Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Inilah 5 Langkah Mempersiapkan Stamina dalam Bersepeda

Belakangan ini, kegiatan bersepeda mulai diminati lagi karena berdampak baik terhadap kesehatan dan kehidupan sosial. Namun dibalik efek bersepeda yang kaya akan nilai positif, ternyata bersepeda juga berisiko cedera akibat kecelakaan. Sebelum memulai bersepeda, tentunya Anda membutuhkan persiapan stamina. Anda dapat membangun stamina dalam mengendarai sepeda jika Anda mengkombinasikan perubahan gaya hidup dan sesi latihan yang lebih lama dengan program latihan tertentu.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Generasi Milenial

Langkah Mempersiapkan Stamina sebelum Bersepeda

Langka pertama

adalah membuat target yang realistis terhadap stamina bersepeda Anda. Sebagai contoh, buatlah keputusan untuk bersepeda sejauh 20 mil dengan nyaman tanpa merasa lelah, atau Anda ingin berlatih keras untuk suatu kompetisi. Hal ini akan menentukan seberapa sering Anda perlu bersepeda di setiap minggunya, dan seberapa tinggi intensitas yang perlu Anda lakukan.

Langkah kedua

adalah meningkatkan panjang perjalanan bersepeda Anda dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, jika Anda bersepeda sejauh total 25 mil dalam satu minggu, cobalah meningkatkan total jarak tempuh Anda menjadi 30 mil pada minggu berikutnya. Menurut American Association of Retired Persons, jika Anda ingin berlatih untuk suatu kejuaraan atau challenging goal, Anda perlu meningkatkan jarak tempuh dan kecepatan bersepeda Anda sebanyak 10 % di setiap minggunya.

sepeda-wbd

Langkah ketiga

adalah bersepeda sebanyak tiga kali dalam seminggu dengan jarak perjalanan yang dapat Anda tempuh. Langkah keempat adalah minum air dalam jumlah cukup banyak sebelum bersepeda dan membawa botol air minum di sepanjang perjalanan Anda. Anda sebaiknya menggunakan bike bottle holder untuk menjaga agar botol minum selalu dekat dengan Anda, namun tidak mengganggu perjalanan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa minuman yang mengandung elektrolit dan karbohidrat, bukan hanya air saja, dianjurkan untuk diminum jika durasi aktivitas fisik yang dilakukan lebih dari 90 menit.

Langkah keempat

adalah mengonsumsi makanan energy bar atau pisang selama perjalanan jarak jauh untuk mempertahankan energy level Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk mampu menempuh perjalanan lebih jauh tanpa merasa lelah. Nutrisi yang tepat adalah hal penting yang berperan dalam meningkatkan performa selama bersepeda, conditioning, memulihkan dari rasa lelah setelah bersepeda, dan menghindari cedera. Makanan dan minuman yang baik untuk meningkatkan stamina adalah pomegranates , selai kacang, buah bit, tomat kering, dan jus jeruk yang kaya akan vitamin C.

Baca Juga: Penanganan Kecelakaan Ketika Bersepeda

Langkah kelima

adalah bersepeda bersama orang lain agar Anda termotivasi. Pembentukan group goals dan sikap saling mendukung satu sama lain tentu diperlukan agar target bersepeda dapat tercapai. Jika Anda bekerja sama dalam sebuah tim, maka hal ini akan mendorong Anda untuk meningkatkan stamina Anda.

Angka kejadian kecelakaan bersepeda 26-48 kali lebih besar terjadi pada orang yang bersepeda daripada pengendara mobil. Sekitar 80% dari kecelakaan yang dialami pengendara sepeda terjadi di siang hari, dimana merupakan waktu bersepeda pada umumnya. Penyebab kecelakaan saat bersepeda adalah pengendara motor mengambil jalan dari pengendara sepeda, pengedara sepeda membelok dari jalan besar ke jalan kecil, ataupun bersepeda terlalu cepat. Akibat kecelakaan bisa bermacam-macam, mulai dari cedera pada anggota gerak (40% pada lengan dan 25% pada tungkai), cedera dada dan perut (kurang dari 5%, tetapi dalam kondisi yang serius), dan cedera kepala (bervariasi dari fraktur tengkorak hingga kerusakan otak).

Baca Juga: 5 Olahraga Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Hindarilah bersepeda setiap hari. Berikanlah tubuh Anda kesempatan untuk melakukan perbaikan dan pulih kembali dengan beristirahat dalam minggu tersebut. Jangan memaksakan sesi bersepeda Anda terlalu keras. Jika Anda merasa lemah ataupun nyeri di tubuh, hentikan aktivitas bersepeda Anda dan manfaatkan waktu dengan baik agar tubuh dapat kembali bugar.

Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai bersepeda dan stamina yang baik, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Ditulis oleh: Dr. Visakha Revana Irawan

Referensi :

  1. Aoi W, Naito Y, Yoshikawa T. Exercise and Functional Foods. Nutrition Journal 2006; 5: 15.
  2. Axworthy J. Top 10 Endurance-Boosting Foods [internet]. 2014 [cited 2017 Apr 5]. Available from: http://www.menshealth.co.uk/food-nutrition/muscle-foods/food-to-boost-endurance#image-10
  3. Mitchell P. How to Build Stamina Riding a Bike. Livingstrong [internet]. 2015 [cited 2017 Apr 5]. Available from: http://www.livestrong.com/article/372779-how-to-build-stamina-riding-a-bike/
  4. Rospa. Cycling Accidents Facts & Figures [internet]. 2014 [cited 2017 Apr 5]. Available from: http://www.rospa.com/road-safety/advice/pedal-cyclists/facts-figures/
  5. Share the Road Cycling Coalition. What are the Dangers in Terms of Cycling Safety? [internet]. 2017 [cited 2017 Apr 5]. Available from: http://www.sharetheroad.ca/what-are-the-dangers-in-terms-of-cycling-safety–p128277

Chat Asisten ProSehat aja