Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cara Dapatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Tanpa ke Bioskop

Di saat pandemi virus Corona belum mereda sama sekali, pemerintah berencana membuka kembali bioskop pada 10 September 2020. Pembukaan ini untuk menggiatkan kembali perekonomian negara yang terganggu akibat Covid-19 semenjak virus asal Wuhan tersebut merebak di Indonesia mulai awal Maret 2020. Meskipun begitu, rencana pembukaan kembali bioskop ini menimbulkan banyak pro dan kontra sehubungan dengan sifat virus Corona yang bisa airborne atau lintas udara. Mengingat bioskop berada dalam ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang juga tertutup, dikhawatirkan hal tersebut malah akan membuat kluster baru penyebaran virus Corona, dan justru akan meningkatkan jumlah penderita infeksi virus Corona di Indonesia sehingga petugas medis pun bisa semakin kewalahan.

imun tubuh alami, imunitas tubuh natural

Baca Juga: Mengapa Terjadi Covid-19 di Perkantoran Saat PSBB Transisi?

Pro dan kontra itu semakin bertambah ketika Satgas Covid-19 melalui juru bicara Profesor Wiku Adisasmito pada 26 Agustus 2020 mendukung rencana pembukaan kembali bioskop. Alasan yang dikemukakan adalah bahwa menonton bioskop bisa menciptakan kekebalan tubuh secara alami melalui perasaan senang dan gembira yang diciptakan. Apabila masyarakat senang, imunitas dengan sendirinya juga akan meningkat. Imunitas kuat menurutnya juga sangat diperlukan dalam kondisi pandemi seperti ini. Rencana pembukaan ini juga sudah berdasarkan kajian dari Satgas Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir yang meliputi aspek sosial, kesehatan, dan ekonomi.

Meski begitu, Profesor Wiku menyatakan bahwa pembukaan kembali ini harus melihat beberapa hal, seperti kesiapan daerah, waktu yang tepat, dan menerapkan protokol-protokol kesehatan seperti pembatasan usia, dilarang masuk bagi yang mempunyai gejala batuk dan pilek dan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius, pemesanan secara online, serta physical distancing untuk antre dan tempat duduk. Ahli Epidemologi UI, Tri Yunis Miko Wahyono mengkritik rencana tersebut, dan mengatakan bahwa imunitas tubuh dapat tercipta jika melihat pada 3 hal, yaitu genetika, asupan gizi, dan kondisi psikologis.

Terlepas dari pernyataan yang dilontarkan Profesor Wiku soal bioskop dapat meningkatkan imunitas tubuh secara alami, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan tanpa harus menonton ke bioskop. Apa saja itu? Yuk, Sobat Sehat silakan simak ya!

Cara Dapatkan Imunitas Tubuh Secara Alami

Keseimbangan dalam Tubuh

Cara pertama untuk bisa meningkatkan kekebalan dalam tubuh secara alami adalah dengan membentuk keseimbangan dalam tubuh, yang bisa didapatkan dengan cara menjalankan gaya dan strategi hidup sehat yang meliputi:

  • Tidak merokok
  • Mengonsumsi banyak buah dan sayuran
  • Berolahraga secara teratur
  • Tidak mengonsumsi alkohol
  • Menimimalkan stres
  • Mencuci tangan
  • Tidur yang Cukup

Tidur dan imunitas tubuh mempunyai keterkaitan yang begitu erat karena kualitas tidur yang tidak memadai atau buruk berhubungan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit. Istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan tubuh secara alami. Selain itu, tidur lebih banyak di kala sakit juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik dalam melawan penyakit. Untuk orang dewasa, waktu tidur yang dibutuhkan adalah 7 jam atau lebih, sementara remaja 8-10 jam, dan anak-anak yang lebih muda serta bayi adalah 14 jam. Apabila Sobat mengalami kesulitan saat tidur, cobalah membatasi waktu menatap layar elektronik selama satu jam sebelum tidur. Sebab, cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel, televisi, dan komputer dapat mengganggu ritme sirkadian atau siklus bangun-tidur alami. 

Olahraga Teratur

Imunitas tubuh secara alami bisa juga Sobat dapatkan dengan olahraga secara teratur. Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, olahraga juga bisa menimimalkan stres, meningkatkan kesehatan jantung, membantu mengontrol berat badan, dan melindungi diri dari berbagai penyakit. Apabila stres pada diri Sobat dapat diminimalkan, hal tersebut akan membantu Sobat tercegah dari berbagai penyakit yang mudah menyerang tubuh, termasuk virus Corona. Karena itu, berolahragalah karena olahraga juga dapat menciptakan perasaan senang dan bahagia.

Baca Juga: Hindari Kesalahan Berolahraga Saat Pandemi Corona

Mengonsumsi Makanan yang Baik

Mengonsumsi makanan yang baik dan menyehatkan juga menjadi salah satu faktor kekebalan tubuh dapat tercipta secara alami. Makanan yang baik itu seperti buah-buahan, sayur-sayuran, atau kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi dan antioksidan, yang dapat memberikan kekuatan bagi tubuh Sobat untuk menangkal berbagai patogen berbahaya. Antioksidan dalam makanan ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dengan memerangi senyawa tidak stabil atau radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan dalam kadar yang tinggi ketika menumpuk di dalam tubuh.

Selain itu, Sobat juga perlu mengonsumsi makanan dengan lemak yang sehat seperti salmon dan minyak zaitun yang dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen dengan mengurangi inflamasi dalam tubuh. Makanan-makanan fermentasi yang mengandung bakteri baik atau probiotik seperti yogurt, asinan kubis, dan kimchi, juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Sobat. Karena penelitian menunjukkan bahwa jaringan bakteri usus yang berkembang dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh menjadi dapat membedakan antara sel-sel normal yang sehat dan organisme penyerbu berbahaya.

Tetap Terhidrasi

Cara terakhir yang bisa Sobat lakukan untuk bisa mendapatkan kekebalan tubuh secara alami adalah Sobat tetap harus terhidrasi agar kebutuhan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi. Karena dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan, Sobat dapat mengalami keluhan sakit kepala yang akan menghambat kinerja fisik, konsentrasi, suasana hati, pencernaan hingga fungsi jantung dan ginjal. Untuk mencegah dehidrasi, Sobat harus minum cukup cairan setiap hari, dan air yang dianjurkan adalah bebas kalori, zat adiktif, dan gula. Jadi, pilihan air yang tepat untuk hal ini adalah air putih.

Baca Juga: 5 Cara Tingkatkan Imun untuk Lawan Corona

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan untuk dapat meningkatkan imunitas tubuh secara alami tanpa harus ke bioskop hanya untuk mendapatkan rasa senang dan bahagia. Sebab, bukan hal yang tepat untuk menonton film di bioskop saat pandemi virus Corona ini masih ada di sekitar kita. Apabila Sobat ingin informasi lebih lanjut mengenai imunitas tubuh yang baik dan produk-produk kesehatan imunitas tubuh, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. Novika S. Tunggu Izin, Bioskop Siap Buka 10 September [Internet]. detikfinance. 2020 [cited 28 August 2020]. Available from: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5148081/tunggu-izin-bioskop-siap-buka-10-september
  2. Benarkan Menonton di Bioskop Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh? [Internet]. VOA Indonesia. 2020 [cited 28 August 2020]. Available from: https://www.voaindonesia.com/a/benarkan-menonton-di-bioskop-bisa-meningkatkan-imunitas-tubuh-/5560233.html
  3. (www.dw.com) D. Pemerintah Akan Izinkan Bioskop Dibuka Kembali di Tengah Pandemi | DW | 26.08.2020 [Internet]. DW.COM. 2020 [cited 28 August 2020]. Available from: https://www.dw.com/id/pemerintah-izinkan-buka-kembali-bioskop-saat-pandemi/a-54698531
  4. Media K. Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh, Tak Hanya Nonton di Bioskop Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2020 [cited 28 August 2020]. Available from: https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/27/190200165/cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-tak-hanya-nonton-di-bioskop?page=all
  5. Elmira P. 9 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami [Internet]. liputan6.com. 2020 [cited 28 August 2020]. Available from: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4221534/9-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-secara-alami

Chat Asisten ProSehat aja