi dengan air hangat atau mudahnya mandi air hangat.

6. Merangsang Puting Susu

Untuk ASI lancar produksi, coba beri rangsangan pada puting dengan cara menarik lembut atau memutar perlahan. Pijatan yang membuat Anda relaks juga dapat melancarkan produksi ASI.

7. Pijat

Minta suami Anda untuk rutin memijat leher dan punggung Anda dengan posisi setengah membungkuk. Minta ia untuk memijat mulai dari bagian leher ke punggung dengan ibu jarinya.

8. Cukup Nutrisi

Pastikan ibu hamil makan dan minum dengan cukup. Makanlah yang menjadi kesukaan busui, karena bisa menjadi ASI booster. Tidak ada pantangan khusus, semua boleh dimakan asalkan tidak mengandung pengawet dan alkohol. Bila ibu suka kopi, busui (ibu menyusui) pun boleh minum kopi 1-2 gelas per hari. Pastikan ibu cukup minum sebelum dan sesudah menyusui atau memerah ASI.  

9. Penuhi Gizi untuk ASI Lancar

Suplemen penting untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda dan yang dapat membuat ASI Anda lancar juga harus dipenuhi karena kandungan seperti daun katuk yang dapat melancarkan ASI Anda tidak selalu tersedia di dalam menu makanan Anda setiap harinya.

Jika Anda sudah mencoba 8 tips ASI lancar di atas, ketika Anda harus kembali bekerja, si kecil yang masih memerlukan ASI Anda masih dapat menikmatinya dengan menggunakan teknologi pompa ASI. Alat ini akan membantu mengeluarkan ASI dan menyimpannya sehingga bisa diberikan pada sang buah hati walaupun Anda pergi bekerja.

Referensi:

WhatsApp Asisten Maya saja