Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

10 Tips Langsing Alami, Mudah Kok!

Sehat dan langsing adalah idaman wanita. Kalau badan kamu ramping, selain penampilan lebih cantik, gerakan pun jadi lebih gesit. Tak hanya itu, kepercayaan diri kamu jadi meningkat bukan? Tak heran demi memiliki tubuh langsing, banyak perempuan rela melaparkan diri dengan melakukan diet sangat ketat, melakukan perawatan pelangsingan tubuh di klinik kecantikan, hingga membayar instruktur olahraga pribadi. Padahal, ada cara alami untuk menurunkan berat badan. Penasaran? Kamu bisa coba 10 tips langsing alami berikut ini, mudah kok!

1. Minum Air Putih dan Teh Hijau

Selalu memulai hari dengan minum 1-2 gelar air putih, sesaat setelah kamu bangun di pagi hari. Menurut penelitian, minum air putih di pagi hari membantu meningkatkan metabolisme dan mengeluarkan racun dari tubuh kamu. Air putih tidak memiliki kalori, jadi cocok sekali digunakan untuk membantu mengendalikan rasa lapar dan mencegah kamu dari makan kalori yang tidak perlu. Saat merasa perut kamu lapar, jangan langsung makan berat. Coba dulu dengan minum air putih segelas. Terkadang, orang salah mengartikan sinyal tubuh. Bisa jadi sebenarnya kamu bukan lapar, melainkan haus.

Selain air putih, kamu bisa meminum cairan sehat yang lain, yakni teh hijau. Teh hijau sudah terbukti mengandung antioksidan dan berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

The University of Maryland Medical Center merekomendasikan minum teh hijau sebanyak 2 hingga 3 cangkir per hari, di mana setiap cangkir mengandung sekitar 200 miligram katekin.

Senyawa katekin yang paling umum terdapat dalam teh hijau adalah EGCG (epigallocatechin gallate) yang berfungsi meningkatkan metabolisme. Namun, jangan gunakan air mendidih untuk menyeduh teh hijau sebab air yang terlalu panas bisa merusak katekin.

Perlu diingat juga, teh hijau bisa menghambat proses penyerapan zat besi dari makanan yang kamu makan. Oleh sebab itu, jangan minum teh hijau bersamaan dengan makan. Minumlah selang 1-2 jam setelah kamu makan.

2. Berjalan Setelah Makan

Mulai sekarang, cobalah lakukan kebiasaan berjalan yang dilakukan tak lama setelah makan. Cukup 10 menit berjalan, cara ini dapat membantu membakar beberapa kalori dengan cepat, meningkatkan sirkulasi darah dan memperlancar sistem pencernaan tubuh.

Tahukah kamu, berjalan selama 5 menit yang dilakukan setelah makan memperbaiki kadar gula dalam darah lebih banyak dibandingkan berjalan selama 45 menit di pagi hari.

Jadi, tunggu apalagi. Jangan bermalas-malas dengan duduk di sofa atau malah tiduran setelah makan. Beranjaklah dan mulai berjalan-jalan sekitar 10-15 menit.

3. Makan Berbagai Buah

Mengonsumsi berbagai jenis buah dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Buah kaya akan serat, mengandung gula alami dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Dr. Gargi Sharma, Konsultan Diet dari New Delhi, India, menyarankan agar mengusahakan makan lima (5) porsi buah setiap hari dan memilih warna yang berbeda.

Ada buah-buahan tertentu yang lebih tinggi serat dan pektin. Keduanya berfungsi sebagai pembakar lemak alami yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu, buah-buahan sarat dengan dengan vitamin, mineral, dan antioksidan serta rendah lemak dan kalori. Contoh buah yang bisa membantu menurunkan berat badan kamu adalah semangka, jambu biji, pir, jeruk, blueberry, stroberi, dan peach.

4. Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, mengandung mineral, kaya serat, vitamin dan kalsium. Makan sayuran bisa membuat perut kenyang lebih lama. Cobalah untuk memasukkan sayuran hijau ke dalam menu makanan kamu. Sayuran hijau yang tinggi serat seperti bayam, seledri, selada, kubis, pare, mentimun, dan brokoli bisa membantu menurunkan berat badan.

Masukkan menu makanan yang  terdiri dari sayuran hijau. Kamu bisa merebus, kukus atau memakannya mentah dalam bentuk salad. Cobalah buat menu makanan sendiri dengan campuran berbagai jenis sayuran hijau setiap minggu. Tambahkan juga banyak makanan berprotein tetapi rendah lemak, seperti kacang, biji-bijian, dan sayuran. Jika kamu ingin membuat salad yang terdiri dari campuran sayuran hijau, jangan gunakan dressing seperti mayones atau krim, tetapi gantilah dengan minyak zaitun, lada dan cuka balsamic.

5. Makan di Rumah

Sesibuk apapun kamu, cobalah untuk makan di rumah. Sebagian besar restoran atau tempat makan menyajikan makanan yang mengandung banyak lemak dan kalori. Tentu ini tak baik dan bisa merusak kesehatan jika dikonsumsi secara teratur. Selain itu, kamu akan lebih mudah tergoda untuk mencoba berbagai jenis makanan jika makan di restoran atau tempat makan. Berbeda dengan di rumah, pilihan makanan yang tersaji terbatas. Dan, kamu punya kontrol yang lebih besar terhadap makanan apa yang masuk ke dalam tubuh sehingga bisa menyiapkan sesuatu yang sehat. Mulailah batasi acara makan di luar rumah setiap minggu, dan rasakan perbedaannya.

6. Mengangkat Benda Berat

Coba lakukan latihan angkat beban, bisa menggunakan barbel. Jika kamu tidak punya barbel di rumah, ambil dua ember yang sudah kamu isi dengan batu. Lakukan latihan angkat beban ini setiap dua minggu. Latihan mengangkat beban dapat meningkatkan hormon pertumbuhan dan menurunkan berat badan lebih cepat.

7. Kurangi Garam

Makanan yang gurih memang enak, ya? Namun, jika kamu suka mengemil keripik kentang atau makanan olahan lain yang kaya akan sodium, hanya akan membuat membuat berat badanmu melonjak.

Makanan semacam itu menambahkan sejumlah besar garam sebagai pengawet. Garam mengandung natrium. Nah, makanan natrium tinggi menyebabkan retensi air dalam tubuh yang dapat membuat perut kembung. Selain itu, garam bersifat adiktif. Ini membuat kamu tidak puas hanya dengan makan sebungkus keripik kentang saja, dan ingin membuka bungkusan selanjutnya. Padahal, tahukah kamu, 1 bungkus keripik kentang (potato chip) ukuran kecil mengandung hampir 500 kalori. Dan untuk membakar kalori ini, butuh waktu 45 menit berolahraga.

Jadi, kurangi makan camilan yang kaya garam. Sobat harus disiplin untuk tidak memakannya, kamu telah menghindari kelebihan kalori dan tanpa sadar berat badan kamu perlahan-lahan akan turun.

8. Lari

Ya, lari! Olahraga ini sangat membantu kamu untuk membakar kalori, mengurangi stres, dan menekan hormon nafsu makan. Jika kamu terbiasa berjalan, cobalah sedikit berlari-lari kecil di sela interval jalan kamu. Berlari (jogging) membantu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori lebih cepat daripada berjalan dalam waktu yang sama. Tak hanya itu saja. Penelitian menyebutkan bahwa seseorang terus membakar lebih banyak kalori selama dua jam setelah ia berhenti berlari. Wah, hebat, kan. Masukkan agenda lari dalam olahraga kamu. Olahraga ini sangat mudah, gratis dan menyehatkan.

9. Lakukan Push-up atau Squats

Push up dan squats merupakan salah satu latihan yang paling efektif untuk membakar kalori. Dengan hanya melakukan latihan push-up atau squats selama 15 menit, tubuh akan mengeluarkan banyak sekali keringat. Hasilnya terlihat seolah-olah kamu baru saja berolahraga di gym. Jurnal American College of Sports Medicine’s Health & Fitness mengemukakan bahwa latihan bodyweight seperti push up dan squats adalah salah satu latihan yang paling efektif untuk membakar kalori dan lemak berlebih. Sangat direkomendasikan dalam proses menurunkan berat badan.

Jika kamu melakukan latihan ini dengan cara dan porsi yang  tepat, tubuhmu akan membakar lebih banyak lemak. Tak hanya itu, setelah 72 jam melakukan gerakan latihan ini, metabolisme tubuh juga akan membaik. Cukup lakukan gerakan push-up dasar, yakni letakkan dua telapak tangan di lantai dengan bertumpu pada kedua kaki. Lakukan push up sebisa kamu selama 30 detik, tapi sebaiknya lebih dari 15 kali. Begitu pula dengan squats. Lakukan gerakan jongkok – berdiri ini berulang sebanyak 15 – 20 kali dalam 30 detik. Sudut yang tercipta di lutut saat jongkok setidaknya mendekati 90 derajat, dan usahakan punggung tetap lurus dan kokoh saat melakukan latihan ini.

10. Menari

Kamu suka mendengarkan musik? Mulailah menari diiringi irama musik yang menarik. Menggabungkan latihan/olahraga dengan rutinitas menari akan mempercepat proses penurunan berat badan kamu. Kalau kamu malas menari sendirian, ajaklah teman-teman untuk menari bersama. Bila perlu, kamu juga bisa mengikuti kelas tari. Selain bisa menurunkan berat badan, kamu juga bisa mengembangkan bakat tari kamu. Bonusnya, kamu kenalan dengan lebih banyak teman baru.

Nah, Sahabat, demikianlah 10 tips langsing alami yang bisa kamu coba. Mudah, bukan? Namun, jangan lupakan istirahat atau tidur cukup, ya. Terkadang wanita terlalu fokus menurunkan berat badan sehingga tidak memerhatikan keletihan tubuh. Tubuh memerlukan istirahat untuk perbaikan otot dan butuh waktu untuk pulih kembali. Terlalu banyak berlatih bisa membuat kamu lesu atau depresi. Jadi, luangkan waktu untuk beristirahat. Ingat, olahraga ringan yang dilakukan secara teratur lebih baik daripada memaksakan diri untuk berolahraga setiap hari.

Untuk informasi lebih lanjut perihal cara menurunkan berat badan, kamu bisa mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat sekarang juga, dan informasi kesehatan lainnya bisa menghubungi Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp: 0811-18-16-800.

instal aplikasi prosehat

Referensi:

  1. Best Ways to Use Green Tea for Weight Loss [Internet]. Teami Blends. 2018 [cited 28 August 2018]. Available from: teamiblends.com/best_ways_to_use_green_tea_for_weight_loss
  2. Articles H, Loss W. How to Become Slim in 3 to 10 Days [Internet]. Practo.com. 2018 [cited 28 August 2018]. Available from: practo.com/healthfeed/how-to-become-slim-in-3-to-10-days-3420/post
  3. 7 Simple Ways to Get Slim Naturally | Lose Weight Fast | Lose Weight Fast Naturally | Best Natural Diet [Internet]. Teluguone.com. 2018 [cited 28 August 2018]. Available from: teluguone.com/vanitha/content/lose-weight-fast-74-14496.html
  4. Food T, Loss W, Weight T, Food N, Videos R, Home H et al. These 7 Fruits Can Help You Lose Weight [Internet]. NDTV Food. 2018 [cited 28 August 2018]. Available from: food.ndtv.com/weight-loss/these-7-fruits-can-help-you-lose-weight-1340094

Chat Asisten ProSehat aja