Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Rangkuman Webinar Prosehat X Medifit “Tips Mengatasi Ostheoarthritis dengan Exercise” 27 November 2020

Pada tanggal 27 November 2020, Prosehat kembali mengadakan  webinar dengan judul “Tips Mengatasi Ostheoarthritis dengan Exercise”. Webinar ini dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB, dan bekerja sama dengan Medifit. Pembicara pada webinar kerja sama kali ini adalah dokter Nahum, SpKO, yaitu seorang dokter olahraga yang bekerja pada Klinik Medifit di Cideng Barat, Jakarta. Webinar ini tentu saja dimoderatori oleh dr. Rosa Widian dari Prosehat.

rangkuman webinar Prosehat X Medifit

 

Baca Juga: Rangkuman Webinar Vaksinasi Flu Orang Dewasa

Pada pemaparannya, dokter Nahum menjelaskan secara rinci mengenai Osteoartritis atau nyeri lutut dengan dimulai memberikan gambaran mengenai kedokteran olahraga yang bertugas menangani masalah-masalah yang dihadapi ketika berolahraga seperti cedera dan lainnya. Ia juga mengatakan bahwa dokter olahraga tidak sepenuhnya dokter untuk atlet seperti yang banyak orang ketahui tetapi juga bagi masyarakat yang gemar berolahraga dan mempunyai permasalahan ketika berolahraga.

Mengenai osteoarthritis atau disingkat OA, dokter Nahum menjelaskan bahwa nyeri sendi lutut tidak terbatas pada OA, dan mempunyai banyak jenis yang bisa dilihat dari berbagai macam sisi seperti sisi depan, samping, dan belakang. Lutut, dokter Nahum, menyatakan merupakan bagian tubuh yang paling sering terkena gangguan karena berhubungan dengan aktivitas sehari-hari. Mengenai penyebab seseorang terkena OA, ia menyebut ada ada dua penyebab, yaitu penyebab primer dan penyebab sekunder. Penyebab primer disebut tidak diketahui asal muasalnya sedangkan penyebab skunder adalah karena riwayat pernah menderita trauma, infeksi, dan penyakit metabolis.

Selain penyebab, dokter Nahum juga menjabarkan secara lengkap tanda dan gejala seseorang terkena OA, di antaranya adalah krepitasi sendi atau adanya suara gemeretak pada sendi yang disebabkan oleh gesekan dan kaku sendi pada pagi hari. Sedangkan untuk pencegahan, dokter Nahum membagi dalam tiga aspek, yaitu primer, sekunder, tersier. Untuk primer yang terpenting adalah turunkan berat badan, sedangkan sekunder dengan melakukan penguatan otot dan tetap kurangi obesitas, dan terakhir, tersier, dengan operasi  karena sudah dalam tahap yang parah.

Baca Juga: Seperti Apa Fisioterapi pada Osteoartritis

Untuk penanganan OA sendiri bisa dengan latihan fisik atau jasmani berupa latihan aerobik, peregangan atau fleksibilitas, latihan daya otot, latihan akuatik seperti berenang, dan penguatan otot. Tujuannya adalah untuk menurunkan tingkat nyeri sendi, menurunkan berat badan, dan abnormalitas metabolis. Manfaat lainnya secara fisiologis adalah meningkatkan kesehatan fisik dan mental individu, menurunkan tingkat kekeroposan tulang, dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner, diabetes, dan osteoporosis.

Produk Terkait: Jual Produk Osteoporosis

Setelah pemaparan, webinar dilanjutkan dengan sesi pertanyaan dari peserta. Salah satu penanya, Dellia Ananta, yang menanyakan mengenai waktu sembuh fisioterapi untuk suaminya yang berumur 60 tahun, dan diketahui menderita osteoarthritis. Untuk hal ini, dokter Nahum menjawab semua tergantung pada tingkatan atau grading penderita OA, dan tentu saja hal ini akan memengaruhi penyembuhan OA melalui fisioterapi. Apabila OA yang diderita cukup berat, pemulihannya akan semakin lama. Namun untuk yang bersifat ringan, rata-rata 2-3 bulan akan membaik jika disertai dengan latihan.

Baca Juga: Nyeri Sendi

Untuk pemaparan lebih lengkap mengenai webinar ini, Sahabat bisa menonton langsung pada video YouTube di bawah ini, dan jangan lupa subscribe YouTube Prosehat.

Apabila Sahabat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai Osteoartritis, dan produk-produk kesehatan yang berkaitan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

 

Chat Asisten ProSehat aja