Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

9 Makanan Berikut Bikin Kamu Melek Kuat Begadang

Pekerjaan yang menumpuk, ditambah dengan deadline yang semakin dekat tak jarang membuat lembur menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Jika Sahabat sering lembur hingga tengah malam, maka Sahabat membutuhkan stimulan yang dapat membuat “melek” hingga pekerjaan terselesaikan. Mungkin sebagian besar dari Sahabat berpikir jika kopi merupakan satu-satunya makanan atau minuman yang dapat membuat Sahabat tetap terjaga mengerjakan lembur.

Namun selain kopi, sebenarnya ada beberapa makanan atau minuman lainnya yang juga dapat membuat adna kuat bedagang. Apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya.

1. Telur

Kandungan kolin di dalam telur cukup tinggi, hal ini dapat membantu proses metabolism tubuh menjadi lebih cepat. Tentu saja hal ini akan membantu Sahabat memiliki energi yang cukup untuk bisa melawan kantuk. Lalu, telur juga dapat menggantikan kopi karena pada telur ayam atau bebek memiliki kandungan protein yang cukup banyak yang dapat mengatasi rasa kantuk pada mata. Telur juga membuat sistem ketahanan daya tubuh menjadi lebih kuat. Sehingga Sahabat tidak akan mudah lelah meskipun memiliki kesibukan yang cukup padat.

2. Buah Alpukat

Buah yang berwarna hijau ini memiliki rasa yang tidak begitu manis dan sangat ideal untuk membantu tubuh tetap segar dan terjaga saat Sahabat harus lembur hingga tengah malam. Kandungan gulanya yang sangat sedikit, sehingga tidak akan membuat gemuk meski Sahabat mengonsumsinya tengah malam.

3. Apel

Kandungan di dalam buah apel membantu tubuh agar memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen lebih banyak, sehingga menaikkan kapasitas di dalam darah Sahabat. Saat banyak oksigen masuk ke dalam tubuh, maka tubuh bisa tetap terjaga lebih lama. Selain itu kandungan zat besi yang tinggi, sangat ampuh untuk melawan kantuk.

4. Yoghurt

Makanan lainnya yang dapat membuat mata tetap terjaga meskipun lembur hingga tengah malam adalah yoghurt. Kandungan di dalam susu fermentasi ini memiliki rasa asam dan kecut yang akan langsung membuat mata menjadi melek. Sehingga jika Sahabat butuh untuk tetap terjaga saat sedang lembur, maka Sahabat bisa mencoba mengonsumsi yoghurt.

5. Air putih

Air putih harus menjadi menu wajib yang Sahabat konsumsi saat mengerjakan lembur. Ketika kondisi tubuh terhidrasi dengan baik, maka tubuh akan merasa lebih energik. Air putih akan sangat membantu agar proses metabolism berjalan lebih cepat agar memberikan lebih banyak energi pada tubuh Sahabat. Sehingga pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan mengkonsumsi 8-10 gelas setiap harinya.

6. Teh (Tanpa Gula)

Teh memiliki kandungan nikotin dan kafein yang dapat membantu Sahabat untuk tetap terjaga saat lembur di malam hari. Namun, pastikan untuk mengonsumsi teh tanpa kandungan gula ketika Sahabat ingin lembur. Gula memang dapat memberikan energi instan, tetapi akan membuat Sahabat cepat mengantuk setelah mengonsumsinya.

7. Gandum Utuh

Makanan yang memiliki kandungan gandum utuh, memiliki nilai indeks glikemik yang rendah. Artinya, karbohidrat jenis ini akan sangat lambat dicerna tubuh. Sehingga ketersediaan energi di dalam tubuh Sahabat juga akan selalu stabil. Cobalah untuk mengonsumsi camilan yang memiliki kandungan gandum utuh untuk menemani waktu lembur Sahabat.

8. Kenari

.

Kandungan asam lemak omega-3 di dalam kenari dapat membantu memberikan energi yang cukup banyak di dalam tubuh sehingga Sahabat bisa tetap terjaga saat lembur dan fokus mengerjakan pekerjaan ana.

9. Tomat

Sayuran yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Nutrisi inilah yang bisa membantu memberikan banyak energi di dalam tubuh yang dapat digunakan memerangi kantuk.

Nah itu tadi 9 makanan yang bisa buat Sahabat tetap terjaga sepanjang malam saat lembur. Meskipun begitu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan-makanan sehat yang dapat membantu tubuh tetap segar dan bugar meskipun harus sering lembur.

instal aplikasi prosehat

Sumber:
merdeka.com/sehat/11-makanan-penangkal-kantuk-saat-begadang.html
food.detik.com/info-kuliner/d-1938941/mau-bergadang-nonton-bola-pilihlah-makanan-ini/5/#news

WhatsApp Asisten Maya saja