Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Rangkuman Webinar Prosehat X Kenapa Harus Vaksin 10 November 2020: Tidak Hanya Anak, Ternyata Orang Dewasa Perlu Vaksinasi

Ternyata vaksinasi influenza itu penting bagi orang dewasa karena dapat melindungi kelompok yang rentan terkena virus flu atau influenza seperti lansia yang mempunyai komplikasi sebesar 60%, dan tingkat kematian yang menerjang salah satu kelompok rentan tersebut sebesar 80%. Begitulah pemaparan oleh dr. Delia Anastasia Tirtadjaja, SpPD dalam webinar Prosehat bekerja sama dengan Kenapa Harus Vaksin (Sanofi) pada tanggal 10 November 2020 pukul 20.00 hingga 21.00 WIB. Webinar yang dimoderatori oleh dr. Rosa Widian itu mengambil tema vaksinasi flu pada orang dewasa dan berjudul Tidak Hanya Anak, Ternyata Orang Dewasa Juga Perlu Vaksinasi.

Baca Juga: Rangkuman Webinar Prosehat X Kenapa Harus Vaksin 8 Oktober 2020

Selain mengurangi tingkat keparahan influenza pada kelompok rentan, dr. Delia yang juga bekerja di RS Siloam Tb Simatupang dan RS Atma Jaya ini juga memaparkan bahwa vaksinasi influenza pada orang dewasa juga dapat mencegah serangan penyakit flu sebesar 70%-90% pada orang dewasa sehat, dan rupanya juga mampu menurunkan tingkat ketidakhadiran di kantor akibat flu sebesar 78%. Vaksinasi flu pada orang dewasa sangatlah penting mengingat flu atau influenza adalah virus yang dapat menyerang siapa saja termasuk orang dewasa. Virus ini penyebarannya sangat massif dan cepat seperti halnya Covid-19, dan mempunyai gejala-gejala terkena yang hampir sama terutama pada sistem pernapasan. Dalam pemaparannya, dr. Delia yang juga bekerja sebagai salah satu staf pengajar fakultas kedokteran di sebuah universitas di Jakarta itu juga memberikan contoh kasus menyebarnya virus dengan cepat pada orang dewasa pada saat di pesawat dan kapal pesiar. Kemudian masih banyak orang dalam pemaparan tersebut kerap menyamakan flu dengan selesma yang tentu saja sangat berakibat fatal.

Produk terkait: Layanan Vaksinasi Flu ke Rumah

Selain membahas mengenai pentingnya vaksinasi flu untuk orang dewasa, dr. Delia juga membahas mengenai pentingnya vaksinasi flu di masa pandemi. Pemberian vaksin flu tetap harus diberikan pada masa pandemi karena pemberiannya sendiri dapat menghindari ko-infeksi atau menderita infeksi gabungan, baik flu maupun Covid-19 secara bersamaan, dan kerancuan dalam mendiagnosis Covid-19 mengingat, baik flu maupun Covid-19 sama-sama mempunyai gejala dan penyebab yang hampir sama. Hal ini juga sudah direkomendasikan oleh WHO dan beberapa lembaga kesehatan. Tak lupa, dr. Delia juga memaparkan mengenai jadwal vaksinasi flu untuk orang dewasa yang perlu diberikan 1 dosis setiap tahun meskipun ada yang menderita penyakit jantung dan paru.

Baca Juga: Pentingnya Vaksin Flu untuk Penderita Penyakit Kronis

Setelah pemaparan, webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta. Ada peserta bernama Yunita Gouwtama yang menanyakan tentang mengenai vaksin lain yang disarankan selain vaksin influenza dan berapa rentang waktu antara 1 vaksin dengan vaksin lainnya? Pertanyaan tersebut dijawab oleh dr. Delia bahwa vaksin lain yang disarankan terutama di masa pandemi Covid-19 adalah influenza dan pneumokokus, dan pemberiannya boleh bersamaan dengan efek samping merasakan kesakitan.

Baca Juga: Seberapa Penting Vaksin Influenza?

Apabila Sobat ingin mengetahui lebih dalam mengenai webinar bisa menyaksikannya pada video berikut ini, dan jangan lupa untuk subscribe YouTube Prosehat.

Sobat juga bisa melakukan vaksinasi flu di Prosehat yang mempunyai layanan vaksinasi ke rumah. Layanan ini mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Ada tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Chat Asisten ProSehat aja