Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Seperti Apa Persiapan Tumbuh Kembang Anak Selama Pandemi?

Virus Corona yang sudah mewabah hampir setengah tahun ini membuat banyak orang tua yang mempunyai anak dalam tahap tumbuh kembang menjadi waswas dan khawatir buah hati mereka tertular virus tersebut. Karena itu, segala hal diupayakan supaya anak tidak sampai tertular, seperti mulai mengajari mereka pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan atau melakukan physical distancing. Orang tua juga diharapkan untuk tetap mengimunisasi anak tepat waktu supaya proses tumbuh kembangnya tidak terganggu.

persiapan tumbuh kembang anak

Baca Juga: 4 Cara Sehat di Masa Depan Mulai dari Sekarang

Situasi yang sungguh berbeda ini sudah pasti membuat orang tua harus mempersiapkan segala hal dengan hati-hati terutama untuk menyesuaikan aktivitas harian akibat virus corona yang mengharuskan semua kegiatan dilakukan di rumah. Lalu persiapan apa saja yang harus dilakukan orang tua untuk tumbuh kembang anak saat pandemi? Yuk, mari simak!

Menetapkan Jadwal Berkegiatan Bersama Anak

Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah membuat dan menetapkan jadwal berkegiatan bersama anak selama berada di rumah. Terapkan durasi waktu kegiatan minimal 20 menit, dan lakukan pada jam yang sama setiap harinya. Mintalah pada anak untuk memilih jenis kegiatan. Apabila anak meminta kegiatan di tempat ramai, coba diskusikan mengenai situasi yang sedang berlangsung.

Kegiatan harian yang dipilih bisa disesuaikan dengan usia anak. Apabila anak Sobat masih bayi atau balita, cobalah meniru ekspresi wajah dan mendongeng. Apabila anak sudah di tingkat TK atau SD, libatkanlah mereka dalam pekerjaan rumah dan bantulah mereka untuk mengerjakan tugas sekolah. Sedangkan jika anak pada usia remaja, ajak mereka berdiskusi mengenai topik yang disukai dan ajak olahraga bersama di dalam ruangan. Dengan adanya jadwal kegiatan bersama setidaknya Sobat sudah mempunyai persiapan untuk tetap ada rutinitas walaupun sedang dalam pandemi.

Menetapkan Jadwal Makan

Supaya tumbuh kembang anak tetap optimal selama masa pandemi, persiapan berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat jadwal makan disertai dengan asupan gizi yang seimbang. Dalam situasi akibat virus Corona seperti saat ini, memberikan asupan yang terbaik dan mengurangi konsumsi makanan dari luar adalah sebuah keputusan yang bijak. Untuk sajian yang bergizi bisa dilihat pada resep-resep online. Selain itu, Sobat juga bisa membuat camilan-camilan sehat yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya konsentrasi anak.

Selalu Memberikan Nutrisi yang Tepat

Nutrisi yang tepat dan seimbang tetap dibutuhkan oleh anak-anak selama masa tumbuh kembang mereka, terutama di masa pandemi ini. Oleh karenanya, Sobat tetap harus memberikan mereka nutrisi yang tepat berupa vitamin seperti cucurmin, yang merupakan ekstrak temulawak untuk menambah nafsu makan anak supaya tumbuh kembang anak tetap optimal.

Baca Juga: Jenis Buah dan Sayur yang Baik untuk Nutrisi Otak Anak

Ajak Anak Berjemur

Salah satu persiapan lain yang bisa Sobat lakukan untuk tumbuh kembang anak adalah kegiatan berjemur. Ketika virus Corona merebak, ada anjuran untuk berjemur tiap pagi terutama pada jam 10. Tujuannya selain dapat membunuh virus-virus dan bakteri, ternyata sinar matahari juga sangat bagus untuk tulang anak pada masa pertumbuhannya. Untuk berjemur pun tak perlu lama-lama, cukup 10-15 menit saja. Kegiatan berjemur pun bisa diselingi dengan kegiatan lain seperti bermain puzzle atau membacakan buku cerita supaya mereka tidak bosan.

Belajar di Rumah dengan Homeschooling

Karena virus Corona membuat semua aktivitas dialihkan ke dalam rumah, homeschooling menjadi pilihan yang tepat untuk persiapan tumbuh kembang anak di masa pandemi. Namun untuk homeschooling ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti kemauan anak, kesiapan mental, serta kesiapan sarana dan keterampilan untuk anak. Karena itu, perlu persiapan yang matang dan khusus sebelum memutuskan untuk homeschooling supaya perkembangan otak pada anak tetap lancar.

Latih Persiapan Mental

Persiapan untuk tumbuh kembang anak di masa pandemi tidak melulu persiapan fisik namun juga ada persiapan mental supaya anak menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah menyerah terhadap setiap permasalahan yang dihadapi. Untuk hal ini, Sobat bisa mengajari mereka untuk mandiri dengan menyelesaikan sendiri masalah-masalah yang bisa selesaikan seperti masalah-masalah yang sepele. Beri dukungan pada mereka supaya mereka yakin dapat menyelesaikannya. Hal ini tentunya akan berguna bagi mereka di kemudian hari.

Baca Juga: Bagaimana Membesarkan Anak di Tengah Pandemi? Ini 9 Tipsnya!

Atur Jam Tidur

Mengatur jam tidur siang maupun tidur malam sangat baik dalam menjaga tumbuh kembang anak di saat pandemi. Tidur siang sendiri memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kreativitas anak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan stamina, meningkatkan daya ingat, dan memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik. Namun, jangan terlalu lama. Cukup 1 jam saja supaya anak bisa tidur pada malam harinya. Karena, jika anak tidak bisa tidur pada malam hari atau tidur pada larut malam dapat membuat metabolisme tubuhnya menjadi tidak bekerja secara maksimal, dan hal tersebut akan sangat menganggu tumbuh kembangnya.

Itulah 7 persiapan yang harus dilakukan oleh orang tua untuk tumbuh kembang anak selama masa pandemi. Selain persiapan untuk anak, orang tua pun harus mempersiapkan juga untuk diri mereka sendiri, terutama persiapan mental seperti menghadapi rasa panik dan kecemasan karena virus Corona. Karena itu, orang tua harus tenang dan yakin pada anak. Dengan begitu, anak pun akan tetap ceria dan bahagia.

Apabila Sobat menginginkan tumbuh kembang anak tetap optimal di masa pandemi, Sobat bisa berkonsultasi dengan pakarnya, dan apabila Sobat menginginkan produk-produk kesehatan untuk tumbuh kembang anak, Sobat bisa mengklik Prosehat, dan jika ingin memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Referensi

  1. 6 tips pengasuhan di tengah wabah virus corona (COVID-19) [Internet]. Unicef.org. 2020 [cited 12 August 2020]. Available from: https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/kiat-pengasuhan-COVID-19#1
  2. 7 Tips Menjaga Tumbuh Kembang Anak Saat di Tengah Pandemi Corona Covid-19 [Internet]. Plus.kapanlagi.com. 2020 [cited 12 August 2020]. Available from: https://plus.kapanlagi.com/7-tips-menjaga-tumbuh-kembang-anak-saat-social-distancing-825848.html
  3. Virus Corona Bisa Ganggu Tumbuh Kembang Anak, Ini Cara Mengatasinya | Lifestyle – Bisnis.com [Internet]. Bisnis.com. 2020 [cited 12 August 2020]. Available from: https://lifestyle.bisnis.com/read/20200512/106/1239247/virus-corona-bisa-ganggu-tumbuh-kembang-anak-ini-cara-mengatasinya
  4. 7 Persiapan Sebelum Menempuh Homeschooling di Tengah Pandemi [Internet]. gaya hidup. 2020 [cited 12 August 2020]. Available from: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200604105439-284-509761/7-persiapan-sebelum-menempuh-homeschooling-di-tengah-pandemi

Chat Asisten ProSehat aja