Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

8 Makanan yang Membantu Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Tubuh ideal adalah idaman bagi semua wanita terutama bagi para wanita yang baru saja melahirkan. Badan gemuk selalu jadi hantu yang menakutkan bagi para wanita yang baru saja melakukan proses persalinan bayi. Cara melakukan penurunan berat badan sering dilakukan pasca melahirkan salah satunya dengan berkonsultasi ke dokter gizi klinik.

Pasca melahirkan bayi seorang wanita diharuskan untuk mengkonsumsi makanan sehat tanpa harus berpikir ingin diet. Namun, ternyata banyak sekali makanan yang nyatanya dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

Berikut ini adalah 8 makanan yang membantu menurunkan berat badan pasca melahirkan:

1. Ikan salmon

Ikan Salmon adalah hewan yang berdasarkan studi dapat mencegah depresi usai melahirkan. Salmon memiliki lemak yang disebut lemak DHA, yaitu lemak yang memiliki kandungan gizi sangat baik bagi perkembangan dan kelancaran sisten saraf pada bayi. Selain itu, salmon juga dapat membantu dalam proses diet seorang ibu seusai melahirkan. Namun, dalam mengkonsumsi salmon ada aturan yang harus dilakukan, yaitu salmon boleh di konsumsi sebanyak 12 ons perminggunya dan jangan lebih karena bila kebanyakan dapat membuat badan menjadi gemuk.

2. Susu

Meminum susu adalah suatu hal yang sangat menyehatkan bagi tubuh dan tidak terkecuali bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan. Selain dapat membantu dalam proses penurunan badan secara sehat, susu juga miliki kandungan vitamin D yang bagus untuk kekuatan tulang bayi. Minumlah susu minimal sehari 2 kali untuk mencegah dan membantu proses diet.

3. Telur

Telur adalah adalah makanan yang sangat banyak bermanfaat bagi kesehatan dan memiliki kandungan lemak yang sehat bagi ibu dan bayi yang baru saja lahir. Proses diet akan sangat terbantu dengan mengkonsumsi telur secara rutin minimal 1 kali dalam sehari dan diutamakan pagi-pagi saat sarapan.

4. Roti gandum

Roti gandung memiliki kandungan zat besi yang sangat menyehatkan bagi tubuh ibu yang baru saja melahirkan. Seratnya juga dapat membantu dalam proses penurunan berat badan tidak terkecuali seusai melahirkan. Selain itu roti gandum memiliki Asam Folat yang sangat baik bagi asupan nutrisi bayi yang baru saja lahir.

5. Sayuran

Sayuran adalah makanan yang sangat mudah didapatkan dan sangat populer di kalangan masyarakat. Diet sehat tanpa mengurangi gizi itu sangatlah penting. Oleh karena itu, mengkonsumsi sayuran seperti bayam dan brokoli sangatlah dianjurkan untuk seorang ibu yang baru saja melahirkan bayinya. Kandungan Kalsium, Zat Besi, antioksidan dan Vitamin D sangatlah baik bagi kesehatan ibu dan bayi.

6. Jeruk

Vitamin C ada salah satu vitamin yang banyak sekali mengandung cairan untuk memperkuat otot tubuh dan kesehatan pencernaan. Vitamin C baik untuk seorang ibu yang baru saja melahirkan dan ingin segera menurunkan berat badan. Selain sangat baik bagi ibu hamil, bayi juga sangat membutuhkan vitamin C yang didapatkan dari ASI ibunya.

7. Kacang Merah

Kandungan zat besi pada kacang merah sangatlah banyak dan baik dikonsumsi oleh seorang ibu yang baru melahirkan. Kacang merah dapat membantu dalam proses diet seorang ibu dan baik bagi kesehatan bayi.

8. Beras merah

Beras Merah adalah beras yang memiliki kandungan karbohidrat whole-grain yang sangat baik bagi kesehatan ibu yang berusaha menurukan berat badan pasca melahirkan bayinya. Beras Merah juga membuat ASI ibu menjadi sehat dan baik bagi perkembangan bayi. Konsumsi beras merah 1x dalam sehari sangat dianjurkan bagi setiap wanita yang baru saja melahirkan.

Itulah 8 makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan pasca melahirkan dan selain itu 8 makanan itu sangat menyehatkan bagi perkembangan seorang bayi. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi para ibu yang baru saja melahirkan.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
liputan6.com/health/read/3476322/12-makanan-yang-bikin-langsing-usai-melahirkan

WhatsApp Asisten Maya saja