Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

12 Cara Mengajarkan Anak dengan Gaya Hidup Sehat

Hidup sehat tentu harus diajarkan sedari dini. Makanya cara mengajarkan anak gaya hidup sehat juga harus ditanamkan sedari dini. Tujuannya adalah biar dewasa nanti si kecil sudah terbiasa hidup sehat dan menjadi pola hidup sehari – hari. Nah, mari simak cara mengjakarkan Anak gaya hidup sehat:

1) Peduli Kesehatan Anak Sejak Kecil

Seperti yang kita ketahui, memang cukup sulit untuk membujuk anak agar menghindari makanan yang kurang sehat. Anak-anak pasti mudah tertarik dengan makanan yang bentuk lucu. Namun hal sekecil itu perlu diperhatikan untuk membiasakan dan mengajarkan anak bagaimana menjalani hidup sehat. Alexis Tindall, seorang ahli gizi berpendapat bahwa sebagai orangtua, kita harus melatihnya seperti pelatih profesional.

Baca Juga: Hati – Hati Obesitas Pada Anak

2) Jangan Biasakan Memaksa Anak Memakan Habis Seluruh Isi Piringnya

Sahabat Sehat jangan pernah memaksa anak untuk menghabiskan makanannya saat sudah kekenyangan. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang disuruh makan segala sesuatu di piring mereka akan lebih cenderung untuk meminta porsi yang lebih besar nantinya. Mendorong anak-anak untuk makan ketika mereka tidak lapar merupakan hal yang buruk.

3) Buat Olahraga Menjadi Menyenangkan

Apabila orang dewasa banyak menghabiskan waktu di pusat kebugaran saat olahraga. Bagaimana dengan anak-anak? Ajak anak Sahabat Sehat melakukan olahraga yang menyenangkan seperti bermain bola, jalan-jalan, atau bahkan mendaki. Dengan demikian, anak-anak nantinya akan terbiasa dan senang melakukan aktivitas fisik dan ingin selalu melakukannya.

Baca Juga: Tips Road Trip dengan Anak

4) Jangan Biasakan Makan Sambil Menonton TV

Terkadang saat anak kita menonton sebuah film kartun ia terus menerus menyantap snack yang tidak membuatnya merasa kenyang. Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut sejak dini.

5) Batasi Penggunaan Media Elektronik

Media elektronik layaknya TV, Komputer, dan Gadget sangat digemari oleh anak-anak. Faktanya anak usia 8 s.d 18 tahun menghabiskan rata-rata 7,5 jam dalam sehari dalam menggunakan media elektronik tersebut. Sebaiknya hindari hal-hal tersebut, maksimal 4 sampai 5 jam saja per harinya. Kebiasaan minim aktifitas fisik sangat berbahaya bagi kesehatan buah hati anda.

Baca Juga: Cegah Obesitas Pada Anak dengan 5 Menu Berikut

6) Buat Variasi Makanan Si Kecil

Ajak si anak memakan sayur dan buah. Apabila ia tidak mau pertama kalinya tidak berarti ia akan menolak pula saat kedua dan ketiga kalinya. Jangan buat doktrin yang memaksa makanan sehat, namun sebaliknya ubah makanan sehat menjadi menarik. Seperti menyusun buah dan sayur pada tusuk sate.

7) Amankan HPnya di Malam Hari

Biasanya anak kita tidur dengan posisi HP di dekatnya, sebaiknya jangan pernah membiarkan hal itu terjadi. Saat memasuki waktu tidur, ambil HPnya agar si anak tidak tidur larut malam sehingga memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu , radiasi hp juga berbahaya bagi kesehatan buah hati anda.

Baca Juga: 8 Penyakit yang Sering Menyerang Anak

8) Pilih Makanan Ringan yang Sehat

Ada perlunya kita memperhitungkan kalori dalam makanan ringan anak-anak. Jangan biasakan anak terus menerus makan makanan ringan yang kurang sehat. Makanan ringan untuk anak-anak lebih baik jika mengandung berbagai nutrisi seperti lemak sehat, biji-bijian dan protein, bukan hanya yang penuh dengan pemanis buatan.

9) Jangan Sering Berikan Hadiah Permen

Banyak orangtua yang memberikan hadiah permen apabila melakukan hal yang baik. Sebaiknya jangan terlalu sering memperlakukan hal tersebut. Terlalu sering memakan permen atau lolipop juga kurang baik bagi anak-anak terutama bagi kesehatan gigi

Produk Terkait: Makanan Sehat Lengkap dan Terjangkau

10) Libatkan Anak dalam Kegiatan Keluarga

Sekali-kali ajak anak Sahabat Sehat melakukan seuatu bersama. Contohnya mengajarkan atau memasak bersama masakan-masakan yang sehat. Contoh-contoh baik yang diajarkan, nantinya akan ditiru oleh anak-anak apabila si anak memiliki antusias tinggi.

11) Jangan Buat Peraturan “No Junkfood”

Terlalu memaksakan anak untuk tidak mengkonsumsi junkfood juga tidaklah baik. Sahabat Sehat hanya perlu mengawasi dan membatasinya. Sebaiknya ajarkan anak Sahabat Sehat mengenai porsi pas dalam menyantap sesuatu.

Baca Juga: 14 Makanan yang Aman Dimakan Penderita Diabetes

12) Jadilah Contoh yang Baik

Ini adalah aturan yang terpenting bagi Sahabat Sehat. Sahabat Sehat harus menjadi teladan yang baik dalam gaya hidup sehat. Kebiasaan hidup sehat yang Sahabat Sehat jalani bersama akan mudah diikuti oleh sang anak.

WhatsApp Asisten Maya saja