Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ingin Aman Berjalan Kaki Tanpa Alas? Simak 4 Tips Berikut!

Kegiatan berjalan kaki tanpa alas memang sudah jarang terlihat sekarang ini karena berjalan kaki tanpa alas bisa mempunyai dampak yang negatif seperti terkena kotoran atau malah paku yang mengakibatkan tetanus. Padahal, berjalan kaki tidak menggunakan sepatu atau sandal ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu:

Produk Terkait: Vaksinasi Tetanus

berjalan kaki tanpa sepatu, berjalan kaki tanpa sandal

  • Membuat keseimbangan tubuh menjadi lebih baik
  • Memingkatkan kesadaran pada tubuh sehingga bisa meredakan beberapa rasa nyer
  • Mekanisme gerakan kaki, lutut, pinggang sampai otot perut menjadi lebih optimal
  • Gerakan pada kaki hingga pergelangan kaki menjadi lebih stabil
  • Membebaskan diri dari tekanan sepatu karena ukuran yang kurang pas
  • Membuat kaki menjadi lebih kuat dalam menopang punggung bagian bawah

Meski mempunyai banyak manfaat, Sobat Sehat hendaknya harus tetap mewaspadai bahaya-bahaya yang mengintai ketika berjalan kaki tanpa alas selain kotoran dan benda-benda tajam di area berjalan. Sebab, berjalan tanpa pelindung kaki pun bisa menyebabkan bakteri dan virus mudah lebih masuk.

Nah, supaya Sobat dapat aman berjalan kaki dalam keadaan polos, yuk simak beberapa tips amannya seperti dilansir dari Herstory.

Tips Aman Berjalan Kaki Tanpa Alas

1.      Mulai dengan Pelan-pelan

Tips aman pertama yang perlu Sobat lakukan adalah cobalah dengan perlahan-lahan, dengan durasi dari 15 hingga 20 menit. Hal ini dilakukan supaya telapak dan pergelangan kaki Sobat bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Apabila sudah terbiasa, coba tingkatkan jarak dan waktunya.

2.      Waspadai Cedera

Selain kotoran dan terkena benda-benda tajam seperti paku, bahaya lain yang mengintai adalah cedera. Karena itu, kamu tetap harus mewaspadai cedera yang bisa saja menimpamu. Supaya tidak cedera lakukan saja pemanasan terlebih dahulu.

Baca Juga: Cedera Pelari

3.      Lakukan di Dalam Ruangan

Tips aman lainnya supaya berjalan kaki tanpa alas bisa leluasa cobalah memulai terlebih dahulu di dalam ruangan supaya telapak kaki bisa beradaptasi pada permukaan yang aman di dalam rumah.

4.      Berlatih Fisik

Tips terakhir supaya berjalan kaki bisa aman dengan tidak memakai alas adalah Sobat bisa dengan berlatih fisik terlebih dahulu seperti berdiri dengan satu kaki atau mencoba naik turun badan sembari berjinjit. Selain itu, Sobat bisa melakukan aktivitas lain yang menunjang seperti yoga, pilates atau bela diri.

Itulah 4 tips aman berjalan kaki tanpa alas yang bisa Sobat lakukan supaya Sobat yang ingin hidup sehat tidak menjadi khawatir terhadap bahaya-bahaya yang mengintai saat melakukannya. Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut soal berjalan kaki yang sehat dan aman, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Deretan Manfaat Jika Berjalan Tanpa Menggunakan Alas Kaki dan Tips Aman Melakukannya! [Internet]. HerStory. 2020 [cited 21 August 2020]. Available from: https://herstory.co.id/read6420/deretan-manfaat-jika-berjalan-tanpa-menggunakan-alas-kaki-dan-tips-aman-melakukannya

Chat Asisten ProSehat aja