Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Makanan Ini Dapat Cegah Akibat Buruk Begadang

Terkadang menumpuknya pekerjaan di kantor membuat seseorang menjadi sering begadang hingga tengah malam. Sebenarnya hal ini wajar dan banyak orang yang juga mengalaminya, akan tetapi jika hal ini sering terjadi maka tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh. Kekurangan waktu untuk tidur merupakan kondisi yang tidak akan menguntungkan bagi tubuh karena otak membutuhkan waktu untuk beristirahat. Sehingga berdampak pada tubuh yang cepat merasa lelah saat kekurangan waktu tidur. Selain itu, penurunan peforma aktivitas di siang hari juga sering kali terjadi.  Jika dilanjutkan terus menerus, akan banyak penyakit yang bermunculan menyerang tubuh anda.

Begadang merupakan hal buruk yang seharusnya dihindari. Akan tetapi, tak semuanya dapat menghindari kegiatan begadang, apalagi bila sibuk dikejar deadline.  Jika memang tak dapat meninggalkan begadang hingga tengah malam untuk mengurangi dampak buruknya bagi kesehatan tubuh maka cobalah mengonsumsi makanan-makanan sehat. Perlu anda ketahui jika makanan dapat meningkatkan energi, tergantung dari jumlah serta frekuensi konsumsi. Saat kekurangan tidur, akan lebih baik untuk mengonsumsi makanan-makanan di bawah ini yang dapat mencukup kebutuhan energi sekaligus mencegah akibat buruk dari begadang

Makanan Dari Sumber Gandum Utuh

Makanan yang berasal dari whole grain atau gandum utuh seperti roti gandum dan oatmeal menjadi rekomendasi terbaik saat yang dapat anda konsumsi ketika kekurangan waktu tidur. Jenis makanan tersebut dapat membantu menahan tubuh mengonsumsi makanan yang lebih banyak lagi ketika merasa lelah. Tak hanya mengandung serat yang tinggi, tapi didalamnya juga terdapat karbohidrat kompleks yang menghasilkan energi dalam jumlah banyak serta bertahan lebih lama dalam tubuh. Selain itu, jenis makanan ini juga mencegah meningkatnya kadar glukosa berlebihan yang ada di dalam tubuh.

Telur

Salah satu dampak buruk dari tubuh yang kekurangan waktu tidur adalah terjadinya tekanan pada sel-sel otot. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan dengan asupan asam lemak semisal DHA dan EPA yang ada di dalam putih telur. Senyawa asam lemak ini turut membantu mencegah tekanan darah tinggi serta menyehatkan pembuluh darah. Sehingga tak ada salahnya untuk mempersiapkan kegiatan begadang anda dengan sebutir telur.

Baca Juga: 8 Makanan Membantu Menurunkan Berat Badang Pasca Melahirkan

Ikan Yang Mengandung Minyak Tinggi

Ada beberapa jenis ikan laut yang mengandung minyak yang cukup tinggi, seperti ikan tuna, salmon, dan sarden. Lemak tak jenuh serta protein yang berasal dari jenis-jenis ikan ini dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan tubuh menjadi lebih bertenaga. Ini akan meminimalisir rasa lapar dan mencegah keinginan untuk mengemil. Lemak tak jenuh di dalam ikan juga baik bagi kerja otak sehingga tetap dapat berkonsetrasi penuh serta menjaga kestabilan mood meskipun tubuh sedang sangat lelah.

Kacang-kacangan

Sama halnya seperti ikan, kacang-kacangan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik bagi tubuh. Dapat menjaga agar rasa lapar tidak berlebihan dan menjaga kadar hormone stress tidak meningkat. Untuk pemilihan kacang yang tinggi lemak, anda dapat mencoba kacang mede yang mana lebih baik dibandingkan anda mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula dan pemanis yang dapat memicu kadar gula darah meningkat.

Buah Blueberry

Salah satu kandungan terbaik yang dimiliki oleh buah blueberry yaitu senyawa antioksidan di dalamnya membantu untuk menguatkan imun dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi buah blueberry, anda dapat meminimalisir terjadinya infeksi penyakit yang dapat disebabkan sistem imunitas yang menurun ketika tubuh kekurangan waktu istirahat. Buah blueberry juga memiliki khasiat yang dapat menyeimbangkan kadar gula darah sehingga tubuh tidak mudah lapar. Anda dapat menjadikannya sebagai camilan sehat untuk menemani aktivitas begadang anda.

Buah mangga

Salah satu efek dari mengantuk biasanya muncul keinginan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang manis. mengatasi kondisi tersebut, anda dapat mencoba mengonsumsi buah mangga yang banyak mengandung gula alami. Ini jauh lebih baik bagi tubuh serta dapat mengatur kadar energi di dalam tubuh dibandingkan mengonsumsi gula tambahan yang ada pada makanan.

Air Putih

Jangan lupa untuk menyertai konsumsi makanan-makanan diatas dengan air putih yang cukup. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan membuat rasa lelah menjadi tambah parah apalagi ketika saat anda begadang. Hal ini akan membantu  menjaga cadangan energi di dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan otak dalam berkonsentrasi. Air juga dibutuhkan agar tubuh dapat tetap aktif bergerak meskipun sedang kelelahan. Sehingga jangan lupakan air minum anda saat memulai aktivitas begadang.

Selain mengonsumsi makanan-makanan diatas, ada cara-cara lainnya yang dapat membantu tubuh tetap sehat meskipun aktif begadang, antara lain adalah:

  • Tak ada salahnya untuk menabung tidur sebelum begadang. Apalagi jika anda sudah tahu jadwal anda memang akan aktif hingga tengah malam. Ini akan membantu untuk memersiapkan tubuh anda. Anda dapat menyicil dengan memenuhi waktu tidur anda jauh-jauh hari sebelum akan begadang. Sehingga tubuh dapat lebih pceta menyesuaikan sistem untuk dapat menemani anda terjaga hingga semalaman
  • Konsumsi camilan tinggi protein selama begadang, ini akan membantu agar tubuh dapat tetap terjaga sepanjang malam. Anda dapat memilih camilan yang memiliki kandungan protein murni seperti greek yoghurt (tambahan topping buah), selai kacang dan irisan apel, maupun protein shakes
  • Selama begadang, usahakan untuk tetap aktif bergerak jangan hanya duduk diam saja. Setidaknya, anda dapat berjalan-jalan selama 10 menit agar dapat meningkatkan energi yang dipergunakan untuk 2 jam selanjutnya. Selain jalan-jalan, anda dapat mencoba melakukan olahraga ringan ataupun sekedar melakukan peregangan

Baca Juga: 9 Makanan Ini Bisa Bantu Kamu Kuat Begadang

Begadang sesekali memang tidak masalah, asalkan jangan menjadikan hal ini sebagai rutinitas setiap harinya. Dapatkan tidur di malam hari yang cukup sehingga produktivitas di siang hari dapat lebih optimal dan anda tak perlu melakukan begadang hingga semalam suntuk.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja